Uu Ruzhanul Ulum: Umat Islam Berperan Besar dalam Kemerdekaan Indonesia

Rabu 22 Februari 2017, 04:55 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Uu Ruzhanul Ulum, Bupati Tasikmalaya mengajak seluruh lapisan masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan, meningkatkan ukhuwah Islamiah, serta berani menerima perbedaan. “Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, mari kita hormati perbedaan, mari kita jaga falsafah Bhineka Tunggal Ika,” terang Uu dalam sambutannya pada acara istighosah yang digagas oleh Kepolisian Resor (Polres) Tasikmalaya beberapa waktu lalu.

Istighosah digelar untuk meningkatkan gairah kebersamaan dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara tersebut, berlangsung di Masjid Agung Baiturahman, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Isthigosah ini diikuti oleh aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan masyarakat.

Menurut Uu, umat Islam telah berperan besar pada kemerdekaan Indonesia, namun demikian tidak berarti harus melupakan umat lain yang berbeda keyakinan, karena  para pendiri negara sudah membuat keputusan final bahwa falsafah negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika.

Bupati berlatar belakang santri ini mengatakan, semua elemen masyarakat harus siap beda, karena dengan kesiapan menerima perbedaanlah dapat menciptakan kebersamaan, perbedaan keinginan, warna kulit, partai politik, bahkan agama tidak seharusnya menjadi alasan untuk tidak hidup harmonis dalam berbangsa dan bernegara.

“Manusia diciptaan Allah SWT dengan berbagai perbedaan, dari warna kulit, karakter, ras, suku, bangsa, dan agama. Kalau kita tidak siap beda berarti kita tidak siap bersama,” jelas Bupati.

BACA JUGA:

Uu Ruzahul Ulum: Berita Hoax Itu Haram

Uu Ruzhanul Ulum Segera Membangun Jembatan Betmen

Uu Ruzhanul Ulum Lantik Pengurus Hamida dan IMG Sukabumi

Pentingnya keamanan dan kondusivitas di lingkungan masyarakat seharusnya menjadi tanggungjawab bersama. Keamanan tidak hanya tugas kepolisian, tetapi harus diikuti peran aktif masyarakat sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, sehingga pemerintah dapat menjalankan fungsinya dengan baik untuk menggerakan roda pembangunan dan memberikan layanan prima.

Lebih jauh, bupati yang akan maju pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018 mendatang ini menjelaskan, mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang dipimpinnya untuk tidak terjebak pada egoisme ormas, partai politik, kelompok, dan tidak mudah diadudomba. "Adanya egoisme kelompok hanya akan mengakibatkan perpecahan yang akan menuju pada kehancuran."

Dalam istighosah tersebut, Uu Ruzhanul Ulum juga mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya berencana membangun Islamic Center yang dilengkapi dengan Asrama Haji dan gedung serbaguna, dengan memanfaatkan sumbangan berupa infaq dari seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Tasikmalaya.

“Saya berharap rencana ini akan  segera terwujud karena akan menjadi pusat syiar islam di Kabupaten Tasikmalaya, sebagaimana kita tahu, Kabupaten Tasikmalaya selain merupakan lumbung pangan terutama beras, juga basis santri, memiliki pesantren yang banyak dan masyarakatnya cukup relijus,” terangnya lagi.

Sementara dalam rilis Humas Pemkab Tasikmalaya kepada sukabumiupdate.com, Sekretaris Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) KH. Edeng Zainal Mutaqin mengatakan, istighosah dapat dijadikan media untuk perubahan sikap mental umat muslim kearah yang lebih baik, terutama dalam menyikapi kondisi bangsa Indonesia saat ini.

“Setiap permasalahan bangsa dapat dijadikan pelajaran berharga untuk menghadapi kehidupan yang lebih baik.” Ujar Edeng.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Kecantikan19 Juli 2024, 16:00 WIB

8 Rahasia Kecantikan Wanita Jepang, Kulit Bersih dan Mulus yang Bisa Anda Tiru

Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda.
Ilustrasi - Wanita Jepang terkenal dengan kulit mereka yang mulus, cerah, dan awet muda. (Sumber : Instagram/@mikakotabee).
Sukabumi19 Juli 2024, 15:33 WIB

5 Jembatan di Sukabumi Putus, Pelajar Nekat Bergelantungan Lintasi Sungai untuk Sekolah

Masyarakat membuat jembatan sementara sebagai pengganti jembatan yang putus.
Tangkapan layar pelajar asal Kampung Cigirang, Desa Neglasari, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, bergelantungan pada rangka jembatan yang putus. | Foto: Istimewa
Entertainment19 Juli 2024, 15:30 WIB

Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi

Kabar gembira datang dari Stray Kids yang seluruh membernya dikabarkan telah memperpanjang kontrak dengan agensi, JYP Entertainment pada Kamis, 18 Juli 2024.
Satu Hari Sebelum Comeback, Seluruh Member Stray Kids Perbarui Kontrak dengan Agensi (Sumber : x/@Stray_Kids)
Nasional19 Juli 2024, 15:00 WIB

Setahun Lebih Lapor Polisi Karena Dianiaya Kekasih, Wanita Sukabumi: Pelaku Masih Berkeliaran

JN menceritakan peristiwa dialami pada Juni 2023 lalu. Penganiayaan dilakukan pria berinisial UTP (24 tahun) yang kini sudah jadi mantan kekasihnya.
Dokumentasi foto korban yang mengalami sejumlah luka akibat penganiayaan (Sumber: istimewa)
Bola19 Juli 2024, 15:00 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs PSM Makassar di Grup A Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa A Piala Presiden 2024 antara Persib Bandung vs PSM Makassar berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Istimewa).
Sukabumi19 Juli 2024, 14:40 WIB

Pemerintah Siap Fasilitasi Pengobatan Bocah Cidadap Sukabumi yang Lumpuh

Sejak usia satu bulan, Ali tidak menunjukkan perkembangan seperti bayi-bayi lainnya.
Pemerintah saat mengunjungi Muhamad Ali Mursali (10 tahun) di rumahnya di Kampung Sirnasari, Desa Padasenang, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film19 Juli 2024, 14:30 WIB

Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3

Ajang penghargaan ternama asal Korea Selatan, Blue Dragon Series Awards ke-3 akan diselenggarakan hari ini, Jumat, 19 Juli 2024, di Incheon Paradise City pukul 20.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.
Digelar Hari Ini, Berikut Nominasi Blue Dragon Series Awards ke-3 (Sumber : X @/infodrakor_id)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:25 WIB

Kunci Sukses Pendidikan Anak: Guru dan Ortu Wajib Paham Karakteristik Perkembangan Sang Buah Hati

mengembangkan peluang peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri dan demokratis serta warga negara yang bertanggung jawab.
Ilustrasi pendidikan anak sedari dini (Sumber: Pinterest)
Inspirasi19 Juli 2024, 14:00 WIB

Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Service Crew di Minimarket dengan Penempatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sukabumi19 Juli 2024, 13:32 WIB

Ada Gereja Sidang Kristus, Tim Cagar Budaya Uji Tiga Objek Bersejarah di Kota Sukabumi

Kegiatan ini untuk menyempurnakan dokumen usulan penetapan cagar budaya.
Gereja Sidang Kristus Kota Sukabumi. | Foto: Facebook/GSK Sukabumi