LC 300 Hadir di Selamat Toyota Sukabumi, Inilah Sejarah Panjang Land Cruiser

Rabu 09 Maret 2022, 16:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Toyota Land Cruiser LC 300 menjadi seri terbaru dari mobil off-road andalan Toyota ini kini telah hadir dan sudah bisa dipesan para pecinta Land Cruiser di dealer Selamat Toyota Sukabumi. Memiliki desain bongsor dan mewah menjadikan mobil ini tampil gagah serta elegan.

Land Cruiser sendiri bukanlah produk baru yang dikeluarkan Toyota, Mobil jenis ini memiliki sejarah cukup panjang di Indonesia dan dikenal sebagai mobil para pejabat karena Land Cruiser memang banyak digunakan sebagai kendaraan dinas pejabat atau koleksi kendaraan orang-orang kalangan atas.

Lalu seperti apa awal mula Land Cruiser ini masuk ke Indonesia hingga digunakan sebagai mobil militer dan pejabat tinggi negara? Berikut ulasannya melansir dari berbagai sumber.

Baca Juga :

Sejarah Singkat Toyota Land Cruiser

photo(Ilustrasi) Toyota Land Cruiser lawas - (via caranddriver.com)</span

Pada tahun 1950 an, Toyota terpilih sebagai perusahaan otomotif yang diminta untuk menyediakan truk militer berpenggerak 4WD untuk memenuhi kebutuhan kendaraan militer Amerika Serikat yang waktu itu sedang terlibat perang Korea..

Toyota lalu merancang sebuah kendaraan dan dinamai dengan Jeep BJ yang akan menjadi cikal bakal Land Cruiser.

Kendaraan ini merupakan sebuah sasis truk dengan bobot satu ton yang dilengkapi mesin bensin 3.386 cc enam silinder berbahan bakar bensin.

Kemudian Ichiro Taira menjadi test driver dan menjajal mobil prototipe yang berupa truk ini menuju enam sampai sepuluh cek poin di Gunung Fuji, Jepang setinggi kurang lebih 3.775 m.

Waktu itu banyak yang meragukan kemampuan prototipe mobil sederhana dengan penggerak 4 roda itu.

Namun, kendaraan tersebut sukses menaklukkan Gunung Fuji dan menepis semua keraguan hingga namanya tenar ke seluruh dunia.

Toyota lalu mengubah nama BJ menjadi Toyota Land Cruiser pada 1954 lantaran Willys Overland selaku produsen Jeep menuntut Toyota karena juga memakai nama 'Jeep' untuk seri BJ tersebut.

Nama Land Cruiser diberikan oleh Direktur Teknologi Toyota Hanji Umehara pada bulan Juni 1954.

Seri Toyota Land Cruiser dari Awal Hingga Kini

Selama lebih dari 70 tahun sejak prototipe awal Toyota Land Cruiser dibuat hingga sekarang, sudah banyak seri yang lahir dari mobil jenis ini. Berikut perkembangan Toyota Land Cruiser dari masa ke masa menurut laman Tunas Toyota.

Land Cruiser Seri 20-30

photo(Ilustrasi) Toyota Land Cruiser seri 20 - (via expeditionportal.com)</span

Tahun 1955 diluncurkan Toyota Land Cruiser series 20 yang ditujukan untuk kebutuhan pemerintah. Namun karena performa yang dimilikinya menjadikan banyak orang tertarik untuk memilikinya.

Dan akhirnya Toyota melakukan penyesuaian dab pengambangan untuk kebutuhan masyarakat seperti melapangkan kabin Interior serta perubahan pada rangka kendaraan.

Selanjutnya pada 1960, Toyota meluncurkan series 30 yang membawa beberapa perubahan signifikan pada lekukan dan bentuk body mobil hingga terlihat lebih maskulin.

Land Cruiser Seri FJ40

photo(Ilustrasi) Land Cruiser seri 40 - (Pixabay ddzphoto)</span

Total penjualan Land Cruiser di seluruh dunia mencapai yang tujuh juta unit. Hal ini menjadikan Toyota terus mengembangkan Land Cruiser hingga lahirlah seri 40.

Seri ini hadir membawa teknologi canggih di jamannya dengan dilengkapi fitur-fitur baru seperti mede berkendara.

Fitur ini menjadi salah satu daya tarik bagi masyarakat. Mode berkendara sendiri meliputi mode full, Economy dan Moderate yang memiliki fungsi berbeda pada transmisinya yang mampu menyesuaikan dengan medan jalan yang dilewati.

Seri ini di Indonesia lebih dikenal dengan nama ‘Hardtop’. Pemerintah Indonesia awalnya mengimpor mobil ini untuk kendaraan operasional Tentara Nasional Indonesia. 

Kemudian digunakan oleh resimen Tjakrabirawa yang bertugas khusus menjaga keamanan Presiden RI pada zaman pemerintahan Presiden Ir.Soekarno.

Pasukan ini sekarang lebih dikenal dengan nama Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Nama Hardtop sendiri berawal dari PT Gaya Motor pada tahun 1970 merakit secara lokal Land Cruiser seri 40 ini dan memproduksi tipe atap keras (hard top) bukan kanvas atau soft top seperti biasanya.

Toyota Land Cruiser Seri 40 ini memiliki beberapa varian seperti Hardtop, Canvas Top dengan short dan medium wheelbase, kemudian ada model pick-up dengan short dan long wheelbase, model Station Wagon, serta Troopcarrier.

Namun untuk Land Cruiser yang diproduksi di Indonesia hanya ada model Hardtop tiga pintu. Sementara model lain seperti Canvas Top lebih banyak digunakan untuk kepentingan kendaraan militer.

Itulah awal mula kenapa masyarakat Indonesia lebih mengenal mobil ini denagn nama Toyota Hardtop.

Toyota FJ40 sendiri memiliki tampilan yang kekar, macho serta maskulin sehingga mampu mendongkrak rasa percaya diri orang yang mengendarainya.

Tahun 1984 menjadi tahun terakhir seri 40 ini diproduksi. Namun, mobil ini masih banyak beredar, dikoleksi oleh masyarakat.

Land Cruiser Seri 80

photo(Ilustrasi) Land Cruiser seri 80 - (via z-mainframe.com)</span

Perubahan besar terjadi pada seri Land Cruiser 80 yang di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan VX.

Pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show tahun 1989 yang merupakan penerus dari Seri 60 produksi tahun 1980-1989.

Perubahan yang terjadi dari Toyota Land Cruiser Seri 60 ke 80 sangat drastis seiring keinginan Toyota untuk menjadikan mobil Land Cruiser Seri 80 sebagai mobil offroad yang fashionable, mewah, serta nyaman saat dikendarai.

Per daun yang menjadi andalan seri 40 pun ditinggalkan dan digantikan dengan suspensi per keong (coil spring) di depan dan belakang.

Selain itu, generasi ini juga memakai gardan rigid dengan tujuan supaya lebih nyaman dikendarai tanpa mengorbankan kemampuan off-roadnya.

Land Cruiser seri 80 berhasil memikat para penggemar mobil SUV di seluruh dunia berkat ketangguhan dan performanya di segala medan. Karena dengan desainnya yang mewah menjadikan mobil ini juga cocok dikendarai di dalam kota untuk kegiatan harian.

Land Cruiser Seri 100 dan 200

photo(Ilustrasi) Land Cruiser seri 200 - (Istimewa)</span

Tahun 2000 an Land Cruiser Seri 100 pun muncul dan dilanjutkan dengan Seri 200. Kedua seri ini memiliki kesan kuat sebagai SUV mewah yang memiliki beragam fitur offroad modern sehingga tetap memiliki DNA Land Cruiser yang tangguh. 

Ketangguhan Toyota Land Cruiser saat melahap medan berat terbukti dengan banyaknya model Land Cruiser yang digunakan untuk kepentingan militer.

Bahkan Toyota Land Cruiser Seri 200 masuk dalam jajaran mobil kepresidenan Republik Indonesia untuk digunakan mengunjungi wilayah yang masih cukup sulit untuk dilalui kendaraan jenis sedan.

Land Cruiser Seri 300

photoToyota Land Cruiser LC300 terbaru mejeng di Dealer Selamat Toyota Sukabumi. - (Dok. Sukabumiupdate.com)</span

Dan yang terbaru saat ini kembali hadir Land Cruiser seri 300 yang dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru namun tetap mempertahankan ketangguhannya sebagai kendaraan offroad.

Land Cruiser terbaru ini mengadopsi mesin V6D-turbo yang telah dikembangkan. Mesin dengan kode F33A-FTV ini memiliki kubikasi 3.346 cc yang diklaim mampu mengurangi konsumsi bahan bakar.

Mesin ini mampu menghasilkan daya 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi puncak 700 Nm pada 1.600 – 2.600 rpm. Performa mesin ini didukung oleh transmisi 10-speed Direct Shift-10AT yang dapat menyalurkan tenaga dari mesin ke roda lebih efektif dan efisien pada berbagai kondisi berkendara.

Kemudian tiga suspensi sudah menggunakan double wishbone dilengkapi dengan AVS (Adaptive Variable Suspension) dan E-KDSS (Electronic Kinetic Dynamic Suspension System) yang mengatur pergerakan stabiliser secara independen, agar pengemudi mendapatkan kenyamanan level tertinggi.

All New Land Cruiser ini juga sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense (TSS). TSS merupakan fitur safety canggih yang mulai disematkan pada beberapa model Toyota di Indonesia.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Perusahaan Pers Bisa Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 19:00 WIB

9 Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres

Dengan mengimplementasikan beberapa strategi ini, Updaters dapat membangun sikap yang lebih cuek terhadap beban hidup dan mengelola stres dengan lebih efektif.
Ilustrasi. Bersikap Dingin. Cara Bersikap Cuek Agar Beban Hidup Tidak Membuat Pikiran Stres (Sumber : Freepik.com /@peoplecreations)
Sukabumi16 Mei 2024, 18:54 WIB

Bahagianya Petani Simpenan Sukabumi Dapat Bantuan Tandon Air, Setahun Jadi Bisa 2 Kali Panen

Gandeng TNI, PLTU Palabuhanratu bangun tandon air bagi petani di Simpenan Sukabumi.
Tandon air yang berlokasi di kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat16 Mei 2024, 18:30 WIB

8 Gerakan Yoga Asana untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Bisa Dilakukan Dirumah!

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke jika tidak ditangani. Namun, Anda dapat juga mengelolanya dengan lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikan kolesterol.
Ilustrasi Yoga - Kolesterol tinggi dapat dikelola lebih baik dengan melakukan asana yoga ini untuk mengendalikannya. (Sumber : pexels.com/@Elina Fairytale)
Sehat16 Mei 2024, 18:15 WIB

Apa Hubungan Diabetes & Darah Tinggi? Ini 3 Penyakit yang Disebabkannya

Salah satu penyakit yang menyumbang banyak angka kematian adalah diabetes dan darah tinggi. Sebab, kedua penyakit ini berkesinambungan satu sama lain sehingga perlu perhatian khusus agar tidak menimbulkan penyakit komplikasi
Waspada dengan komplikasi antara diabetes dan tekanan darah tinggi, kesehatan bisa buruk. (Sumber : freepik.com/@pikselmentah.com)
Life16 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan, Yuk Umat Muslim Amalkan

Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.
Berdoa mohon perlindungan dan keselamatan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.| Sumber: Freepik.com (wayhomestudio)
Sukabumi16 Mei 2024, 17:51 WIB

Dinilai Hina Profesi Guru, Akun Facebook di Sukabumi Dipolisikan PGRI

PGRI Kabupaten Sukabumi melaporkan akun facebook yang dinilai hina profesi guru dan dikaitkan dengan kecelakaan bus SMK di Subang.
PGRI Kabupaten Sukabumi laporkan akun facebook Atep Romli yang dinilai hina profesi guru. (Sumber : Istimewa)