Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Minggu 28 April 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik

Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik

SUKABUMIUPDATE.com - Jika anak Anda memutar mata dan berkata “Terserah” ketika Anda menyuruh mereka untuk memulai pekerjaan rumahnya, atau jika mereka berpura-pura tidak mendengarkan ketika disuruh mematikan alat elektronik, mereka termasuk dalam spektrum tidak hormat.

Dampak yang lebih serius adalah perilaku seperti menghina, mengabaikan aturan, dan agresi fisik.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk memaafkan rasa tidak hormat dengan mengatakan hal-hal seperti "Anak-anak tetaplah anak-anak", mengabaikannya tidak akan membantu anak Anda. Anak-anak perlu belajar bagaimana bersikap hormat sehingga mereka dapat mengembangkan hubungan yang sehat dengan teman sebaya, figur otoritas, dan anggota keluarga.

Baca Juga: Lirik Lagu Kupu-Kupu Tiara Andini: Wahai Cinta Beri Pertanda

Tidak peduli dimana anak Anda berada, penting untuk mengatasi rasa tidak hormat sebelum menjadi lebih buruk. Berikut sederet cara agar dapat mengatasi perilaku tidak sopan anak, seperti merujuk parents.com!

Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

  • Abaikan Perilaku Mencari Perhatian

Tampaknya mengabaikan rasa tidak hormat sekecil apapun sama saja dengan membiarkan anak Anda lolos begitu saja.

Namun pengabaian secara selektif dapat menjadi salah satu bentuk konsekuensi yang paling efektif. Mengabaikan berarti menolak membiarkan rasa tidak hormat anak mengganggu Anda dari tugas yang ada. 

  • Temukan Akar Penyebabnya

Jika perilaku mengabaikan tampaknya tidak berhasil, atau Anda merasa ada hal lain yang terjadi, cobalah melihat lebih dalam.

Perilaku adalah komunikasi, dan perilaku tidak sopan mungkin merupakan cara anak Anda memberitahu bahwa ada sesuatu yang salah. Ini bisa berarti mereka memerlukan bantuan untuk mempelajari cara-cara yang pantas secara sosial untuk mengelola kemarahan, mengatasi frustasi, dan berkomunikasi secara efektif, atau mungkin anak Anda menginginkan lebih banyak waktu dan perhatian Anda.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

  • Gunakan Pernyataan Kapan/Lalu

Daripada memberi tahu anak Anda apa yang tidak bisa mereka lakukan, lebih baik beritahu bagaimana mereka bisa mendapatkan hak istimewa.

Pernyataan "Kapan/kemudian" akan membingkai permintaan dengan cara yang positif. Gunakan pernyataan ini untuk memberitahu anak Anda apa yang akan terjadi setelah mereka memilih untuk mengubah perilakunya. 

  • Mintalah Anak Anda Mencoba Lagi

Pilihan yang salah harus diikuti dengan pilihan yang benar. Jika ingin anak Anda belajar bertindak penuh hormat, beri mereka kesempatan untuk berlatih.

Sebelum Anda memulai ceramah tentang berbicara dengan hormat, katakan saja, "Oh! Bisakah Anda mencobanya lagi?"

Baca Juga: 4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Hal ini memberi anak Anda kesempatan untuk melunakkan nada bicaranya dan menggunakan keterampilan berpikirnya sendiri untuk mengidentifikasi pilihan kata yang lebih baik. Untuk anak yang lebih kecil, Anda bisa mengatakan sesuatu seperti, "Aku tidak bisa mendengarmu! Aku hanya bisa mendengar suara baikmu."

  • Segera Berikan Konsekuensi

Sebagian besar perilaku tidak sopan harus menimbulkan konsekuensi langsung. Pertimbangkan usia anak Anda dan keseriusan pelanggarannya saat menentukan konsekuensinya.

Sudut  yang menenangkan bisa menjadi konsekuensi yang efektif bagi anak kecil. Misalnya, jika anak berusia 6 tahun berteriak di depan Anda saat dia marah, segera jelaskan mengapa perilaku tersebut tidak pantas dan berikan dia kesempatan untuk memperbaikinya

Baca Juga: Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

  • Gunakan Trik Ganti Rugi

Jika anak atau remaja Anda berperilaku tidak sopan, ganti rugi mungkin diperlukan untuk mencegah hal serupa terjadi lagi.

Restitusi adalah melakukan sesuatu yang baik untuk sasarannya, atau melakukan sesuatu untuk melakukan perbaikan atas kerusakan yang telah terjadi. Misalnya, jika anak Anda memukul saudaranya, mintalah dia mengerjakan tugas saudaranya pada hari itu. 

  • Gunakan Pengingat

Anak-anak masih belajar dan terkadang, cara terbaik untuk menanggapi rasa tidak hormat adalah dengan mengingatkan dengan tenang bahwa Anda mengharapkan anak Anda berbicara dan bertindak baik.

Namun, pengingat akan bekerja paling baik sebelumnya. Misalnya, jika Anda akan naik pesawat bersama anak-anak, pelajari seperti apa perilaku hormat suara dalam hati, serta dilarang menendang kursi di depan, dll.

Baca Juga: 7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Gula Darah

  • Beri Anak Pelukan

Kita semua memiliki saat-saat buruk. Konsekuensi berat atas perilaku yang tidak sopan terkadang hanya bisa menyulut api. Ingatlah bahwa disiplin berarti "mengajar", menunjukkan kepada anak Anda seperti apa perilaku yang penuh kasih sayang dan baik hati dengan menanggapinya dengan pelukan atau cara lain untuk menunjukkan kasih sayang.

Sumber : parents.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science13 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 Mei 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Awal Pekan

Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 13 Mei 2024.
Ilustrasi. Berikut prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Senin 13 Mei 2024. | Foto: SU/Dede
Gadget13 Mei 2024, 00:36 WIB

Balita di Cikole Sukabumi Tewas Usai Dipatuk Ular Welang Saat Tidur

Peristiwa nahas menimpa seorang bayi berusia tiga tahun asal Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Balita itu meninggal dunia usai digigit ular welang di kamarnya.
Balita meninggal setelah dipatuk ular welang di Cikole Sukabumi | Foto : Ilustrasi Pixabay
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 00:10 WIB

Koalisi 5 Partai Kantongi Tiga Nama Bakal Calon Bupati Sukabumi

Pasca deklarasi koalisi 5 partai untuk bekerjasama di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, komunikasi antar pimpinan partai politik terus dilakukan.
Pertemuna Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha dan Ketua DPC PKB Hasim Adnan, Minggu (12/5/2024) | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi12 Mei 2024, 23:56 WIB

Debit Air Bendungan Ciletuh Sukabumi Menurun, Area Pertanian di Dua Kecamatan Terancam

Bendungan Ciletuh sebagai penyuplai air untuk pertanian di Kecamatan Ciemas dan Kecamatan Ciracap debit airnya muali menurun.
Bendungan Ciletuh Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sehat12 Mei 2024, 21:00 WIB

Langkah Mudah Membuat Rebusan Teh Daun Jambu Biji untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol.
Ilustrasi - Daun jambu biji menawarkan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari pengaturan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. (Sumber : Screenshot YouTube/@Kunci Sehat).
Sukabumi12 Mei 2024, 20:45 WIB

Truk Box Terbalik Di Puncak Dini Geopark Ciletuh Sukabumi, 3 Orang Terluka

Mobil truk box yang membawa dua unit sepeda motor Nmax, terbalik diturunan Puncak Dini, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Minggu (12/5/2024), sekitar pukul 10.30 WIB.
Truk box terbalik di tanajakan dini Geopark Ciletuh Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 Mei 2024, 20:23 WIB

PKS Runner Raih Juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi

Sejumlah pelari yang tergabung dalam PKS Runners mengikuti event Geopark Ciletuh Run 2024
PKS Runner raih juara 3 Geopark Ciletuh Run 2024 di Ciemas Sukabumi | Foto : Ist
Sehat12 Mei 2024, 20:00 WIB

Menurunkan Kolesterol Tinggi: 5 Bahan Alami yang Harus Segera Anda Coba

Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Ilustrasi - Beberapa bahan alami yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. (Sumber : pexels.com/@Pixabay).
Sukabumi Memilih12 Mei 2024, 19:25 WIB

Caleg Terpilih Bisa Dilantik Belakangan Bila Mencalonkan Pilkada 2024, Begini Teknisnya

Calon anggota legislatif yang terpilih pada Pemilu 2024 bisa dilantik belakangan, bila yang bersangkutan maju Pilkada serentak yang digelar pada 27 November 2024 mendatang.
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari | Foto : Capture Youtube KPU RI
Sehat12 Mei 2024, 19:00 WIB

Rahasia Sukses Bebas dari Serangan Asam Urat, 5 Langkah Ini Cegah Kembali Kambuh

Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba.
Ilustrasi minum air putih - Dengan melakukan tips ini, Anda bisa mencegah serangan asam urat yang sering datang tiba-tiba. | (Sumber : Freepik.com)