13 Makanan Terbaik untuk Membantu Tinggi Badan Optimal Pada Anak

Jumat 10 Mei 2024, 17:30 WIB
Ilustrasi - Makanan tertentu sangat berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)

Ilustrasi - Makanan tertentu sangat berperan penting dalam pertumbuhan tinggi badan anak. (Sumber : pexels.com/@Kampus Production)

SUKABUMIUPDATE.com - Membantu anak-anak tumbuh mencapai tinggi badan yang optimal seringkali menjadi perhatian besar para orang tua. Namun, tidak ada salahnya jika anak Anda bertubuh pendek untuk anak seusianya atau tumbuh lebih lambat dibandingkan teman-temannya.

Namun, terkadang, anak-anak yang bertubuh lebih pendek sering diolok-olok, sehingga membuat mereka takut dan berdampak pada kepercayaan diri mereka. Gizi yang tidak mencukupi dapat menghambat pertumbuhan seorang anak, tidak peduli seberapa kuat gennya.

Lantas, apa saja makanan yang bisa membantu anak tumbuh tinggi secara alami?

Makanan Yang Membantu Menambah Tinggi Badan

Ada banyak cara alami untuk membantu anak tumbuh lebih tinggi. Berikut beberapa makanan yang membantu pertumbuhan anak, dihimpun dari laman parenting.firstcry:

1. Produk Susu

Produk susu seperti susu atau keju cottage kaya akan mineral penting seperti kalsium dan vitamin seperti A, B, D, dan E. Susu juga termasuk sumber protein dan kalsium yang baik, yang dapat membantu pertumbuhan sel dan perkembangan tulang.

2. Telur

Memiliki 13 mikronutrien penting yaitu biotin, kolin, riboflavin, asam pantotenat, vitamin B12, vitamin A, vitamin E, folat, vitamin D, magnesium, kalsium, natrium, kalium, fosfor, dan seng, telur adalah tambahan penting untuk nutrisi anak Anda.

3. Ayam

Ayam juga tinggi protein, sama seperti telur, dan faktanya, ini adalah salah satu makanan dengan kandungan protein tertinggi di antara makanan hewani. Ayam membantu membangun jaringan dan otot anak Anda, yang pada gilirannya membantunya tumbuh lebih tinggi.

4. Kedelai

Kedelai adalah makanan bergizi yang sering diremehkan untuk meningkatkan kesehatan dan tinggi badan anak. Padahal di dalamnya kaya akan protein, folat, vitamin, karbohidrat dan serat dan merupakan alternatif yang baik bagi mereka yang mencari pilihan protein vegetarian karena setara dengan protein hewani.

5. Pisang

Kaya akan potasium, mangan, dan kalsium, pisang adalah buah sederhana yang sangat membantu meningkatkan kesehatan anak Anda.

6. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan makanan yang bagus untuk diberikan kepada anak Anda saat ia tumbuh besar. Kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk kaya akan mineral dan vitamin esensial serta lemak sehat dan asam amino, yang membantu untuk pertumbuhan.

Anda dapat menambahkannya ke dalam sereal sarapan atau olahan sarapan lainnya atau memberikannya kepada anak Anda sebagai camilan.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Anak Anda mungkin akan menolak ketika melihat sayuran hijau, tetapi Anda tahu betapa bermanfaatnya sayuran tersebut untuknya. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kacang polong, okra, dan kubis brussel kaya akan mineral penting, vitamin, kalsium, dan serat.

Semua elemen tersebut sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan yang baik secara keseluruhan.

8. Buah-buahan

Asupan buah-buahan segar musiman juga baik untuk anak Anda. Mereka sangat kaya akan vitamin, mineral, dan serat sehingga pola makan anak mana pun tidak akan lengkap tanpanya.

Jadi, pastikan Anda memberi anak Anda semua jenis buah-buahan, terutama yang kaya kalsium dan Vitamin C dan A, seperti buah ara, pepaya, kiwi, jeruk, semangka, mangga, apel, dan aprikot.

9. Ikan

Pilihan non-vegetarian lainnya, seperti ikan kaya akan protein dan vitamin D, yang diperlukan untuk perkembangan tulang dan otot.

10. Wortel

Bukan rahasia lagi kalau wortel kaya akan vitamin A dan C. Vitamin ini penting untuk menjaga kalsium dalam tulang dan menjaga kesehatannya.

11. Gandum Utuh

Biji-bijian utuh sangat sehat dan penting untuk anak-anak. Mereka adalah gudang energi, sangat kaya akan serat, vitamin, zat besi, magnesium dan selenium. Roti gandum utuh dan pasta adalah pilihan bagus untuk dimasukkan ke dalam menu makanan anak Anda untuk menambah tinggi badannya.

12. Daging Merah

Dimaksudkan untuk diberikan dalam jumlah sedang, daging merah adalah pilihan makanan non-vegetarian lainnya yang sangat kaya akan protein. Namun karena terlalu banyak daging merah tidak baik bagi tubuh, maka konsumsinya sebaiknya dalam jumlah sedang.

13. Kacang

Kacang adalah makanan lain yang diketahui dapat merangsang hormon pertumbuhan dalam tubuh. Baik direbus, dipanggang, atau dimasak, semuanya baik untuk anak Anda. Ditambah lagi, kacang-kacangan kaya akan serat. protein, dan nutrisi lainnya juga.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)