Stok Jagung Langka dan Mahal, PINSAR Desak Pemerintah Turun Tangan

Kamis 29 Februari 2024, 23:30 WIB
Stok Jagung langka | Foto : Pixabay

Stok Jagung langka | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Kalangan peternak ayam petelur yang tergabung dalam Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Petelur Nasional mendesak pemerintah campur tangan terkait seretnya pasokan jagung yang menjadi makanan pokok ternak mereka.

Para peternak meminta, pemerintah melalui Badan Urusan Logistik atau Bulog bisa membantu pasokan jagung stabil sehingga harga kembali terjangkau karena saat ini harga jagung sudah mencapai Rp 9.000 per kilogram.

"Kami berharap bisa kembali mendapatkan jagung dengan mudah dan harganya terjangkau," kata peternak yang juga Ketua Perhimpunan Pinsar Petelur Nasional (PPN) Jenny Soelistiani dalam forum di Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta Kamis 29 Februari 2024.

Dalam forum bertajuk Menyongsong Panen Jagung 1,9 juta ton turut dihadiri Dekan Fakultas Peternakan UGM Ali Agus serta Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi itu, Jenny mengatakan pihaknya menduga sulitnya peternak mendapatkan jagung untuk pakan ternak karena sejumlah faktor.

Pertama, cuaca yang tak mendukung dan memicu sejumlah daerah penghasil jagung kurang produktif. Kedua, akibat rantai distribusi jagung yang tak merata. Sehingga pasokan yang sudah sedikit masih harus diperebutkan banyak pihak.

"Banyak yang memperebutkan jagung ini, mulai dari pengusaha pangan peternak sapi, ada juga perusahaan perusahaan kimia yang butuh untuk produksi pabriknya," kata dia.

"Kami selaku peternak, selalu kalah dan sulit mendapatkan jagung itu, padahal cuaca yang tak menentu seperti El Nino membuat panen jagung mundur dan membuat panen sedikit," imbuh dia.

Namun, diakui Jenny, langkah pemerintah menambah pasokan komoditas jagung dari impor memang cukup membantu ketersediaan. Namun harganya masih dinilai terlalu tinggi dan sulit terakses kalangan peternak.

"Kami sebagai peternak jelas tak mungkin harus bersaing, berebut dengan pengusaha sapi, perusahaan etanol, makanya kami berharap pemerintah lewat Bulog bisa membantu distribusinya agar pasokan jagung ini bisa merata," ujarnya.

Purwanto, perwakilan perhimpunan petani jagung asal Tuban Jawa Timur dalam forum itu mengatakan kenaikan harga jagung di pasar saat ini bukanlah keinginan petani.

"Dari petani, kalau jagung bisa terjual Rp 5.000 dan maksimal Rp 6.000 per kilogram saja sebenarnya sudah senang, kenaikan harga itu bukan kehendak kami," kata dia.

Purwanto menuturkan, kalangan petani selama ini hanya mampu menjemur jagung untuk kebutuhan pakan peternak maksimal dua sampai tiga hari saja. Yang kadar airnya berkisar 18-20. Sedangkan peternak, kata Purwanto, biasanya meminta jagung dengan kadar air 15-16.

Karena tidak sesuai kebutuhan peternak, jagung jagung panenan petani lantas disalurkan ke gudang penyimpanan atau pihak lain yang menginginkan.

Petani, kata dia, juga menghadapi persoalan sendiri sehingga harga jagung saat dilepas ke pasaran lebih tinggi. "Pupuk saat ini langka, omkos tenaga kerja (yang membantu petani) juga naik, ongkos produksi menanam jagung juga ikut naik, tapi kami masih bisa menerima kalau harganya Rp 5.000.perkilogram," kata dia.

Adapun Dekan Fakultas Peternakan UGM Ali Agus mengatakan persoalan pangan saat ini memang menjadi perhatian. Menurutnya, pemerintah juga musti bisa mengurai satu persatu persoalan pangan itu, terutama jika berdampak pada sektor ekonomi masyarakat.

"Seperti akibat El Nino yang membuat musim panen jagung mundur, padahal ayam para peternak setiap hari butuh makan," kata dian.

Ali pun mendorong pemerintah memiliki program akselerasi jika terjadi keadaan keadaan yang tak bisa dihindari seperti cuaca buruk yang mempengaruhi panen komoditas komoditas yang saling terkait.

"Perlu ada akslerasi program dari pemerintah, seperti percepatan untuk memenuhi kebutuhan jagung," ujarnya.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya akan mendorong Bulog untuk mencadangan pasokan jagung.

"Saat ini stok komoditas jagung di Bulog sebenarnya masih memadai, namun memang butuh proses untuk disalurkan kepada peternak mandiri," ujarnya.

Ketua gerakan Rumah Bersama Yudianto Yogiarso menuturkan pemerintah perlu mengatur cadangan jagung di sentra peternak supaya penyaluran dapat dilakukan efisien dan tepat waktu.

Yudianto pun mengungkapkan Peraturan Badan Pangan Nasional Republik Indonesia (Perbadan) nomor 13 tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Cadangan Jagung Pemerintah dapat diimplementasikan untuk kepastian jagung bagi para peternak.

Cara lain menjaga pasokan jagung aman, Yudianto juga mendorong keterlibatan peternak saat panen raya.

"Saat panen raya peternak dimitrakan Bulog, sebagai buffer stock jagung. Program bantuan pangan pemerintah, telur, dimitrakan koperasi asosiasi berbadan hukum penyedia," ujar Yudianto.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola16 April 2024, 14:30 WIB

Link Live Streaming Persebaya vs Dewa United Liga 1: Bajol Ijo Incar 3 Poin di Kandang!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Dewa United berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persebaya Surabaya vs Dewa United berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : persebaya.id/istimewa).
Sukabumi16 April 2024, 14:21 WIB

Ditinjau Pj Wali Kota, MPP Sukabumi Buka 83 Layanan saat Hari Pertama Kerja

Ada sekitar 100 layanan yang bisa digunakan masyarakat di MPP.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji saat meninjau MPP DPMPTSP pada Selasa (16/4/2024). | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Sukabumi16 April 2024, 14:13 WIB

Ragam Potensi Wisata hingga Perikanan di Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi

Sentra ikan hias, berikut ragam potensi wisata dan ekonomi di Kecamatan Caringin Sukabumi.
Kantor Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat16 April 2024, 14:00 WIB

5 Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan, Bisa Mengatur Gula Darah

Kandungan dalam daun sirsak ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh (imun) dan melindungi tubuh dari infeksi.
Ilustrasi. Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan (Sumber : Pexels/ArturoA)
Sukabumi16 April 2024, 13:52 WIB

220 Ton per Hari, Sampah di Pantai Sukabumi Selama Libur Lebaran 2024

Sampah yang berhasil diangkut selanjutnya dibawa ke TPA Cimenteng.
Sampah di salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life16 April 2024, 13:30 WIB

8 Tips Agar Tetap Sabar Saat Ditimpa Banyak Masalah Hidup

Ayo Lakukan Sederet Tips Berikut Agar Tetap Sabar Saat Ditimpa Banyak Masalah Hidup.
Ilustrasi. Tenang. Tips Agar Tetap Sabar Saat Ditimpa Banyak Masalah. (Sumber : Pexels/OlexandrP)
Science16 April 2024, 13:21 WIB

Gempa Bayah M4,7 Terasa Hingga Sukabumi, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Bawah Laut

Gempa Bayah Banten M4,7 terjadi pada Selasa (16/4/2024) pukul 10:18:23 WIB.
Episenter gempa Bayah Banten M4,7 pada Selasa (16/4/2024). (Sumber : BMKG)
Sehat16 April 2024, 13:00 WIB

Mengapa Anda Tiba-tiba Sakit Maag? Simak 8 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sakit maag adalah kondisi yang relatif umum dan jarang menjadi serius.
Ilustrasi -  Sakit maag adalah kondisi yang relatif umum dan jarang menjadi serius.  (Sumber : Freepik.com)
Bola16 April 2024, 12:30 WIB

Prediksi Liga 1 Persebaya Surabaya vs Dewa United: H2H, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Persebaya akan saling bentrok dengan Dewa United dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-31.
Persebaya akan saling bentrok dengan Dewa United dalam lanjutan Liga 1 pekan ke-31. (Sumber : X@persebayaupdate@dewaunitedfc_).
Sukabumi16 April 2024, 12:05 WIB

Kerja Setelah Cuti Lebaran, Pj Wali Kota Sukabumi Soroti Kedisiplinan ASN

Kusmana menyoroti kedisiplinan ASN, terutama kehadiran pada hari pertama bekerja.
Foto bersama setelah apel di Balai Kota Sukabumi pada Selasa (16/4/2024). | Foto: Website Pemkot Sukabumi