Epidemiolog Bilang Indonesia Sudah Masuk Gelombang Ketiga Covid-19

Rabu 02 Februari 2022, 10:44 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman menekankan bahwa Indonesia telah masuk ke dalam fase gelombang ketiga penyebaran pandemi Covid-19. Ini terutama akibat munculnya varian Omicron.

Dia menekankan, untuk menentukan apakah Indonesia sudah memasuki gelombang lanjutan penyebaran Covid-19 atau belum, tidak harus menunggu rentang waktu dua pekan mengenai data kasus positif yang telah terkonfirmasi secara harian.

"Dalam satu minggu berturu-turut, secara tren meningkat, itu sudah menjadi awal. Apalagi ini bicara peningkatannya sangat signifikan dengan pola eksponensial," tegas Dicky dikutip dari Tempo, Rabu, 2 Februari 2022.

Di sisi lain, dia menekankan, juga masih ada faktor-faktor yang mempertegas potensi peningkatan lebih lanjut di Indonesia, di antaranya ada varian baru yang memiliki potensi seperti varian of concern Omicron.

photoIlustrasi. - (Pixabay)

Selanjutnya, adanya populasi yang masih rawan tertular virus corona tersebut dalam jumlah yang besar. Artinya secara kerawanan imunitas, masyarakat Indonesia masih cukup signifikan lemah dan mudah tertular varian baru. 

"Cukup signifikan jumlahnya untuk menjadi bahan bakar satu gelombang berikutnya. Tentu ini juga kita bisa lihat dari test positivity rate yang terus merangkak naik, jadi kita sudah bukan di awal lagi tapi sudah mulai bergerak agak tinggi lagi ke arah gelombang ketiga," tutur dia.

Bukti-bukti Indonesia sudah masuk gelombang ketiga penyebaran pun, kata Dicky, merupakan sesuatu yang bisa diprediksi secara jelas. Sebab, indikator-indikator tersebut bisa diukur dan dipantau secara berkala. Maka responsnya seharusnya lebih cepat dilakukan pemerintah.

"Sudah jelas dan ini saya sudah prediksi November tahun lalu karena ini bukan hal yang tidak bisa diprediksi. Untuk itu responsnya harus melakukan respons yang cepat karena ini ancamannya serius terutama pada anak-anak dan lansia, kaum komorbid," tegas Dicky.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan memastikan, Indonesia belum memasuki gelombang ketiga lonjakan penyebaran pandemi Covid-19. Meskipun ada tanda-tanda karena terus naiknya data masyarakat yang terkonfirmasi positif tertular Covid-19.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung atau P2PML Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menekankan, terkait pemberitaan yang menyatakan Indonesia telah resmi memasuki gelombang ketiga, terdapat kekeliruan.

"Kalau resmi pasti ada rilis resmi dari Kemkes (Kementerian Kesehatan)," kata dia saat dihubungi, Selasa, 1 Februari 2022.

Hanya saja, Nadia menekankan, saat ini Indonesia tengah bersiap memasuki gelombang ketiga dengan melihat data-data penambahan kasus harian saat ini. Per Selasa kemarin, penambahan kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 16.021.

"Aku bilangnya kita bersiap masuk gelombang ketiga kalau melihat ada panambahan kasus saat ini," ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk program Vaksinasi Covid-19 ini.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat12 Mei 2024, 21:00 WIB

Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.
Ilustrasi - Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. (Sumber : Screenshot YouTube/@Kunci Sehat).
Sukabumi12 Mei 2024, 20:45 WIB

Truk Box Terbalik Di Puncak Dini Geopark Ciletuh Sukabumi, 3 Orang Terluka

Mobil truk box yang membawa dua unit sepeda motor Nmax, terbalik diturunan Puncak Dini, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.
Truk box terbalik di tanajakan dini Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 Mei 2024, 20:23 WIB

PKS Runner Raih Juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Sejumlah pelari yang tergabung dalam PKS Runners mengikuti event Geopark Ciletuh Run 2024
PKS Runner raih juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi | Foto : Ist
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi12 Mei 2024, 18:04 WIB

Pengelola Geopark: Longsor di Curug Cimarinjung Sukabumi Harus Segera Ditangani

Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu sekaligus Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menanggapi longsoran yang terjadi di sekitar wisata Curug Cimarinjung kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Sukabumi.
Iyos Somantri, Wakil Bupati Sukabumi sekaligus pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life12 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Selamat dalam Perjalanan, Agar Kita Senantiasa Dalam Lindungan Allah SWT

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Life12 Mei 2024, 17:00 WIB

Jangan Disepelekan, 7 Cara Membantu Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Bayi

Dari mulai menyanyi dan membaca hingga terlibat dalam permainan drama, ada banyak cara berbeda yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan bahasa anak.
Ilustrasi -  membantu meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi dengan membacakan buku. (Sumber : pexels.com/@Lina Kivaka).
Sukabumi12 Mei 2024, 16:53 WIB

Serikat Pekerja di Sukabumi Menolak Pencabutan Status UHC Non Cut Off

FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off per 1 Mei 2024 bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi yang memerlukan pelayanan kesehatan.
FSP TSK SPSI Kabupaten Sukabumi menyatakan keberatan dengan langkah  BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi yang mencabut status UHC Non Cut Off | Foto : Ist