Begal Dalam Hukum Pidana Indonesia, Korban Bisa Jadi Tersangka?

Rabu 14 Desember 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi Pelaku Kejahatan Begal | Foti : Freepik

Ilustrasi Pelaku Kejahatan Begal | Foti : Freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Kata begal adalah istilah kejahatan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Dugaan pembegalan juga pernah terjadi di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, dikutip dari sukabumiupdate.com. Kejahatan begal tersebut berupa aksi pencurian sepeda motor dengan kekerasan pada Jumat dini hari sekira pukul 03.00 WIB, 2 Desember 2022.

Korban pembegalan diketahui adalah pemuda bernama Raka Saputra (18 tahun), warga Kelurahan Cipanengah, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi.

Baca Juga: Begal Motor di Sukaraja Sukabumi! Korban Ditendang dan Diacungi Sajam

Terbaru, meski bukan di Sukabumi, dilaporkan kondisi terkini tiga orang pelaku kejahatan di Cilincing, Jakarta Utara yang merupakan pelaku begal handphone warga dengan celurit. Pelaku begal yang masih dibawah umur itu kemudian diamuk warga mulai dari dipukul pakai kursi plastik hingga dihajar menggunakan gesper.

Kata begal disebutkan sebagai penyamun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sementara, penyamun sendiri adalah orang yang menyamun, perampok atau perampas.

Baca Juga: Begal Handphone, Kondisi Terkini 3 Pemuda yang Dihajar Kursi Hijau Hingga Hancur

Definisi tersebut ditulis oleh Muhammad Syafik pada tahun 2017 dalam penelitiannya yang berjudul "Faktor-Faktor Terjadinya Kejahatan Begal dan Upaya Penanggulangannya di Daerah Istimewa Yogyakarta".

Syafik (2017) menyebutkan kejahatan begal adalah kegiatan merampok atau mencuri disertai aksi kekerasan oleh seseorang kepada korban. Kejahatan begal dikategorikan sebagai jenis kejahatan terhadap harta benda, tertuang dalam buku ke III Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), termasuk jenis Pencurian disertai dengan Kekerasan, Pasal 365.

Baca Juga: Luka Tusuk Sekujur Tubuh, Pria Korban Begal di Cisolok Sukabumi Bernama Ajudin

Berdasarkan konstruksi umum aspek hukum terkait, begal adalah pencurian. Ada 6 Pasal dalam KUHP tentang Pencurian mulai dari Pasal 362 sampai Pasal 367. Pasal 362 sebagai dasar pencurian berarti mengambil barang milik orang lain baik sebagian maupun seluruhnya untuk dimiliki sendiri atau orang lain dengan cara melawan hukum.

Sementara khusus untuk kejahatan penyamun, Pasal 365 KUHP kemudian memberikan batasan pendekatan atas ”begal” dari pencurian. Hal ini karena sebelum pembegalan dilakukan, para begal biasanya memberikan tindak kekerasan atau ancaman terhadap korban dengan tujuan mempermudah proses pencurian.

Baca Juga: Modus Mau Pipis, Korban Begal di Cisolok Sukabumi Tukang Ojek Kidang Kencana

Pasal 365 turut menyebutkan sanksi atas para begal yakni pidana penjara maksimal sampai 15 tahun.

Tepatnya, pasal 365 ayat (2) menyatakan ancaman pidana 12 tahun jika pembegalan dilakukan oleh dua orang atau lebih dan mengakibatkan luka-luka berat. Kemudian, pasal 365 ayat (3) menyebut pelaku diancam pidana penjara 15 tahun jika pembegalan mengakibatkan korban meninggal dunia.

Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) juga menegaskan jika kejahatan begal disertai pemerkosaan terhadap korban maka hukuman akan diikuti dengan ancaman pemerkosaan. Diatur dalam tindak pidana pemerkosaan, Pasal 285 KUHP yang berbunyi:

"Barangsiapa dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa perempuan yang bukan isterinya bersetubuh dengan dia, dihukum, karena memperkosa, dengan hukuman penjara selama-lamanya dua belas tahun."

Baca Juga: Benarkah Wisatawan Asing Protes Soal Soal Larangan Kumpul Kebo di KUHP Baru?

Lantas, Bagaimana Aspek Hukum Jika Korban Begal Melawan hingga Pelaku Tak Bernyawa?

Jawaban pertanyaan tersebut mengacu pada Telaah Hukum, ditulis oleh Dosen Hukum dan Peneliti, Lembaga Pengembangan Wilayah Nusa Tenggara Barat dalam situs lpwntb.or.id.

Telaah Hukum "Begal Dibunuh-Korban Jadi Tersangka" menyinggung soal prinsip non scripta sed nata lex, yakni tidak selayaknya orang yang melakukan pembelaan terpaksa dijatuhi pidana.

Hal tersebut diatur berdasarkan Pasal 48 dan Pasal 49 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

Pasal 48 berbunyi “Barangsiapa melakukan perbuatan karena pengaruh daya paksa, tidak dipidana.".

Baca Juga: Pemerintah Soal Kertas Protes KUHP di Motor Pelaku Bom Bunuh Diri di Bandung

Kemudian Pasal 49 terdapat dua ayat yang harus diperhatikan.

Ayat (1), yaitu Barangsiapa terpaksa melakukan perbuatan untuk pembelaan, karena ada serangan atau ancaman serangan ketika itu yang melawan hukum, terhadap diri sendiri maupun orang lain; terhadap kehormatan kesusilaan (eerbaarheid) atau harta benda sendiri maupun orang lain, tidak dipidana.

Ayat (2), yaitu Pembelaan terpaksa yang melampaui batas, yang langsung disebabkan oleh kegoncangan jiwa yang hebat karena serangan atau ancaman serangan itu, tidak dipidana.

Secara teoritis, Peneliti Lembaga Pengembangan Wilayah NTB menegaskan bahwa Pasal 48 merupakan terjemahan dari Daya Paksa (overmacht) dan Pasal 49 merujuk pada konsep Pembelaan Terpaksa (noodweer).

Ketentuan Pasal 48, tidak menjelaskan lebih lanjut apa yang dimaksud dengan daya paksa dan dalam keadaan apa unsur daya paksa dapat diterapkan dalam fakta, sama halnya dengan Pasal 49 tentang pembelaan terpaksa.

Sehingga, yang menjadi sorotan adalah tidak ada uraian lebih lanjut indikator atau garis batas ketentuan Pasal 48 dan Pasal 49.

Baca Juga: Ledakan Bom di Polsek Anstana Anyar: Potongan Tubuh dan Motor Bertuliskan Protes KUHP

Namun demikian dalam rangka menjangkau makna Pasal 48 dan Pasal 49, perhatian dapat difokuskan pada tinjauan teoritis dan penjelasan Memorie van Toelichting (penjelasan KUHP).

Daya paksa (Pasal 48), dapat digariskan sebagai perbuatan yang dilakukan karena pengaruh atau tekanan dari luar, sehingga fungsi batin tidak dapat bekerja secara normal.

Sedangkan pembelaan terpaksa Pasal 49 ayat (1), justru harus berupa pembelaan, dengan ada hal-hal memaksa terlebih dahulu harus sebelum perbuatan, seperti serangan ataupun ancaman serangan.

Kemudian, kondisi lain yang diatur dalam Pasal 49 ayat (2) meliputi reaksi keterlaluan dari pembelaan terpaksa, pembelaan tidak seimbang dengan serangan dan ada tekanan tidak normal akibat guncangan jiwa misalnya seperti rasa takut, bingung dan marah.

Selanjutnya, kategori daya paksa yang selanjutnya disebut overmacht, harus memenuhi tiga peristiwa pokok, diantaranya pemaksaan fisik, psikis dan keadaan pertentangan kewajiban hukum.

Sementara kategori pembelaan terpaksa perlu memperhatikan unsur serangan yang bersifat melawan hukum, bahaya yang berdampak langsung bagi tubuh, kehormatan atau benda milik sendiri atau orang lain, dan keperluan untuk meniadakan bahaya serta tidak ada cara lain.

Baca Juga: AJI Bandung Hari Ini: 17 Menit Diam Menolak 17 Pasal Bermasalah di RKUHP

Oleh karena pembentuk undang-undang tidak menjelaskan lebih detail tentang daya paksa (overmacht) dan pembelaan terpaksa (noodweer) yang dianggap telah terjadi, maka penentuan kasus diserahkan kepada hakim sepenuhnya.

Berdasarkan hal tersebut, jika korban begal Melawan hingga Pelaku Tak Bernyawa maka Korban belum tentu dinyatakan sebagai tersangka. Namun perlu ditinjau jenis pembelaan masuk kategori daya paksa atau pembelaan terpaksa.

Peran Aparat menjadi penting dan dibutuhkan dalam penyidikan kasus untuk mengungkap fakta kejahatan, baik sisi penegakan hukum di Indonesia.

Sumber : lpwntb.or.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin