bankbjb

Jangan Gampang Percaya Bengkel, Simak Tips Mendeteksi Oli Asli dan Palsu

Administrator
Penulis
Selasa 4 Okt 2022, 17:00 WIB
Jangan Gampang Percaya Bengkel, Simak Tips Mendeteksi Oli Asli dan Palsu

SUKABUMIUPDATE.com - Oli atau pelumas merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kendaraan. Oli juga mempunyai fungsi lainnya seperti untuk pelindung komponen dan pendingin supaya mesin tidak overheat serta tetap awet.

Dikutip dari Suara.com, tetapi pemalsuan produk oli kini di dalam negeri sudah marak sekali, oli yang palsu bisa didapatkan dengan mudah dan dijual bebas.

Orang-orang yang tidak tahu bisa saja tertipu dengan kemasan oli yang hampir mirip dengan aslinya. Oli palsu bisa berpotensi merusak kendaraan dan menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga :

Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mengambil untung dari pemalsuan. Meski di lain pihak dampaknya sangat buruk bagi performa kendaraan, karena kualitas yang diberikan tidak sesuai dengan oli asli dari pabrikan.

Menjawab kekhawatiran konsumen berkaitan dengan maraknya oli palsu ini, Pertamina Lubricants punya jurus sendiri untuk mengamankan produknya dari pemalsuan yang merugikan konsumen.

Area Sales Supervisor Retail Region 3 PT Pertamina Lubricants, Dian Hardiana mengatakan, sebagian besar oli yang dipalsukan adalah jenis oli yang laris di pasaran. 

Ia mencontohkan di Pertamina Lubricants, Oli Enduro untuk motor dan Oli Prima XP untuk mobil yang sering menjadi korban.

"Jadi kami punya trik sendiri. Kami sarankan pada konsumen agar jangan tergiur dengan oli berharga murah. Jadi pastikan beli oli di bengkel yang memang sudah recommended," kata Dian saat diskusi bareng komunitas motor di Black Stone Garage, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dian menambahkan konsumen juga harus jeli dengan tampilan oli. Biasanya oli palsu secara tampilan fisik lebih menarik dan bagus dari oli aslinya. Padahal secara kualitas belum tentu sebagus kemasannya.


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini