Universitas Nusa Putra Sukabumi Berikan Otoritas Ruangan Bagi Mahasiswanya

Selasa 18 Juni 2019, 07:05 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Rektor Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi, Kurniawan, meresmikan sekertariat organisasi mahasiswa yang sudah disiapkan dari jauh-jauh hari, Selasa (18/6/2019).

BACA JUGA: Universitas Nusa Putra Sukabumi Wisuda 150 Mahasiswa

"Alhamdulillah hari ini kita dapat meresmikan sekretariat organisasi mahasiswa. Kita buat transparan, karena sebelumnya ketika didirikan tertutup, terlihat di sana dijadikan tempat tidur, tempat rokok dan lain-lain. Jika seperti ini (transparan, red) lebih terlihat," ujarnya.

Di sini pun, kata Kurniawan disediakan 13 ruangan, 10 ruangan prodi, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Perwakilan Mahasiswa pun sudah disiapkan. Termasuk untuk Menwa dan Volunteer. 

"Di situ juga terdapat ruang meeting dan cukup untuk 20 orang. Sudah diresmikan ini, saya tidak mau mahasiswa atau mahasiswi kita rapat di ruang kelas lagi, karena ini cukup," katanya. 

BACA JUGA: Gelombang Pertama, 306 Peserta PMB Universitas Nusa Putra Sukabumi Lolos Seleksi

Kurniawan juga tak menginginkan melihat kembali melalui lorong-lorong, mahasiswa rapat membawa makanan. Sehingga office boy (OB) harus membersihkan secara terus menerus.

"Kasihan itu OB harus bersihin terus, mending OB nya banyak inikan sedikit. Jika saya tegur mungkin masih bisa menghargai saya sebagai rektor, namun berangkat sedikit, sudah main lagi, karena kelemahan saya itu bersuudzan kepada kalian," paparnya.

Menurutnya, di situ sudah ada peraturannya baik jam masuk maupun keluarnya, sanksinya juga sudah jelas. Oleh karena itu, ia memohon kepada semua pihak agar bersama-sama menegakan peraturan itu. 

"Menwa juga untuk menegakan itu, mahasiswa atau mahasiswi menegakan juga. Jangan pernah berburuk sangka jika pembina, dosen, Menwa dan civitas akademik menegur kalian," tegasnya. 

BACA JUGA: Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Nusa Putra Sukabumi Terpilih Sebagai Ketua KMM Jabar

"Saya berharap kemahasiswaan(sekertariat, red)  itu tempat berpikir untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang ada di internal kampus otomatis mahasiswa itu mempunyai otoritas terhadap ruangan," tandasnya.

Ketua Yayasan Perguruan NUsP Sukabumi, Kuswara mengaku memanfaatkan fasilitas ini dengan baik, maksimal dan terhormat. Menurutnya tiga hal itu ditekankan pada terhormatnya.

"Fasilitas yang disediakan dari kampus itu untuk menjadikan insan mahasiswa, karena yang dinamakan maha itu lebih besar dari siswanya. Memperlihatkan dewasa berpikir, bertindak dan memanfaatkan unit kegiatannya, kami juga ingin mahasiswa dan mahasiswi Nusa Putra menjadi unggul dan juga terhormat," paparnya.

Sementara itu, Perwakilan Mahasiswa Program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Rizky mengungkapkan sekertariat organisasi mahasiswa sesuatu yang di nanti-nanti oleh seluruh mahasiswa, karena mahasiswa butuh tempat untuk melakukan organisasi kesiswaan.

BACA JUGA: Penampilan Apik Tiga UKM di Acara Wisuda Universitas Nusa Putra Sukabumi

"Berkumpul, membenahi berkas-berkas himpunan, dan lain sebagainya. Maka dari itu sangat bersyukur ruangan sekertariat ini dibuka," katanya.

Menurut Rizky, sudut pandang rektor itu benar, karena ruangan sekertariat itu bukan untuk dipergunakan sebagai ruang untuk merokok dan tidur, karena bukan termasuk dalam fungsionalnya.

"Ketika sudah berubah menjadi transparan lebih elegan dan bisa saling sapa walaupun dalam ruangan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist