TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Picu Gempa Guncang Sukabumi, Sesar Cimandiri Aktif dan Tertua di Jawa Barat

Gempa M4.0 Guncang Sukabumi pada Selasa (28/2/2023) dipicu aktivitas Sesar Cimandiri.

Penulis
Rabu 1 Mar 2023, 10:45 WIB

Picu Gempa Guncang Sukabumi, Sesar Cimandiri Aktif dan Tertua di Jawa Barat (Sumber : Dok/SU)

SUKABUMIUPDATE.com - Sesar Cimandiri kembali berulah mengakibatkan guncangan, tepatnya Gempa Sukabumi dengan kekuatan M4.0 dengan kedalaman 3 kilometer pada Selasa (28/2/2023) malam.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono menyatakan dalam rilisnya soal Gempa Sukabumi yang dipicu Aktivitas Sesar Cimandiri ini. Hal ini didasarkan pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya sehingga Gempa Guncang Sukabumi termasuk jenis Gempa Bumi Dangkal.

Sebelumnya diketahui, Gempa Guncang Sukabumi pada Selasa (28/2/2023) dirasakan di wilayah Kota Sukabumi, Palabuhanratu dengan Skala Intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian di wilayah Bogor, Lebak dan Bayah dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Baca Juga: Peristiwa Bersejarah di Bulan Maret: Supersemar hingga Bandung Lautan Api

Berdasarkan pemutakhiran data BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 7.03 lintang selatan dan 106.64 bujur timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Episenter tersebut menunjukkan titik gempa berada di wilayah Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Mengutip catatan redaksi sukabumiupdate.com sebelumnya, Jawa Barat memiliki enam sesar aktif mulai dari Sesar Cimandiri, Cipamingkis, Citarik, Baribis, Garsela dan Lembang.

Untuk diketahui, Wilayah Sukabumi memiliki dua sumber gempa tektonik yang berasal dari patahan lokal, yaitu Sesar Cimandiri dan Sesar Cipamingkis. Adapun informasi terbaru, Sesar Cimandiri adalah pemicu Gempa 4.0 Sukabumi pada Selasa (28/2/2023) malam kemarin. Berikut ulasannya:

Sesar Cimandiri, Sesar Aktif dan Tertua di Jawa Barat

Sesar Cimandiri, menurut studi BMKG, merupakan satu dari enam struktur regional yang masih aktif di Jawa Barat. BMKG menyebut Sesar Cimandiri adalah yang tertua di Jabar jika dibandingkan dengan lima sesar lainnya.


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini