Anaknya Tersangka Penganiayaan Mahasiswa, Perwira Polisi Sumut Hadapi Sidang Etik

Rabu 26 April 2023, 11:46 WIB
Konferensi Pers Polda Sumut, Selasa (25/4/2023) | Anaknya Tersangka Penganiayaan Mahasiswa, Perwira Polisi Sumut Hadapi Sidang Etik (Sumber : YouTube/TribunNews)

Konferensi Pers Polda Sumut, Selasa (25/4/2023) | Anaknya Tersangka Penganiayaan Mahasiswa, Perwira Polisi Sumut Hadapi Sidang Etik (Sumber : YouTube/TribunNews)

SUKABUMIUPDATE.com - Perwira Polisi Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan ikut terseret dalam kasus penganiayaan mahasiswa yang dilakukan oleh anaknya, Aditya Hasibuan atau AH. Buntut dari kasus anaknya, AKBP Achiruddin Hasibuan harus menghadapi Sidang Etik.

Kabid Propam Polda Sumut, Dudung Adijono seperti dikutip via depok.suara.com, menggelar jumpa pers pada Selasa (25/4/2023) dan turut menghadirkan tersangka Aditya Hasibuan dan ayahnya, AKBP Achiruddin Hasibuan.

AH dan ayahnya Perwira Polisi datang untuk Konferensi Pers Polda Sumut, Selasa (25/4/2023)AH dan ayahnya Perwira Polisi datang untuk Konferensi Pers Polda Sumut, Selasa (25/4/2023)

Penyebab AKBP Achiruddin Hasibuan harus menghadapi sidang etik karena Dudung menilai perwira Polisi Sumut itu telah melakukan pembiaran terhadap putranya yang merupakan tersangka pelaku penganiayaan Ken Admiral.

“Propam proaktif terhadap anggota yang melakukan pelanggaran, seperti yang disampaikan Ditreskrimum, di mana AKBP Achiruddin Hasibuan membiarkan terjadinya tindakan penyerangan tersebut,” kata Dudung, dikutip Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: 5 Fakta Pembunuhan Siswi di Cianjur: Korban Hamil, Ditembak Pacar hingga Tewas

Pembiaran aksi penganiayaan mahasiswa oleh anaknya itu, kata Dudung, telah melanggar pasal 13 Perpol 2022 Nomor 7 tentang Kode Etik. AKBP Achiruddin Hasibuan pun sudah diperiksa dan dinyatakan bersalah telah melanggar kode etik.

Perwira Polisi Sumut, AKBP Achiruddin Hasibuan sendiri akan ditempatkan di lokasi khusus. "Jika dia terbukti melanggar aturan dan terbukti bersalah, dia akan dievaluasi, diberhentikan dari jabatannya segera." ujarnya.

Sebelumnya viral di media sosial tentang video penganiayaan seorang mahasiswa yang diduga dilakukan oleh Aditya Hasibuan (AH), anak dari AKBP Achiruddin Hasibuan. Dalam video terlihat seorang pria tengah memukuli hingga menendang korban sampai berdarah dan tersungkur.

Viral Video Diduga Anak Perwira Polisi yang Aniaya MahasiswaViral Video Diduga Anak Perwira Polisi Aniaya Mahasiswa

Diduga, korban itu adalah mahasiswa bernama Ken Admiral. Ia menjadi sasaran penganiayaan dari Aditya Hasibuan dan teman-temannya. 

Video penganiayaan Ken Admiral oleh Aditya Hasibuan itu dibagikan oleh akun Twitter/@mazzini_gsp pada Selasa, 25 April 2023 pukul 17.16 WIB.

Viral Video Diduga Anak Perwira Polisi yang Aniaya MahasiswaViral Video Diduga Anak Perwira Polisi Aniaya Mahasiswa

"Aditya Hasibuan anak Kompol Abdul Rahman melakukan penganiayaan terhadap Ken Admiral seorang mahasiswa. Sudah mengalami kerugian saat korban menagih ganti rugi ke rumahnya, Kompol Abdul Rahman malah menyuruh seseorang untuk mengambil senjata laras panjang." tulis cuitan Twitter/@mazzini_gsp.

Viral Video Diduga Anak Perwira Polisi yang Aniaya MahasiswaViral Video Diduga Anak Perwira Polisi yang Aniaya Mahasiswa

Video yang diduga adalah rekaman penganiayaan Aditya Hasibuan terhadap Ken Admiral itu viral di Twitter. Berdasarkan pantauan sukabumupdate.com, hingga Rabu (26/4/2023) video tersebut sudah dilihat oleh lebih dari 7,6 juta kali. 

Baca Juga: 4 Fakta Kasus Pencabulan di Al Zaytun, Ponpes Viral Karena Kontroversi Shalat Ied

Diketahui, video penganiayaan Ken Admiral oleh Aditya Hasibuan direkam pada Desember 2022, namun baru sekarang viral di media sosial. Video tersebut juga diberi narasi bahwa Ken Admiral sempat meminta pertanggungjawaban AKBP AR dengan mendatangi rumahnya karena kaca spion mobil dipecahkan oleh Aditya.

Bukannya memberikan ganti rugi, AKBP AR malah meminta kakak Aditya untuk mengambil senjata laras panjang. Kakak pelaku pun menuruti perintah ayahnya untuk mengambil senjata di dalam rumah.

Selanjutnya, ketika sudah keluar dari rumah AKBP AR, pelaku bersama sang kakak pun mendatangi Ken Admiral dan terjadilah penganiayaan itu.

Sumber: depok.suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Mei 2024, 10:15 WIB

5 Kebiasaan Sepele yang Akan Menurunkan Semangat Hidup Anda, Yuk Hindari!

Kebiasaan tertentu rupanya bisa menjadi sebab semangat hidup menjadi menurun. Hal ini penting diketahui agar mencegah lebih dini
Ilustrasi seseorang akibat kebiasaan yang menurunkan semangat hidup (Sumber : Pexels.com/ @Nicola Barts)
Life16 Mei 2024, 10:00 WIB

11 Makanan dan Minuman Bergizi yang Membantu Anak Tumbuh Tinggi

Nutrisi dalam makanan dan minuman sangat berpengaruh pada perkembangan tinggi badan anak.
Ilustrasi. Nutrisi dalam makanan dan minuman sangat berpengaruh pada perkembangan tinggi badan anak. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat16 Mei 2024, 09:59 WIB

Konferwil ke-3 AMSI Jabar 2024, Memilih Pengurus Baru dan Diskusi Masa Depan Media Siber

Seminar masa depan bisnis media ini menghadirkan tiga narasumber utama.
Ketua Umum AMSI Wahyu Dhyatmika saat memberikan sambutan dalam kegiatan konferensi wilayah (Konferwil) ke-3, di Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (16/5/2024). | Foto: SU
Internasional16 Mei 2024, 09:43 WIB

Kontroversi Senator AS, Sarankan Israel Serang Gaza dengan Bom Nuklir

Pernyataannya muncul setelah AS menghentikan pengiriman senjata dalam jumlah besar ke Israel.
(Foto Ilustrasi) Senator AS Lindsey Graham melontarkan pernyataan kontroversial terkait agresi Israel di Gaza. | Foto: Istimewa
Inspirasi16 Mei 2024, 09:30 WIB

Info Loker MT 2024: Management Trainee untuk Fresh Graduate

Loker Management Trainee di Jabodetabek ini dibuka hingga 16 Juli 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker MT 2024: Management Trainee untuk Fresh Graduate (Sumber : Pexels/Pixabay)
Sehat16 Mei 2024, 09:00 WIB

Bebas dari Serangan Asam Urat, 8 Obat Alami untuk Cegah Kambuh Lagi

Beberapa obat alami ini dipercaya mampu mencegah dan mengobati asam urat.
Ilustrasi - Beberapa obat alami ini dipercaya mampu mencegah dan mengobati asam urat. (Sumber : Freepik.com/@8photo).
Sukabumi16 Mei 2024, 08:34 WIB

BPP Parungkuda Sukabumi Dorong Cibugis Jadi Desa Wisata Hortikultura

Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi melalui BPP Parungkuda dorong Cibugis jadi desa wisata hortikultura. Ini alasannya
Koordinator Penyuluh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Parungkuda, Sih Harsini di depan kantor BPP, Rabu (15/5/2024) (Sumber : SU/Ibnu)
Life16 Mei 2024, 08:30 WIB

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Anak Merasa Tidak Berharga

Memberikan kritik secara berlebihan atau terus-menerus tanpa memberikan pujian atau dukungan juga dapat membuat anak merasa tidak berharga.
Ilustrasi. Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Anak Merasa Tidak Berharga. (Sumber : Pexels.com/ErikMclean)
Nasional16 Mei 2024, 08:00 WIB

Proyek di Kalimantan Libatkan Cina, Slamet Soroti Buruknya Pengelolaan Pertanian RI

Pengelolaan pertanian saat ini semakin tidak jelas arah dan tujuannya.
Anggota Komisi IV DPR RI F-PKS drh Slamet saat interupsi di Rapat Paripurna DPR RI ke-16 Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: dpr.go.id
Sehat16 Mei 2024, 07:30 WIB

8 Daging Olahan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol Tinggi

Mengganti daging olahan dengan sumber protein lain yang lebih sehat, seperti ikan, kacang-kacangan, atau tahu, dapat membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
Ilustrasi. Sosis. Daging Olahan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol (Sumber : Pexels/pixabay)