Urgensi Kajian Kebutuhan Teknologi AI, Industri Media Diminta Waspada

Rabu 23 Agustus 2023, 08:39 WIB
Wamenkominfo, Nezar Patria di Acara Indonesia Digital Conference 2023 | Bicara Urgensi Kajian Kebutuhan Teknologi AI, Industri Media Diminta Waspada (Sumber : Istimewa)

Wamenkominfo, Nezar Patria di Acara Indonesia Digital Conference 2023 | Bicara Urgensi Kajian Kebutuhan Teknologi AI, Industri Media Diminta Waspada (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Monitoring pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) menjadi penting dilakukan guna menekan dampak negatif yang dapat ditimbulkan. Hal itu sebagaimana diungkap oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria di acara Indonesia Digital Conference Artificial Intelligence di Bandung, Selasa (22/08/2023).

Nezar mengatakan pihaknya tengah mengkaji kebutuhan pengaturan pemanfaatan AI atau kecerdasan buatan agar bisa optimal. Ini sesuai dengan Siaran Pers No. 221/HM/KOMINFO/08/2023 di laman resmi kominfo.go.id.

“Pemerintah, dalam hal ini melakukan monitoring terhadap perkembangan pemakaian AI dan kita bersikap positif, misalnya dengan perkembangan teknologinya, tetapi juga kita mencermati sisi-sisi negatif yang akan muncul,” ungkap Nezar dalam keterangannya, dikutip Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: Desak Pengesahan Publisher Right, AMSI Singgung Peluang dan Bahaya AI

Beberapa potensi isu negatif dari teknologi AI diantaranya kesalahan analisis yang mengakibatkan misinformasi berita, perlindungan hak cipta, hingga hal yang berkaitan dengan nilai kemanusiaan.

IDC dan AMSI Awards 2023: Masa Depan AI dalam Transformasi Bisnis DigitalIDC dan AMSI Awards 2023: Masa Depan AI dalam Transformasi Bisnis Digital

Adapun kajian tentang AI ini, menurut Wamen Nezar Patria, akan berkolaborasi dengan sejumlah lembaga serta mitra kerja dari berbagai sektor.

“Terutama di ekosistem ekonomi digital, pelaku-pelaku industri yang berbasiskan digital, dan juga beberapa pakar teknologi, sosial, budaya, dan sebagainya. Kita coba mengantisipasinya dengan satu regulasi yang mencoba meminimalkan dampak-dampak yang harmful atau merusak dari AI,” tandasnya.

Regulasi mengenai AI bukan untuk menghambat inovasi, namun sebagai langkah antisipatif atas risiko yang mungkin muncul di kemudian hari. Pemerintah juga akan berdiskusi dengan UNESCO tentang pemanfaatan AI terutama dari sisi etika. 

“Kita tidak mungkin melawan laju perkembangan teknologi ini. Saya kira seluruh dunia punya concern yang sama dan juga terbelah pendapatnya tentang AI, tetapi yang pasti kita tidak bisa bergerak mundur. Kita pakai teknologi karena bermanfaat,” jelasnya. 

Baca Juga: IDC dan AMSI Awards 2023: Masa Depan AI dalam Transformasi Bisnis Digital

Industri media juga dihimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dalam pemanfaatan AI. Menurut Wamenkominfo, jika data yang diberikan salah dan tidak disiapkan dengan baik, teknologi AI bisa mengakibatkan disinformasi pemberitaan.

“Penggunaan AI juga berpotensi dengan pelanggaran hak cipta. Banyak data-data penulis, gambar, suara yang di-crawl oleh generative AI, sehingga bisa menciptakan sesuatu hasil yang dia crawl. Di sini ada unsur-unsur yang dilanggar dari karya-karya yang diambil oleh AI. Inilah (efek negatif) yang harus kita antisipasi ke depannya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, IDC 2023 merupakan gelaran tahunan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). IDC ini menjadi forum berbagi informasi dan strategi untuk beradaptasi dalam dunia digital, melawan misinformasi, dan memperkuat media untuk mendorong perubahan positif. 

Ketua AMSI Wenseslaus Manggut, USAID Mission Director Jeffrey P. Cohen dan Dirut PLN Icon Plus Ari Rahmat Indra Cahyadi juga terlihat hadir di acara IDC 2023 tersebut.

Sumber: Kominfo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)
Life29 April 2024, 19:53 WIB

7 Cara Membuat Anak yang Keras Kepala Jadi Patuh kepada Orang Tuanya

Anak yang keras kepala terkadang tidak patuh saat diperintah, dinasihati atau dimintai tolong orang tuanya. Maka penting mengubahnya menjadi patuh.
Ilustrasi. Cara membuat anak keras kepala menjadi patuh kepada orang tua. | Sumber foto : Pexels/ Gustavo Fring