Wanita Sukabumi Tewas Dianiaya Anak Anggota DPR dari PKB, Ini Respons Cak Imin

Jumat 06 Oktober 2023, 18:30 WIB
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin turut ikut menyoroti kasus kematian wanita asal Sukabumi Dini Sera Afrianti yang dilakukan oleh anak anggota DPR dari PKB. (Sumber : DPR RI)

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin turut ikut menyoroti kasus kematian wanita asal Sukabumi Dini Sera Afrianti yang dilakukan oleh anak anggota DPR dari PKB. (Sumber : DPR RI)

SUKABUMIUPDATE.com - GRT atau Gregorius Ronald Tannur (31 tahun) resmi ditetapkan jadi tersangka kasus penganiayaan hingga meninggal dunia terhadap warga Sukabumi bernama Dini Sera Afrianti (DSA) alias Andini (27 tahun). GRT diketahui merupakan anak anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Edward Tannur.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kemudian angkat bicara terkait kasus ini. Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Koalisi Perubahan itu menegaskan, dirinya dan PKB berada di pihak korban. Dia juga meminta agar pelaku diberikan hukuman setimpal.

"Saya dan seluruh keluarga besar PKB berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Dini Sera Afrianti (Andini). Semoga keluarga yang ditinggalkan tabah selalu," tulis Cak Imin, di akun media sosial X @cakiminNOW, dikutip sukabumiupdate.com, Jumat (6/10/2023).

"Saya bersepakat pelaku harus mendapatkan hukuman yang setimpal. Saya dan PKB pasti berdiri di pihak korban," tegasnya.

Baca Juga: Dimakamkan di Cisaat, Wanita Sukabumi Tewas Diduga Dianiaya Anak Anggota DPR

Cak Imin mengecam tindakan kekerasan hingga pembunuhan. Apalagi tindakan tersebut dilakukan terhadap perempuan.

"Tidak ada tindakan kekerasan apalagi pembunuhan yang bisa dibenarkan, terlebih lagi kepada perempuan. Semoga Andini mendapat tempat terbaik di sisi Allah Tuhan YME. AMIN," ucap dia.

Sementara itu, Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal membenarkan bahwa GRT merupakan anak dari Edward Tannur.

"Kami telah mengonfirmasi kepada anggota Fraksi PKB DPR RI atas nama Edward Tanur dan beliau membenarkan jika GRT adalah putranya," kata Cucun dikutip dari Suara.com, Jumat (6/10/2023).

Cucun mengatakan, Fraksi PKB mengutuk keras tindakan pelaku karena melakukan tindakan kekerasan yang berujung kepada meninggalnya korban.

"Bagi Fraksi PKB tindakan kekerasan terhadap sesama sama sekali tidak dibenarkan. Apalagi ini kepada seorang perempuan," kata Cucun.

Baca Juga: Anak Anggota DPR Jadi Tersangka, Wanita Sukabumi Tewas Dianiaya

Cucun menegaskan PKB selalu berada di garda depan terhadap perlawan tindak kekerasan kepada perempuan, baik di ranah publik maupun domestik.

"Kami akan mengawal kasus kekerasan yang berujung pada tewasnya Dini Sera Apriyanti sehingga korban maupun keluarganya mendapatkan keadilan baik secara hukum formil maupun materiil," kata Cucun.

Cucun menegaskan kepada Edward untuk mengawal kasus tersebut, kendati terduga pelaku merupakan anaknya sendiri.

"Kami akan meminta kepada saudara Edward Tanur untuk mengawal kasus ini meskipun ini melibatkan putra sendiri. Dari komunikasi kami, Edward Tanur menyatakan siap mengawal kasus ini sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," kata Cucun.

Sebelumnya diberitakan, Polrestabes Surabaya menetapkan Gregorius Ronald Tannur atau GR (31 tahun) sebagai tersangka kasus penganiayaan hingga meninggal dunia terhadap Dini Sera Afrianti (DSA) alias Andini (27 tahun). Andini adalah warga Cisaat Kabupaten Sukabumi Jawa Barat yang menetap di Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce kepada awak media, Jumat (5/10/2023), menegaskan penetapan tersangka ini atas dukungan alat bukti.

"Atas dugaan fakta-fakta penyidikan yang didukung alat bukti, maka kami telah menetapkan status saksi GR laki-laki 31 tahun tinggal di Pakuwon City dari saksi kami tingkatkan dari saksi menjadi tersangka," ujar Kombes Pol Pasma Royce.

Polisi langsung melakukan penahanan terhadap tersangka yang disebut-sebut sebagai anggota DPR RI, Edward Tannur. GR bakal dijerat dengan Pasal 351 ayat 3 dan atau pasal 359 KUHP dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional27 Februari 2024, 21:49 WIB

Makan Siang Gratis Dijatah Rp15 Ribu per Anak, Menkes Berkelakar: Kenyang Gak?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkelakar saat ditanya terkait kadar gizi program makan siang gratis dengan jatah Rp15 Ribu per anak.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin buka suara terkait program makan siang gratis Prabowo-Gibran yang dibahas dalam Sidang Kabinet Jokowi. (Sumber Foto: Kementerian Kesehatan.)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 21:18 WIB

Petahana Bertumbangan, Inilah 7 Caleg Diprediksi Lolos DPRD di Dapil 1 Sukabumi

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi daerah pemilihan (Dapil) 1 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan. Tujuh orang diprediksi melenggang menjadi anggota DPRD
Caleg DPRD dengan suara terbanyak di Dapil I Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life27 Februari 2024, 21:00 WIB

Cake Resume Quiz Sedang Viral, Ini 7 Manfaat Manfaat Bermain Quiz

Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U
Ilustrasi - Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U (Sumber : ooopenlab.cc)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)