Viral Pemalakan Uang ke Sopir Truk, Bandit Pelaku Premanisme Diringkus Polisi

Kamis 06 April 2023, 12:30 WIB
Viral Pemalakan Uang ke Sopir Truk, Bandit Pelaku Premanisme Diringkus Polisi (Sumber : Istimewa)

Viral Pemalakan Uang ke Sopir Truk, Bandit Pelaku Premanisme Diringkus Polisi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Pemalakan diartikan sebagai pekerjaan yang dilakukan untuk meminta sesuatu secara paksa. Pemalakan dalam bahasa Indonesia berasal dari kata “palak”.

Aksi Pemalakan biasanya dilakukan oleh para preman atau oknum tertentu dalam bentuk uang. Preman tersebut merasa menguasai sebuah wilayah tertentu sehingga kerap congkak bak penguasa jalanan.

Viral Tukang Palak Minta Uang ke Sopir Truk, Bandit Lakukan Aksi PremanismeViral Tukang Palak Minta Uang ke Sopir Truk, Bandit Lakukan Aksi Premanisme

Target Pemalakan paling umum adalah para Sopir, baik angkutan umum maupun truk yang sekadar lewat di jalan. Saat beraksi, para preman si tukang palak ini akan memberhentikan kendaraan dan meminta uang jalan kepada Sopir.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Podcast Bahasa Inggris untuk Pengembangan Diri, Sudah Dengar?

Baru-baru ini, mengutip Suara.com, polisi berhasil meringkus enam terduga pelaku Pemalakan terhadap sopir truk, di Jalan Kayu Besar Outer Ringroad, Cengkareng, Jakarta Barat pada Rabu (5/3/2023) kemarin.

Kasat Samapta Polres Metro Jakarta Barat, AKBP M Hari Agung Julianto mengatakan, aksi tersebut dilakukan usai viral peristiwa Pemalakan kepada sopir truk yang dilakukan oleh para preman yang kerap berada di lokasi.

"Kami mengamankan sebanyak enam orang pelaku yang diduga sebagai pelaku Pemalakan," ujar Hari saat dikonfirmasi, Kamis (6/4/2023).

Aksi Premanisme Bandit | Viral Tukang Palak Minta Uang ke Sopir Truk (Sumber: Instagram/@jakartabarat24jam)Aksi Premanisme Bandit | Viral Tukang Palak Minta Uang ke Sopir Truk (Sumber: Instagram/@jakartabarat24jam)

Sementara itu, Kapolsek Cengkareng kompol Hasoloan Situmorang menyebut, meski telah meringkus terduga pelaku, namun pihaknya masih memburu pelaku lain yang berhasil kabur saat aksi penangkapan.

"Kami masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku lainnya," ucap Hasaloan, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga: Teror Sajam! Deretan Aksi Geng Motor di Sukabumi Sepanjang 2022

Hasaloan juga meminta kepada sopir truk yang telah menjadi korban aksi premanisme jalanan ini untuk segera melapor ke Polsek Cengkareng. Agar para bandit ini dapat diproses hukum lebih lanjut.

"Hingga saat ini belum ada korban yang melapor, kami mengimbau kepada masyarakat untuk segera membuat laporan polisi ke Polsek Cengkareng," tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, tiga orang pria terekam kamera amatir milik warga sedang melakukan Pemalakan terhadap seorang sopir truk di Jalan Kayu Besar Outer Ringroad, Cengkareng, Jakarta Barat.

Aksi Premanisme Bandit | Viral Tukang Palak Minta Uang ke Sopir Truk (Sumber: Instagram/@jakartabarat24jam)Aksi Premanisme Bandit | Viral Tukang Palak Minta Uang ke Sopir Truk (Sumber: Instagram/@jakartabarat24jam)

Aksi itu viral usai diunggah di sosial media. Salah satu akun yang mengunggahnya yakni @jakartabarat24jam. Dari video singkat tersebut terlihat sopir truk bercat warna putih itu memberikan uang kepada para pemalak. Meski demikian, salah seorang komplotan pelaku masih mengadang laku mobil truk.

"Terjadi pemalakan terhadap sopir truk khususnya mobil-mobil dengan pelat nomor daerah," tulisnya akun dalam caption, dikutip Kamis (6/4/2023).

Baca Juga: Diskon 20 Persen, Cek Besaran Tarif Tol Mudik Lebaran 2023 Terbaru

Dalam keterangan video juga terlihat, jika komplotan kriminal ini meminta uang senilai Rp 50.000.

Sementara itu, Kapolsek Kalideres Kompol Hasoloan Situmorang mengatakan pihaknya bakal melakukan pendalaman terkait peristiwa pemalakan tersebut.

"Kami cek dulu. Anggota sedang ke lokasi," kata Hasaloan dalam pesan singkat.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra
Life24 April 2024, 10:00 WIB

Menghindari Kontak Mata! 5 Bahasa Tubuh Orang yang Sedang Berbohong

Bahasa tubuh orang yang berbohong terkadang akan menghindari tatapan Mata.
Ilustrasi. Bahasa Tubuh Orang yang Berbohong, Menghindari Tatapan Mata. Sumber: Freepik/freepik.