8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

Rabu 15 Mei 2024, 15:15 WIB
gambaran membesarkan anak yang baik hati (Sumber : Freepik.com)

gambaran membesarkan anak yang baik hati (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - “Anak-anak akan tetap menjadi anak-anak” itulah sebuah ungkapan dari orang dewasa ketika melihat anak kecil bersikap tidak bertanggung jawab, nakal, atau merajuk demi mendapatkan mainan.

Sebenarnya, anak-anak akan menjadi seperti apa yang kita besarkan bilang orang tua sering memperhatikan kebahagiaan sang anak dimulai dari pendidikan, kesehatan, hingga karir. Sayangnya kebanyakan ayah dan ibu lebih terpaku pada prestasi akademis buah hati, sehingga mereka cenderung mengabaikan aspek emosional dalam perkembangannya.

Kebanyakan orang tua tidak menggambarkan 'kualitas kebaikan' dengan cara yang positif. Mereka membuatnya tampak tidak perlu, dan pada akhirnya membuat anak merasa bahwa kebaikan tidak ada artinya selain 'maaf', 'tolong', dan 'terima kasih'.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Pada Wanita Usia 50-an, Bisa Dirasakan di Bagian Kaki

Anda mungkin berpikir bahwa kebaikan bukanlah kualitas yang bermanfaat, namun banyak orang berpendapat berbeda. Faktanya, memiliki hati baik adalah jalan pasti menuju kebahagiaan lebih besar.

Jadi, jika orang tua sedang mencari cara untuk membesarkan anak hati yang baik, berikut beberapa tipsnya dirangkum dari laman parenting.firstcry.com:

1. Jadilah Teladan Kebaikan

Orang tua adalah guru pertama untuk anak. Karena dia berada pada usia dimana secara otomatis akan mencerminkan tindakan dan perilaku yang diperlihatkan oleh ibu serta ayahnya.

Hal-hal yang dikatakan atau dilakukan disekitar sang anak harus mencerminkan nilai-nilai yang ingin ditanamkan. Jika ingin membesarkan si kecil dengan sifat baik hati dan ramah, orang tua harus mewujudkannya melalui kata-kata dan tindakan.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

2. Fokus untuk Mengakui Kesalahan

Jika ingin anak belajar dari kedua orang tuanya, maka kalian harus bersikap adil bahkan di saat-saat sulit. Argumen itu wajar karena mereka adalah bagian dari rumah tangga yang sehat.

Tapi yang penting di sini adalah bagaimana Anda berbaikan setelah pertengkaran konyol itu. Anak-anak akan belajar banyak ketika mereka masih kecil dan jika melihat orang tuanya mengakui kesalahan lalu menebus kesalahan kepada pasangan, maka sistem buah hati akan beradaptasi untuk mengambil jalan terbaik juga.

Selain itu, orang tua juga harus mendorong anak-anak untuk mengaku setiap kali dia melakukan kesalahan. Karena pada akhirnya hal itu akan membantu mereka tetap rendah hati.

3. Bersikaplah Spesifik Dalam Memuji

Pujilah anak-anak hanya ketika Anda benar-benar terkesan dengan sesuatu yang dilakukan atau dikatakannya. Seperti diketahui kita sering mengapresiasi anak untuk membuat mereka merasa senang, tapi dalam prosesnya orang tua tidak boleh terlalu berlebihan memberikan pujian karena bisa menghilangkan esensinya.

Baca Juga: Alami Kolesterol Tinggi? Lakukan 5 Cara Ini Agar Bisa Turun Secara Alami

4. Bicarakan Tentang Empati

Simpati datang dengan mudah dan Anda tidak perlu 'mengajari' anak-anak bagaimana bersimpati kepada seseorang. Namun empati adalah hal yang harus orang tua fokuskan. pada buah hati.

Itulah perbedaan mendasar antara mengasihani seseorang dan menghormati situasi seseorang saat ini. Ajari anak bagaimana berempati, lalu ajukan pertanyaan yang akan membantu membangun empati dia terhadap orang yang dianiaya.

5. Jadikan Kebaikan Seperti 'Pahlawan'.

Setiap anak mempunyai pahlawan dalam karakter fiksi yang dihormati. Nah, katakan padanya bahwa dia juga bisa menjadi salah satunya, tapi tanpa kekuatan super atau tidak menyemburkan api atau melawan orang jahat, melainkan bisa menjadi pahlawan dengan yang baik hati dan penyayang.

Pastikan Anda memberinya cukup contoh orang yang baik hati dan sering membantu orang lain. Dorong juga untuk menghormati orang-orang seperti itu dan mengikuti jejak mereka.

6. Mengadopsi Hewan Peliharaan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengadopsi hewan peliharaan membuat anak menjadi baik hati dan berempati. Merawat hewan peliharaan juga akan membuat si kecil berempati serta memberikan rasa tanggung jawab.

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

7. Memiliki Sikap Positif

Terkadang orang tua begitu sibuk melihat gambaran yang lebih besar dalam membesarkan anak, sehingga kita tidak menyadari bahwa hal positif, kebahagiaan, dan kebaikan saling berkaitan erat.

Jika ingin anak selalu bersyukur, memiliki sifat baik hati, hingga ramah, orang tua harus mewujudkannya dalam tindakan sehari-hari. Karena menerima hal positif hanyalah langkah pertama.

8. Lebih Sering Berdoa

Berdoa akan membuat anak menjadi rendah hati. Dia akan menyadari bahwa ada kekuatan di luar sana yang jauh lebih besar dari yang dibayangkan.

Dengan berdoa akan membantu sang anak percaya bahwa akan ada namanya akhir yang bahagia. Itu akan membuatnya untuk bersyukur dan pada akhirnya memunculkan kebaikan di hatinya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay