Jadi Ketua Umum Asbanda, Dirut Bank BJB Yuddy Dorong BPD Lebih Bersinergi

Jumat 01 September 2023, 13:20 WIB
Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah atau ASBANDA periode 2023 – 2027, menggantikan Supriyatno, mantan Dirut Bank Jateng. (Sumber: bank bjb)

Dirut Bank BJB Yuddy Renaldi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah atau ASBANDA periode 2023 – 2027, menggantikan Supriyatno, mantan Dirut Bank Jateng. (Sumber: bank bjb)

SUKABUMIUPDATE.com - Dirut (Direktur Utama) Bank BJB Yuddy Renaldi terpilih menjadi Ketua Umum Asosiasi Bank Pembangunan Daerah atau ASBANDA periode 2023 – 2027, menggantikan Supriyatno, mantan Dirut Bank Jateng.

Ini adalah hasil Musyawarah Nasional XXII Tahun 2023 yang berlangsung di Claro Hotel Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 31 Agustus 2023, bersamaan dengan Pengundian Undian Tabungan Nasional Simpeda Periode I XXXIV 2023.

Sebagai informasi, Undian Nasional Tabungan Simpeda adalah program undian berhadiah yang diselenggarakan oleh Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda). Kegiatan tahunan ini diikuti oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) di seluruh Indonesia.

Sebagai anggota Asbanda, bank bjb turut berperan aktif dalam berpartisipasi pada kegiatan undian Simpeda setiap tahunnya. Undian Nasional Tabungan Simpeda menyediakan total hadiah hingga Rp6 miliar di setiap tahunnya. Pelaksanaan undian dibagi menjadi dua periode dalam satu tahun, yang masing-masing periodenya menyiapkan hadiah sebesar Rp3 miliar.

Baca Juga: Lowongan Kerja Sales Jawa Barat, Penempatan di Jalan Siliwangi Kuningan

Periode I pengumpulan poin berlangsung sepanjang 1 Januari hingga 30 Juni, yang diundi setiap bulan Agustus. Sementara periode II pengumpulan poin berlangsung sepanjang 1 Juli hingga 31 Desember, yang diundi setiap bulan Maret. Tunggu apalagi, segera kumpulkan poin undian dari tabungan Simpeda bank bjb dan raih kesempatan untuk mendapatkan total hadiah milyaran rupiah.

Yuddy mengatakan, akan menjalankan amanat sebagai Ketua Asbanda dengan sebaik-baiknya, karena sudah menjadi keputusan organisasi. Ia menegaskan, sebagai Ketua Asbanda, akan melakukan pendekatan saling membantu, karena BPD seluruh Indonesia tidak sama ada size.

Kemudian, akan diupayakan bagaimana mendorong BPD untuk semakin mampu memperbesar transaksi ekspor ke luar negeri, selain tentu saja memperkuat pangsa pasar di dalam negeri. Hal ini sangat memungkinkan, sebab banyak potensi ekspor dari sumber daya alam di daerah, yang bisa dioptimalkan sebagai sumber devisa. Seperti pertambangan, pertanian, kelapa sawit, dan lainnya.

Menurut dia, salah satu fokus utama nantinya bagaimana terjadi sinergi BPD dengan membentuk Kelompok Usaha Bank (KUB) terintegrasi untuk menguatkan BPD dari sisi permodalan dan likuiditas.

Baca Juga: Lewat Program ROASTING, Wabup Sukabumi Ajak Semua Pihak Tangani Stunting

Ia menjelaskan, bank bjb sudah menginisiasi dengan Bank Bengkulu. Ini bisa menjadi contoh bagi BPD lain. KUB sesama BPD, itu lebih menggambarkan sifat kedaerahan masing-masing untuk dipahami, dibanding dengan ber-KUB di luar BPD.

Dengan bersinergi, maka berbagai keunggulan BPD akan mampu dioptimalkan dan dapat mengakselerasi bisnis BPD sekaligus memberi profit lebih optimal. BPD punya total aset kalau dikonsolidasikan lebih dari Rp945 triliun, yang berasal dari 27 BPD di Indonesia.

"Kalau itu bergabung, sebenarnya kita berada nomor lima nasional saat ini. Ini menjadi bagian yang signifikan yang ada di perbankan Indonesia,” ungkapnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)
Life28 April 2024, 17:44 WIB

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Memaafkan Masa Lalunya, Ketahui Penyebabnya!

Tak sedikit orang yang sangat sulit memaafkan masa lalunya sendiri sehingga sampai kini terjebak dalam balutan masa kelam yang menyakitkan.
Ilustrasi. Orang menangis karena sulit memaafkan masa lalu. | Sumber poto : Pexels/ Karolina Grabowska
Sukabumi28 April 2024, 17:32 WIB

29 Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia di Sukabumi, Pemiliknya Ditilang

Puluhan motor berknalpot brong disita polisi usai terjaring razia KRYD Polres Sukabumi Kota. Pemiliknya ditilang.
Pemiliknya ditilang, puluhan motor berknalpot brong diangkut Polres Sukabumi Kota. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 17:30 WIB

4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Membicarakan emosi dengan anak-anak bisa jadi rumit, pelajari lebih lanjut tentang cara mendiskusikan perasaan besar dengan anak kecil.
Ilustrasi. Anak sedang emosi. Sumber : Freepik/@8foto
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts