Mudik Lebaran Pake Mobil Pribadi? Ini 9 Hal yang Harus Disiapkan

Selasa 19 Maret 2024, 17:15 WIB
Ilustrasi - Berikut ini beberapa persiapan mudik lebaran menggunakan mobil pribadi agar lancar di perjalanan (Sumber : Freepik/DC Studio)

Ilustrasi - Berikut ini beberapa persiapan mudik lebaran menggunakan mobil pribadi agar lancar di perjalanan (Sumber : Freepik/DC Studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Mudik lebaran menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu banyak orang menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di momen ini banyak orang yang akan pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Tak jarang, saat mudik seseorang melakukan perjalanan panjang hingga berjam-jam dalam kendaraan.

Karena itu, persiapan untuk melakukan perjalanan jauh dengan mobil sangat penting untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

Baca Juga: Lakukan Test Drive! Ini 7 Tips Membeli Mobil Bekas yang Berkualitas

1. Perawatan Mobil

Pastikan mobil Anda telah menjalani servis rutin dan semua perawatan yang diperlukan telah dilakukan. Periksa oli mesin, pendingin mesin, sistem pendingin, dan sistem lainnya untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Periksa juga ban, termasuk tekanan udara, keausan, dan ada tidaknya benda asing yang menempel pada ban.

2. Packing

Pilih barang yang akan Anda bawa dengan bijak. Hindari membawa barang-barang yang tidak perlu untuk menghindari kelebihan beban yang tidak perlu. Pastikan semua barang bawaan ditempatkan secara aman di dalam mobil dan tidak menghalangi pandangan Anda saat mengemudi.

3. Peta dan Navigasi

Periksa rute perjalanan Anda sebelumnya dan pastikan Anda memiliki peta atau GPS yang dapat diandalkan. Perhatikan jalur alternatif jika terjadi kemacetan atau penutupan jalan.

Baca Juga: Sering Pakai Selimut Anti Air? Ini 7 Kebiasaan yang Membuat Cat Mobil Cepat Rusak

4. Kemampuan Mengemudi

Pastikan Anda cukup istirahat sebelum memulai perjalanan. Mengemudi dalam keadaan lelah dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Jika Anda akan melakukan perjalanan dalam jarak yang panjang, pertimbangkan untuk berbagi tugas dengan rekan perjalanan Anda.

5. Persiapan Darurat

Siapkan kotak P3K, alat pemadam kebakaran, serta alat-alat darurat lainnya di dalam mobil. Pastikan Anda memiliki nomor darurat yang penting seperti nomor polisi, nomor bengkel darurat, dan nomor asuransi kendaraan yang mudah diakses.

6. Pengisian Bahan Bakar

Pastikan tangki bahan bakar penuh sebelum memulai perjalanan jauh. Catat lokasi stasiun pengisian bahan bakar yang mungkin Anda butuhkan sepanjang perjalanan.

Baca Juga: 4 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Velg Kaleng Pada Mobil

7. Perjalanan dengan Anak-Anak

Pastikan kursi pengaman anak telah terpasang dengan benar dan cocok untuk usia dan berat anak Anda. Bawa barang-barang hiburan atau permainan untuk menghibur anak-anak selama perjalanan.

8. Istirahat dan Rekreasi

Jadwalkan istirahat setiap beberapa jam untuk memberi kesempatan kepada pengemudi untuk beristirahat dan meregangkan kaki. Cari tahu tempat-tempat rekreasi atau rest area yang menarik di sepanjang rute Anda untuk membuat perjalanan lebih menyenangkan.

9. Perhatikan Cuaca

Periksa perkiraan cuaca sebelum memulai perjalanan Anda dan siapkan diri Anda dengan perlengkapan yang sesuai jika Anda menghadapi kondisi cuaca ekstrem.

Dengan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mobil, Anda dapat meningkatkan keselamatan, kenyamanan, dan kepuasan selama perjalanan Anda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi12 Juli 2024, 23:56 WIB

Diduga Pakai Sianida, Pengolahan Emas di Bojong Pari Sukabumi Picu Kekhawatiran Warga

Sungai pun turut tercemar, aktivitas pengolahan emas di Bojong Pari Waluran Sukabumi tersebut hingga saat ini kata warga belum tersentuh oleh penegak hukum.
Tong tempat pengolahan emas di Kampung Bojong Pari, Desa Waluran Mandiri, Waluran Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)