Yuk Bunda Terapkan, Begini 4 Cara Ampuh Membantu Anak Mengatasi Kekecewaan

Rabu 15 Mei 2024, 13:45 WIB
Ilustrasi cara membantu anak mengatasi kekecewaan yang sedang dirasakan (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi cara membantu anak mengatasi kekecewaan yang sedang dirasakan (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan kehidupan anak-anak adalah tentang menantikan sesuatu. Apabila ada perubahan rencana dapat memberikan pukulan yang sangat berat bagi mereka.

Namun, sebenarnya anak-anak bisa mendapatkan manfaat dari rasa kecewa itu, terutama ketika para orang tua mengajari mereka cara untuk bangkit kembali.

Ketika anak-anak belajar sejak usia dini bahwa harus memiliki cara atau alat untuk mengatasi situasi yang mengecewakan, mereka akan dapat mengandalkan hal tersebut sepanjang masa kanak-kanak bahkan saat dewasa nanti.

Baca Juga: 8 Ikan Laut Rendah Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Sebagai orang tua boleh saja melindungi mereka dari kekecewaan yang dialami, tapi jangan berlebihan. Karena itu sama saja dengan menghalangi anak-anak mengembangkan beberapa keterampilan penting, terutama rasa tanggung jawab ketika melakukan kesalahan.

Jika orang tua membantu seorang anak belajar untuk meminta dukungan yang realistis, bersandar pada orang lain, berkomunikasi dengan baik, dan tetap optimis, maka Anda membantu dia agar bisa menangani tantangan hidup yang menimpanya.

Pendekatan paling efektif untuk membantu anak-anak mengelola kekecewaan adalah dengan menyesuaikan taktik dengan bagaimana anak saat ini bereaksi pada sebuah tantangan yang menghampiri mereka.

Berikut beberapa tips yang telah disetujui para ahli untuk membantu anak mengatasi kekecewaan dalam hidup, dirangkum dari laman parents.com:

Baca Juga: Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

1. Jelaskan dan Validasi

Ajari si kecil apa saja yang bisa dan tidak bisa diubah. Mereka mungkin tidak memahami bahwa masalahnya berada di luar kendali Anda atau beritahu kalau kemarahan tidak akan memberikan apa yang mereka inginkan.

Lalu validasi kesusahan mereka dengan mengatakan, "Saya tahu kamu kesal," dan kemudian diskusikan solusi yang lebih efektif untuk jalan keluar.

2. Temukan Apa yang Benar-benar Dikuasai Anak

Jelaskan pada anak prasekolah mengenai berbagai aktivitas sampai bisa menemukan yang benar-benar mereka sukai, orang tua bisa melihat mereka menguasainya serta beri dukungan.

Jika seorang anak dapat beralih ke sesuatu yang diketahui dan dikuasai ketika kondisinya sedang buruk, maka itu seperti dorongan ego instan. Sehingga hal ini dapat segera mengubah pola pikir mereka dari, 'Kasihan saya, tidak ada yang berjalan sesuai keinginan saya,' menjadi 'Baiklah, lain kali akan berhasil.'”

3. Jangan Gunakan Hukuman

Jangan menghukum anak hanya karena reaksi buruknya terhadap kekecewaan, terutama jika cenderung menangis. Meskipun hal ini mungkin terlihat sulit, tapi orang tua perlu ingatkan diri sendiri serta memahami dimana saat-saat si kecil perlu melampiaskan atau menangis untuk melewati situasi sulit.

Baca Juga: Alami Kolesterol Tinggi? Lakukan 5 Cara Ini Agar Bisa Turun Secara Alami

4. Terapkan Cara Menangani Kekecewaan Dengan Baik

Anak-anak belajar banyak dengan memperhatikan orang tuanya. Jadi cobalah dan atasi kekecewaan Anda sendiri dengan cara yang diinginkan serta baik dilihat si kecil.

Jika orang tua menangani masalahnya dengan mengatakan pada diri sendiri pernyataan-pernyataan seperti, "Tidak apa-apa, tidak ada gunanya merasa kesal," ucapkan dengan lantang sehingga anak-anak dapat melihat alat apa yang dilakukan dan mudah-mudahan mereka bisa belajar dari semua itu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Opini26 Juli 2024, 20:07 WIB

Menengok Pilkada Sukabumi yang Kering Gagasan

Kurang lebih empat bulan lagi, tepatnya pada tanggal 27 November 2024, masyarakat Kabupaten Sukabumi akan memilih Bupati dan Wakil Bupati yang baru
Ilustrasi kepala daerah menyampaikan gagasan membangun Sukabumi | Foto : Pixabay