Penuh Rasa Syukur, Ini 7 Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Mengeluh

Sabtu 30 Maret 2024, 10:05 WIB
Ilustrasi. Putus Asa. Penuh Rasa Syukur, Coba Sederet Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Mengeluh Berikut. Sumber : pixabay/life

Ilustrasi. Putus Asa. Penuh Rasa Syukur, Coba Sederet Cara Ampuh Hilangkan Kebiasaan Mengeluh Berikut. Sumber : pixabay/life

SUKABUMIUPDATE.com – Mengeluh bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihindari sekaligus berdampak negatif pada kesehatan mental dan hubungan sosial kita. Meskipun dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita merasa tergoda untuk mengeluh tentang berbagai hal yang tidak sesuai dengan harapan kita.

Untungnya, mengubah kebiasaan mengeluh menjadi lebih positif adalah sesuatu yang bisa kita lakukan. Dalam artikel ini, ada beberapa strategi praktis yang dapat membantu Anda mengubah kebiasaan mengeluh menjadi lebih positif dan membangun mindset yang lebih optimis. 

Anda akan belajar tentang mengapa mengeluh tidak bermanfaat dan bagaimana efek positif dari mengubah kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda.

Baca Juga: Awas 4 Dampak Sering Tidur Saat Bulan Puasa, Lelah Tapi Tidak Sehat!

Dengan memahami hal ini, Anda akan siap untuk menghadapi rintangan dan menjaga komitmen untuk mengubah kebiasaan yang kurang bermanfaat ini. Berikut sederet tips untuk membantu mengubah kebiasaan mengeluh, dilansir dari psyche.co!

Tips yang Bisa Membantu Mengubah Kebiasaan Mengeluh Menjadi Lebih Positif

1. Menghargai Hal Positif dalam Kehidupan

Cobalah untuk mengalami rasa syukur dalam kehidupan dengan menghargai hal-hal kecil namun positif yang ada di sekitar Anda. Fokus pada hal-hal ini bisa membuat Anda lebih bahagia dan bisa meminimalisir kecenderungan untuk mengeluh.

2. Berhenti untuk Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Seringkali kecenderungan untuk mengeluh muncul ketika kita membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Belajarlah untuk berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan fokus pada apa yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kebahagiaan yang sesuai dengan kehidupan Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat Semangka untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3. Berbicara tentang Solusi Daripada Masalah

Ketika Anda mengalami masalah, cobalah untuk berfokus pada solusinya alih-alih hanya mengeluh tentang masalah itu sendiri. Dengan mencari solusi, Anda akan merasa lebih percaya diri dan memiliki kendali atas keadaan.

4. Berlatih untuk Bersikap Lebih Penuh Sabar

Kebiasaan mengeluh seringkali muncul ketika Anda merasa tidak sabar karena sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda.

Latihlah diri Anda untuk bersikap lebih sabar dan mengambil waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah atau situasi yang memicu keinginan untuk mengeluh.

Baca Juga: Mau Tahu Ciri-ciri Orang yang Iri dengan Pencapaianmu? Simak Disini

5. Lakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga bisa membantu Anda mengontrol stres dan meningkatkan kesehatan mental. Melakukan olahraga secara teratur bisa membantu mengubah kebiasaan mengeluh menjadi lebih positif.

6. Menghindari Teman dan Situasi yang Menyebabkan Anda Mengeluh

Teman atau situasi tertentu seringkali memicu keinginan untuk mengeluh. Hindari lingkungan yang tidak sehat dan teman-teman yang sering mengeluh dan cobalah membangun lingkungan yang positif dan mendukung.

7. Membuat Komitmen untuk Mengubah Kebiasaan Mengeluh

Terakhir, sangat penting untuk membuat komitmen untuk mengubah kebiasaan mengeluh menjadi lebih positif. Dalam prosesnya, dapat membantu mencatat kapan Anda mengeluh dan mencatat apa yang bisa dilakukan untuk mengubah situasi tersebut menjadi lebih positif.

Baca Juga: 6 Bahaya Kebiasaan Tidur Di Lantai Bagi Kesehatan, Bisa Ancam Paru-paru!

Setiap orang memiliki kebiasaan mengeluh yang berbeda-beda dan membutuhkan waktu dan usaha untuk mengubahnya. 

Namun, dengan mempraktekkan tips di atas secara teratur, mengubah kebiasaan mengeluh menjadi lebih positif bisa menjadi kenyataan. 

Sumber : psyche.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin