3 Fakta Mobil Listrik Esemka Bima, Dikabarkan CBU Langsung dari China

Selasa 21 Februari 2023, 17:15 WIB
Mobil listrik Esemka Bima yang diperkenalkan di IIMS 2023 kembali menjadi perbincangan beberapa hari terakhir | Foto: Instagram/@esemkaindonesia

Mobil listrik Esemka Bima yang diperkenalkan di IIMS 2023 kembali menjadi perbincangan beberapa hari terakhir | Foto: Instagram/@esemkaindonesia

SUKABUMIUPDATE.com - Mobil listrik Esemka Bima beberapa hari ke belakang sedang hangat diperbincangkan setelah resmi diperkenalkan di pameran otomotif International Motor Show (IIMS) 2023.

Namun, mobil listrik Esemka Bima diisukan merupakan kendaraan buatan China. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena Esemka Bima meiliki kemiripan desain dengan Changan Star Truck yang diproduksi di Cina.

Mobil listrik Esemka Bima pertama kali diperlihatkan di ajang IIMS 2023 yang digelar mulai tanggal 16 hingga 26 Februari 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Lalu, apakah kabar mengenai Esemka Bima merupakan mobil listrik CBU dari Cina itu benar?

Baca Juga: Bukan Neta, Esemka Perkenalkan Mobil Listrik Bima di IIMS 2023, Cek Spesifikasinya

Mengutip dari Suara.com, menanggapi kabar yang beredar, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai bahwa fakta mobil Esemka diimpor dari China telah melukai optimisme masyarakat Indonesia yang selama ini yakin dengan mobil buatan dalam negeri.

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto diketahui telah meminta pihak istana memberikan klarifikasi menyusul tersebarnya kabar kalau mobil Esemka ternyata buatan China.

Presiden Joko Widodo diharapkan dapat segera memberikan penjelasan tentang status pembuat mobil Esemka itu yang sebelumnya digadang-gadang sebagai mobil nasional buatan anak bangsa.

Daripada semakin penasaran, langsung saja simak 3 fakta mobil Esemka Bima yang telah dirangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

Baca Juga: 7 Sepeda Listrik Ramah Lingkungan yang Berkualitas, Cek Spesifikasi dan Harganya!

1. Mobil Esemka Bima Diperkenalkan di IIMS 2023

PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) mengenalkan kembali mobil barunya, setelah cukup lama hilang dari peradaban. Mobil Esemka langsung mejeng di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada tanggal 16-26 Februari 2023.

Esemka sendiri memamerkan dua produk jenis kendaraan listrik, yaitu Esemka Bima EV, yang terdiri atas varian cargo van dan passenger van.

Presiden Direktur Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengatakan bahwa pengenalan mobil listrik di IIMS itu diharapkan bisa berkontribusi dalam mempercepat proses peralihan dari mobil konvensional (mesin pembakaran internal/internal combustion engine), menuju kendaaran listrik (electric vehicle/EV) yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Vespa Matik Bekas Mulai Rp 20 Jutaan, Cek Daftar Harganya di Sini

2. Diimpor dari China dalam Bentuk CBU

Mobil Esemka Bima ternyata diimpor dalam bentuk completely built up (CBU) langsung dari China. Direktur Utama Esemka, Eddy Wirajaya menyampaikan bahwa sementara ini memang masih diimpor dari China, tapi di masa depan bukan tidak mungkin akan diproduksi sendiri di Tanah Air.

3. Spesifikasi Esemka Bima

Diketahui, PT Solo Manufaktur Kreasi telah memamerkan dua varian Esemka Bima EV yang memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm.

Bima EV Passenger Van diklaim mampu menampung hingga 11 penumpang, sedangkan Bima EV Cargo VAN memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Kedua jenis mobil ini dilengkapi juga dengan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018.

Motor listrik ini juga mampu menghasilkan daya maksimal 75 kW dan torsi maksimal 165 Nm, di mana tenaga ini disalurkan melalui motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi 1st reduce gear. Selain itu, Bima EV juga dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Motor Listrik Charged Maleo, Harganya Hanya Rp24 Juta

Untuk baterainya dapat diisi daya dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam dan slow charge (AC) sampai dengan 8 jam. Baterai bisa digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya.

Sedangkan untuk harganya, Esemka Cargo Van dibanderol Rp 530 juta sedangkan versi Passenger Van Rp 540 juta. Harga ini diklaim jauh lebih murah jika dibandingkan dengan mobil listrik lain yang ada di Indonesia.

Itulah 3 fakta mobil Esemka Bima yang ternyata bukan buatan asli Indonesia, melainkan diimpor langsung dari China. Bagaimana menurut pendapat Anda?

Sumber: Suara.com/Rishna Maulina Pratama

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)