bankbjb

Polri Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ada Dirut PT LIB

Kamis 6 Okt 2022, 21:06 WIB
Polri Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ada Dirut PT LIB

SUKABUMIUPDATE.com - Polri resmi menetapkan enam tersangka dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Peristiwa itu kekinian menewaskan 131 orang. Penetapan tersangka diumumkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai tim investigasi bentukan Polri melakukan serangkaian penyidikan.

"Ada enam tersangka," ujar Kapolri dalam gelar konferensi pers di Mapolres Malang Kota, Kamis (6/10/2022) malam.

Mengutip suara.com, keenam tersangka itu adalah AHL selaku Dirut PT LIB (Liga Indonesia Baru), AH selaku panpel, SS selaku security officer. Kemudian ada Kompol WS selaku Kabag Ops Polres Malang, AKP H selaku Deputi 3 Danyon Brimob Polda Jatim, dan AKP BSA selaku Kasat Samapta Polres Malang.

Kapolri menjelaskan tim investigasi telah memeriksa sebanyak 48 saksi. Dari jumlah itu, di antaranya sebanyak 31 personel Polri.

Berdasarkan data terkini, jumlah korban luka hingga meninggal dunia akibat tragedi Kanjuruhan mencapai 574 orang. Sebanyak 131 korban meninggal dunia. Dari data tersebut, ada 377 korban luka sudah dipulangkan dan masih ada 66 orang yang dirawat. Para korban luka dirawat di 25 rumah sakit yang berada di Malang Raya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang. Dalam Keppres 19/2022 itu, presiden memberikan TGIPF sejumlah tugas untuk mengungkap Tragedi Kanjuruhan.

Tugasnya mencari, menemukan, dan mengungkap fakta dengan didukung data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan pada peristiwa Stadion Kanjuruhan Malang. Kemudian melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan pertandingan sepak bola antara tim Arema yang berhadapan dengan tim Persebaya.

"Termasuk prosedur pengamanan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan, sebagai panduan agar tidak terjadi peristiwa serupa pada pertandingan sepak bola yang lain," demikian yang tertera dalam Keppres 19/2022.

SUMBER: SUARA.COM


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini