Harus Dihilangkan, 10 Alasan Tidak Sehat Orang Tua Hindari Mendisiplinkan Anak

Kamis 02 Mei 2024, 08:58 WIB
Ilustrasi alasan tidak sehat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Nothing Ahead

Ilustrasi alasan tidak sehat mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Nothing Ahead

SUKABUMIUPDATE.com - Mendisiplinkan anak merupakan sebuah kerja keras. Hal ini membutuhkan kewaspadaan secara terus-menerus, konsistensi, dan upaya yang menggugah pikiran.

Jadi, jika sedikit saja lalai pada hari-hari ketika Anda lelah atau kewalahan, maka Anda tidak sendirian. Namun tetap saja, kurangnya disiplin dapat menjadi masalah yang serius. Meskipun Anda mungkin akan tergoda untuk membuat alasan atas perilaku anak Anda, tetapi batasan dan konsekuensinya penting.

Jangan biarkan alasan berikut ini menghalangi Anda untuk memberikan disiplin yang sehat pada anak Anda.

1. Anak Anda Sedang Stres

Orang tua terkadang merasa bersalah ketika anak harus menanggung masa-masa sulit, seperti perceraian atau perundungan di sekolah. Merasa buruk adalah hal yang wajar. Lagi pula, siapa yang ingin melihat anaknya terluka? Namun, membiarkan perilaku buruk terjadi bukanlah solusi. Faktanya, anak-anak yang stres mungkin memerlukan disiplin lebih dari sebelumnya untuk membantu mereka merasa aman. Tunjukkan pada anak Anda bahwa Anda bisa menjaga mereka tetap aman dengan menetapkan batasan.

2. Anak Anda Tidak Bermaksud Melakukannya

Anak-anak tidak boleh didisiplinkan karena tidak sengaja menumpahkan segelas susu, namun mereka dapat bertanggung jawab atas tindakannya dengan membantu membersihkannya. Memberikan terlalu banyak kelonggaran karena sesuatu yang merupakan “kecelakaan” dapat menghalangi anak-anak untuk menerima tanggung jawab penuh atas perilaku mereka.

3. Anda Belum Menghabiskan Banyak Waktu Bersama Mereka

Membiarkan anak berperilaku buruk karena Anda merasa bersalah tidak akan ada gunanya bagi Anda berdua. Jadikan waktu bersama Anda yang berarti dengan menerapkan batasan yang jelas. Kemudian, Anda bisa menghabiskan lebih banyak waktu menikmati kebersamaan satu sama lain saat Anda punya waktu bersama.

Baca Juga: Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

4. Terlalu Keras pada Anak Anda Kemarin

Jika Anda pernah memberikan disiplin yang keras sebelumnya, bukan berarti Anda tidak boleh mendisiplinkannya sekarang. Penting bagi Anda untuk konsisten dengan disiplin. Inkonsistensi membingungkan anak-anak dan menyebabkan meningkatnya masalah perilaku.

5. Anak-Anak akan Tetap Anak-Anak

Tentu saja ada yang namanya kelakuan buruk itu adalah hal yang normal selama masih dalam batas wajar. Namun, penting untuk membedakan masalah perilaku anak yang normal dan tidak normal. Membiarkan anak-anak melakukan perilaku buruk dengan menganggapnya sebagai “hal-hal normal yang dilakukan anak-anak” dapat merugikan jika Anda membiarkannya melakukan terlalu banyak pelanggaran peraturan.

Anak-anak perlu belajar bagaimana membuat pilihan yang lebih sehat sehingga mereka dapat menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

6. Tidak Ingin Anak Anda Kesal

Terkadang Anda tergoda untuk melihat ke arah lain ketika anak Anda sedang bersenang-senang dan Anda tahu menempatkan mereka di waktu menyendiri akan membuat mereka kesal. Namun, mengajar anak-anak untuk menghadapi perasaan negatif adalah salah satu dari enam keterampilan hidup yang harus diajarkan oleh disiplin Anda.

7. Anda Terlalu Lelah untuk Menghadapinya

Akan ada hari-hari dimana Anda merasa terlalu lelah untuk memberikan satu lagi konsekuensi negatif. Namun, penting untuk mengumpulkan energi untuk menawarkan disiplin yang konsisten. Luangkan waktu dan energi ekstra untuk menangani masalah perilaku sekarang dan ini akan mengurangi upaya yang diperlukan di kemudian hari. Anggaplah energi yang Anda keluarkan sekarang sebagai investasi yang akan membuahkan hasil di kemudian hari.

8. Beralasan Anak Tidak Akan Mendengarkannya

Kurangnya rasa percaya diri dalam mengasuh anak dapat menghalangi orang tua untuk ikut campur. Mereka takut anak mereka tidak akan mendapat waktu istirahat atau tidak mau mendengarkan ketika hak istimewa diambil. Jika konsekuensinya tidak efektif, periksalah alasan mengapa disiplin Anda tidak berhasil.

Menghindari disiplin hanya akan memperburuk masalah dan penting bagi Anda untuk memperoleh keterampilan mengasuh anak agar dapat mendisiplinkan secara efektif.

9. Anak akan Menganggap Anda Jahat

Salah satu dari empat kesalahan terbesar dalam mengasuh anak adalah hanya melihat jangka pendek. Dalam jangka pendek, anak mungkin berpikir Anda bermaksud mengambil mainannya atau tidak membiarkannya bermain di luar. Namun, dalam jangka panjang, ini adalah hal terbaik bagi mereka dan penting untuk membantu mereka belajar.

10. Anda Harus Selalu Menjadi Orang Jahat

Jika Anda memiliki pasangan yang membiarkan anak Anda lolos dari masalah perilakunya, kemungkinan besar Anda akan merasa seperti orang jahat saat menerapkan hukum. Pelajari cara mendisiplinkan bersama pasangan agar anak Anda tidak menganggap salah satu dari Anda sebagai “orang jahat”. Tetapkan peraturan rumah tangga dan bekerja sama untuk menegakkan peraturan ini secara konsisten. Perilaku anak Anda kemungkinan besar akan membaik jika Anda menunjukkan sikap bersatu.

Sumber: Very Well Family

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat17 Mei 2024, 11:30 WIB

6 Golongan Obat-obatan untuk Meredakan Nyeri Asam Urat dan Efek Sampingnya

Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Meredakan nyeri akibat asam urat (gout) sering memerlukan kombinasi obat-obatan untuk mengurangi peradangan, nyeri, dan kadar asam urat dalam tubuh. (Sumber : Freepik/fabrikasimf)
Jawa Barat17 Mei 2024, 11:21 WIB

Audiensi LW Doa Bangsa-BJB Syariah, Kolaborasi Majukan Perwakafan di Daerah

Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa melakukan audiensi di kantor BJB Syariah Pusat, di Bandung, Kamis, (16/5/2024).
Audiensi Lembaga Wakaf Doa Bangsa dan BJB Syariah di Bandung | Foto : Dok. LW Doa Bangsa
Life17 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menghancurkan Kreatifitas Hidup, Hindari Yuk!

kebiasaan buruk yang sering dilakukan akan membunuh kreatifitas hidup. Setiap orang harus menghindarinya agar tidak merusak masa depan dan kehidupannya
Beberapa kebiasaan buruk yang membuat kreatifitas menghilang (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sehat17 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!

Inilah Sederet Minuman Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat, Enak dan Segar!
Ilustrasi. Minuman Segar dan Sehat untuk Meredakan Nyeri Asam Urat (Sumber : Pexels/EnginAkyurt)
Sukabumi17 Mei 2024, 10:51 WIB

Sudah Dihapus, Ini Postingan Soal Studi Tour yang Bikin PGRI Sukabumi Lapor polisi

Seluruh postingan akun facebook Atep Romli sudah menghilang sebelum pelaporan PGRI Kabupaten Sukabumi ke pihak kepolisian.
Ilustrasi dihapus. (Sumber: freepik)
Life17 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Adab Kesopanan yang Wajib Diajarkan Orang Tua Kepada Anak Sejak Kecil

Adab kesopanan juga harus diajarkan kepada anak sejak kecil oleh orang tua. Ini sangat penting mengingat semuanya bergantung didikan dari masa mereka kanak-kanak dan menjadi pribadi baik saat dewasa.
Ilustrasi ketika orang mengajarkan adab kesopanan kepada anak (Sumber : Pexels.com/@Kampusproduction)
Life17 Mei 2024, 10:15 WIB

6 Kesalahan Orang Tua yang Jadi Penyebab Anak Kecanduan Main HP Sejak Kecil

Penyebab anak kecanduan main HP sejak kecil pada umumnya dipengaruhi oleh pola asuh orang tua sendiri di rumah. Maka dari itu, ini kesalahan orang tua saat masa mendidiknya yang harus segera diperbaiki
Ilustrasi kesalahan orang tua yang menjadi penyebab anak kecanduan main HP (Sumber : Pexels.com/@YanKrukau)
Life17 Mei 2024, 10:00 WIB

15 Karakter Dasar yang Harus Dimiliki Seorang Anak, Bunda Yuk Ajarkan

Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya.
Ilustrasi Ciri-ciri karakter akan membantu anak menjadi sukses dalam setiap aspek kehidupannya. | Foto: Pexels.com/@Romina Ordenez
Sukabumi17 Mei 2024, 09:57 WIB

Nyaris Sambar Bocah, Aksi Berani Pelajar Sukabumi Ringkus Ular Piton di Jalanan

Dengan sigap, Galang Ramadani, pelajar SMK mengejar ular dengan panjang kurang lebih 3 meter tersebut.
Aksi berani pelajar SMK di Sukabumi, Galang Ramadani meringkus ular piton di jalan karamat Kota Sukabumi (Sumber: akun youtube SUTV Sukabumi)
Sehat17 Mei 2024, 09:32 WIB

Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari

Dengan mengikuti panduan untuk Diet Asam Urat ini, penderita asam urat dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik dan mengurangi risiko serangan gout.
Diet Asam Urat, Pilihan Makanan dan Apa Saja yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat. Foto: Istimewa