Merasa Putus Asa dan Kehilangan Harapan? Yuk Atasi dengan 7 Hal Sederhana Ini!

Minggu 09 Juni 2024, 11:45 WIB
Ilustrasi. Cara mengatasi rasa putus asa dan kehilangan dalam hidup dengan melakukan hal sederhana. Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject

Ilustrasi. Cara mengatasi rasa putus asa dan kehilangan dalam hidup dengan melakukan hal sederhana. Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject

SUKABUMIUPDATE.com – Perasaan putus asa bisa datang dari berbagai hal, seperti kesedihan yang mendalam atau masa-masa sulit dalam hidup, yang muncul melalui tanda-tanda seperti tidak ingin melakukan apa pun atau merasa sangat sedih.

Untuk mengetahui mengapa seseorang merasa putus asa dan kehilangan harapan dalam hidup, perlu melihat pikiran dan situasi kehidupan yang dijalani. 

Masalah kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan sering kali menimbulkan perasaan ini. Apabila tetap dibiarkan, maka hal ini akan mengganggu jalannya roda kehidupan. 

Baca Juga: 10 Sikap Sinis Orang Pura-pura Baik Karena Aslinya Tidak Suka dengan Kita

Lantas bagaimana cara mengatasi rasa putus asa dan kehilangan harapan dalam hidup? Yuk, simak uraian berikut seperti dikutip dari laman The Introvert Blog!

1. Berusaha Memecahkan Masalah

Untuk melawan perasaan putus asa, mulailah memecahkan masalah. Menggerakkan tubuh juga dapat membantu mengubah perasaan tersebut.

Buatlah rencana dan tindak lanjuti. Langkah ini mengubah kekhawatiran besar menjadi bagian-bagian kecil yang bisa dikelola. 

Bagilah pekerjaan menjadi beberapa langkah dan mulailah dengan yang termudah terlebih dahulu. Melakukan hal ini dapat membuat rasa putus asa tidak terlalu membebani.

Gunakan pendekatan ini untuk masalah sehari-hari dan tantangan hidup yang lebih besar. Bertindak memberi kendali atas situasi akan menghilangkan perasaan tidak berdaya.

Baca Juga: Resep Simpel Teh Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Mudah Dibuat di Rumah!

2. Bersyukur

Praktekkan rasa syukur setiap hari. Mulailah dengan membuat daftar tiga hal yang disyukuri. Tindakan sederhana ini dapat mengalihkan fokus dari apa yang hilang ke apa yang ada dalam hidup.

Hal ini membantu melawan perasaan putus asa dengan menyoroti aspek-aspek positif yang sering diabaikan.

Berbagi hal dengan teman atau menuliskannya akan memberikan kekuatan dan membuat tantangan tampak lebih mudah dikelola dan meningkatkan kebahagiaan secara keseluruhan.

3. Menggerakkan Tubuh

Setelah merasa bersyukur atas apa yang dimiliki, menggerakkan tubuh adalah cara yang bagus untuk mengubah perasaan batin kita.

Melakukan aktivitas seperti menari, berjalan, atau bahkan melakukan peregangan dapat membantu mengubah pikiran sedih menjadi pikiran yang lebih bahagia. Hal ini tentu bisa membuat pikiran lebih kuat dan lebih penuh harapan dengan menjadi aktif setiap hari.

Baca Juga: 11 Tips Menyembuhkan Asam Urat Tinggi di Rumah dengan Cara Alami

4. Berkumpul Bersama Teman

Untuk melawan keputusasaan dalam jangka panjang, membangun sekelompok teman atau keluarga yang mendukung adalah kuncinya. Melakukan hobi baru juga dapat membantu menemukan kegembiraan dan mengalihkan fokus ke hal-hal yang lebih baik.

Membangun jaringan dukungan berarti menemukan teman atau anggota keluarga terpercaya untuk diajak bicara. Orang-orang ini mendengarkan, menawarkan nasihat, dan memberikan kenyamanan. 

5. Temukan Hobi Baru

Menjelajahi hobi atau minat baru dapat membantu memberi hidup tujuan dan makna, seperti melukis, berkebun, atau mempelajari alat musik dapat memicu kegembiraan dan harapan dalam diri. 

Kegiatan-kegiatan ini memberikan rasa pencapaian dan gangguan dari kekhawatiran sehari-hari.

Berteman dengan minat yang sama dapat semakin meningkatkan rasa keterhubungan Anda. Dengan melakukan hobi baru, maka akan mengisi waktu Anda dengan tugas-tugas menyenangkan dan membangun pertemanan di lingkungan sekitar.

Baca Juga: 5 Penyebab Umum Sakit Perut Saat Hamil yang Sering Dikeluhkan Para Ibu

6. Ubah Mindset

Ubah pikiran yang tidak ada harapan menjadi pikiran yang penuh harapan dengan berfokus pada kemungkinan-kemungkinan yang baik. 

Pikiran terkadang melihat segala sesuatunya lebih buruk daripada yang sebenarnya. Tantang pandangan negatif ini dengan mencari hasil positif.

Membangun kebiasaan melihat hikmah dalam situasi sulit membantu mengubah pandangan seiring waktu. Dengan melakukan ini, bahkan ketika masa-masa sulit, maka bisa melatih otak untuk mencari cahaya dalam kegelapan.

7. Mencintai Diri Sendiri

Salah satu cara penting untuk mengatasi rasa putus asa bisa dengan bersikap baik atau mencintai diri sendiri. Welas asih berarti memperlakukan diri sendiri dengan kebaikan dan pengertian yang sama seperti yang diberikan kepada teman yang kesusahan.

Hal ini melibatkan kesadaran bahwa perasaan sedih terkadang merupakan bagian dari menjadi manusia dan tidak berarti lemah atau cacat. 

Tindakan sederhana yang menunjukkan kebaikan pada diri sendiri dapat berdampak kuat pada cara memandang diri sendiri dan mengatasi tantangan.

Baca Juga: Resep Rebusan Kayu Manis untuk Menurunkan Gula Darah, Cara Buatnya Simpel!

Rasa putus asa bisa berubah dengan tindakan yang tepat dan sederhana, seperti berbicara dengan teman atau memulai hobi baru.

Sebagian besar masalah kesehatan mental, termasuk yang menyebabkan keputusasaan, sejatinya dapat diobati. Mengambil langkah-langkah untuk memecahkan masalah dan mencari dukungan membuat mengatasi perasaan putus asa menjadi mungkin.

Sumber: theintrovertblog-com

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 19:20 WIB

Polisi Telusuri Identitas Tengkorak Celana Merah di Cioray Sukabumi

Pihak kepolisian tengah lakukan penyelidikan kasus penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Keuangan24 Juni 2024, 19:09 WIB

BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

Melalui perannya dalam UU Desa, BPJS Ketenagakerjaan berperan aktif dalam mendukung pembangunan dan perlindungan sosial di tingkat desa, sehingga masyarakat desa dapat merasakan manfaat nyata.
Peran BPJS Ketenagakerjaan dan UU Desa 2024 | Foto : Ist
Sehat24 Juni 2024, 19:00 WIB

Asam Lambung & GERD! Awas 7 Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung, yang bisa memperparah kondisi seperti refluks asam (GERD) atau penyakit tukak lambung. Asam lambung berlebih dapat menyebabkan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.
Ilustrasi. Asam Lambung Naik! Awas Bahaya Makan Makanan Pedas Saat Perut Kosong (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sehat24 Juni 2024, 18:30 WIB

Begini 7 Cara Menghindari Lonjakan Gula Darah yang Tepat Bagi Penderita Diabetes

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Beberapa cara dapat dilakukan untuk mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 Juni 2024, 18:17 WIB

Ada Training Pink dan Bra, Mayat Tinggal Tengkorak Di Cioray Sukabumi Diduga Perempuan

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, mengatakan bahwa saat ia bersama sejumlah anggota Kepolisian tiba di lokasi, diduga tengkorak tersebut berjenis kelamin perempuan
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life24 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa yang Dibaca Saat Menyambut Jemaah Haji Pulang ke Tanah Air

Doa untuk jemaah haji yang pulang ke tanah air ini dianjurkan dibacakan saat menyambutnya.
Ilustrasi - Jemaah haji yang pulan ke tanah air. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi24 Juni 2024, 17:48 WIB

Sidak Ke PT BBM: BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Pastikan Ahli Waris Pekerja Tewas Dapat Hak

Inspeksi ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan kecelakaan kerja yang mengakibatkan kematian salah seorang buruh.
BPJS dan Disnakertrans Sukabumi Sidak ke PT BBM Padabeunghar menyusul adanya pekerja tewas tergiling mesin pengolah batu kapur | Foto : Ist
Life24 Juni 2024, 17:45 WIB

Mengenal Gangguan Keterikatan Reaktif Pada Anak Serta Gejala Hingga Penyebabnya

Gangguan Keterikatan Reaktif atau RAD merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang terbentuk akibat kekerasan emosional hingga fisik dari orang tua dan pengasuhnya.
Ilustrasi mengenal gangguan keterikatan reaktif (RAD) pada anak (Sumber : Pexels.com)
Sehat24 Juni 2024, 17:30 WIB

4 Makanan dan Minuman yang Bermanfaat untuk Penderita Asam Urat

mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat.
Ilustrasi - mengonsumsi makanan dan minuman tertentu dapat membantu mengatasi gejala asam urat. (Sumber : pexels.com/Matt Hardy)
Sukabumi24 Juni 2024, 17:13 WIB

Sinergi BJB Syariah - LW Doa Bangsa Dalam Pengelolaan Wakaf di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa telah menginvestasikan Dana Wakafnya di Bank BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi, dalam program Tabungan Setara Deposito atau disingkat Tasedo, pada Senin (24/6/2024).
Lembaga Wakaf Doa Bangsa mulai menginvestasikan dana nasabah di BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Sukabumi | Foto : Ist