Sudah 2023, Kapan KA New Image Jalur Ganda Paledang Cicurug Sukabumi Meluncur?

Sabtu 18 Februari 2023, 16:24 WIB
Kapan kereta new image meluncur di jalur Ganda Bogor - Sukabumi tahap 1 Paledang - Cicurug (Sumber: akun instagram BTP Bandung)

Kapan kereta new image meluncur di jalur Ganda Bogor - Sukabumi tahap 1 Paledang - Cicurug (Sumber: akun instagram BTP Bandung)

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Perhubungan mengabarkan kondisi terkini pembangunan jalur ganda atau double track kereta Bogor - Sukabumi yang menjadi percepatan proyek strategis nasional (PSN) Jawa Selatan. Proyek yang dimulai sejak 2018 ini direncanakan selesai tahun 2023, double track dari Paledang Kota Bogor hingga Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Saat meresmikan kembali beroperasinya KA Pangrango pada 9 April 2022, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri menyebut bahwa meski keseluruhan pengerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi Tahap 1 ruas Bogor Paledang - Cicurug sudah rampung, namun pengoperasiannya akan dilakukan secara bertahap.

Ditegaskan tampilan jalur KA Bogor Paledang - Cicurug sampai Sukabumi hadir kembali dengan kereta new image. Dimana sebentar lagi akan melayani jalur ganda Bogor Paledang - Cicurug.

Baca Juga: Ada Mitos di Balik Munculnya Halo Matahari, Fenomena Langka di Langit Sukabumi

"Per hari ini baru akan dioperasikan satu jalur (single track) terlebih dahulu, baru kemudian menyusul akan dioperasikan secara ganda (double track)," jelas Zulfikri dikutip dari portal Dirjen Perkeretaapian, Kemenhub RI.

Zulfikri menegaskan kini tampilan jalur KA Bogor Paledang - Cicurug sampai Sukabumi hadir kembali dengan kereta new image, yang sebentar lagi akan melayani jalur ganda Bogor Paledang - Cicurug.

Saat itu, ia menjelaskan pengerjaan jalur ganda Bogor-Sukabumi dilakukan sebagai pelaksanaan dari amanah yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2017 tentang Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) Double Track Jawa Selatan. Proyek ini dibagi dalam 6 tahap yang dimulai pada tahun 2018 dan direncanakan selesai seluruhnya pada tahun 2023.

Baca Juga: Longsor di Area Curug Sodong Belum Ditangani, Ini Kata Dispar Sukabumi

Disampaikan panjang keseluruhan lintas yang dibangun dalam proyek jalur ganda Bogor-Sukabumi adalah 57.650 m’sp. Dalam proyek ini, Kemenhub membangun 16 jembatan KA, 15 JPO, 8 overpass, 1 underpass, 1 jembatan integrasi, 6 stasiun, 9 perlintasan, 4 fasilitas pendukung dan 11 fasilitas keselamatan.

Persiapan operasional jalur ganda segmen Kota Bogor Paledang - Cicurug Kabupaten Sukabumi terus dilakukan dan sudah dalam tahap pengujian.

Masih dari portal resmi DJKA Kemenhub RI, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah Jawa bagian Barat, Erni Basri menyebut pihaknya sudah menyelesaikan total pengerjaan pembangunan PSN Double Track, sejauh 26,6 Kilometer Spoor (Kmsp) pada proyek dengan total panjang 57,450 Kmsp itu.

Baca Juga: Universitas Nusa Putra Salurkan Donasi Bencana Gempa Turki

Proyek pengerjaan jalur ganda KA Bogor-Sukabumi dibagi menjadi dua tahap. Pertama, Paledang sampai Cicurug dengan panjang 26,6 Kmsp sementara segmen kedua akan dilanjutkan mulai Cicurug hingga Kota Sukabumi sepanjang 30,2 Kmsp.

Memasuki tahun 2023, Kemenhub akan mengerjakan lanjutan proyek double track dengan fokus revitalisasi stasiun Paledang serta stasiun-stasiun lintas Bogor-Sukabumi. "Sisa pembangunan jalur ganda 30,2 Kmsp dari Cicurug-Sukabumi, kita juga lanjutkan,” kata Erni.

Terbaru, BTP Jawa Barat menginformasikan bahwa saat ini tengah berlangsung pengerjaan pembangunan perlintasan tidak sebidang JPL 12 F di stasiun Maseng Bogor. “Merupakan bagian dari proyek pembangunan jalur ganda lintas Bogor - Sukabumi dengan progres hingga saat 79,42 persen,” tulis admin pada akun mesdos resmi DJKA Kemenhub RI dan BTP Bandung.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi23 Oktober 2024, 22:10 WIB

Banggar DPRD Sukabumi dan Pemda Sepakati RAPBD 2025, Fokus Pembangunan Infrastruktur

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat Badan Anggaran (Banggar) bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2025.
Rapat Badan Anggaran DPRD Kabupaten Sukabumi sepakati RAPBD 2025 | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi23 Oktober 2024, 21:49 WIB

Kecewa, 16 Anggota Walk Out Saat Paripurna Pembentukan AKD DPRD Kota Sukabumi

Sebanyak 16 Anggota DPRD Kota Sukabumi dikabarkan tak kembali saat jeda istirahat sidang paripurna membahas pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) di ruang sidang Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) malam.
Rapat paripurna pembahasan AKD di Gedung DPRD Kota Sukabumi. Selasa (22/10/2024) | Foto : Dok. Sekwan
Inspirasi23 Oktober 2024, 20:53 WIB

Jejak Inspiratif, Sosok Wamen Pendidikan Dr. Fajar Dimata Guru dan Kakak Kelas di YASTI Sukabumi

Kemunculan nama Fajar Riza Ulhaq di jajaran Kabinet Merah Putih menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru dan kakak kelasnya semasa sekolah tingkat menengah di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, Dr. Fajar merupakan alumni MTs YASTI
Dr. Fajar Riza Ulhaq, Wamen Pendidikan RI 2024-2029 (kiri), Haerudin (Guru MTs Yasti Cisaat Sukabumi) | Foto : Sukabumiupdate.com
Musik23 Oktober 2024, 20:00 WIB

Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan

Festival musik yang akan mendatangkan musisi dari K-Hip Hop dan K-R&B yakni NEVAEVA! Festival 2024 secara resmi mengumumkan batal diselenggarakan.
Tinggal Menghitung Hari, NEVAEVA! Festival 2024 Batal Diselenggarakan (Sumber : Instagram/@nevaeva_indonesia)
Jawa Barat23 Oktober 2024, 19:58 WIB

Anggota DPRD Jabar Haji Aka Minta Negara Cari Solusi untuk Masalah Gurandil di Sukabumi

Hal ini lebih khusus disampaikan kepada Dinas ESDM Jabar.
Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yusuf Maulana mengikuti rapat kerja dengan mitra kerja Komisi IV di kantor BAPENDA Kabupaten Garut pada Selasa, 22 Oktober 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi23 Oktober 2024, 19:29 WIB

Hilang Kendali di Tikungan Lalu Tabrak Warung, Pemotor Tewas di Simpenan Sukabumi

Mereka diduga kehilangan kendali sehingga terjatuh ke sebelah kiri jalan.
Lokasi kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa
Food & Travel23 Oktober 2024, 19:00 WIB

5 Makanan Khas Kota Tangerang yang Unik dan Menggugah Selera

Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba.
Tangerang memiliki segudang kuliner khas yang menggugah selera dan wajib dicoba. (Sumber : Instagram/@laksatangerangcikimhua/@sumsum_pisangmas).
Entertainment23 Oktober 2024, 18:30 WIB

NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap

Kabar bahagia datang dari NCT DREAM yang akan comeback dengan merilis album terbaru bertajuk DREAMSCAPE pada 11 November 2024. Renjun akan berpartisipasi usai hiatus.
NCT DREAM Bakal Merilis Album Baru Bulan Dengan Formasi Lengkap (Sumber : Instagram/@nct_dream)
Life23 Oktober 2024, 18:00 WIB

Kumpulan Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki dan Perempuan, Yuk Amalkan

Berdoa meminta jodoh terbaik merupakan salah satu bentuk ikhtiar seorang hamba kepada Allah SWT.
Meminta jodoh yang terbaik adalah bentuk usaha untuk mendapatkan pasangan hidup yang bisa membimbing kita dalam menjalankan ibadah dan meraih ridho Allah. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi23 Oktober 2024, 17:53 WIB

Satu Tewas! Pemotor Satria Kecelakaan Tunggal di Jalan Simpenan Sukabumi

Kecelakaan melibatkan pengendara dan penumpang sepeda motor Satria F 150.
Sepeda motor Satria F 150 yang kecelakaan tunggal di Jalan Cigaru-Kiara Dua, tepatnya di kawasan perkebunan Teh Cigaru, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Rabu (23/10/2024). | Foto: Istimewa