Co-Parenting! 10 Tanda Hubungan Pengasuhan Bersama yang Sehat dan Efektif

Selasa 19 Maret 2024, 17:45 WIB
Ilustrasi. Penerapan pengasuhan bersama atau Co-Parenting/Sumber : Freepik/@Lifestylememory

Ilustrasi. Penerapan pengasuhan bersama atau Co-Parenting/Sumber : Freepik/@Lifestylememory

SUKABUMIUPDATE.com - Dibutuhkan banyak usaha bagi kedua orang tua untuk sampai pada titik di mana mereka dapat mengatakan bahwa hubungan pengasuhan bersama mereka berjalan dengan sangat baik. Bagi sebagian besar keluarga, masih ada ruang untuk perbaikan.

Namun, alih-alih berfokus pada hal-hal yang tidak berhasil, kenali hal-hal yang berjalan baik sehingga Anda dapat menonjolkan hal-hal positif sebagai upaya untuk menyelesaikan konflik dengan mantan Anda.

Simak sederet tanda berikut yang merupakan indikator bukti hubungan co-parenting sehat dan produktif!

Apa itu Pengasuhan Bersama atau Co-Parenting?

Pengasuhan bersama atau Co-Parenting yang sehat melibatkan dua orang tua yang sudah tidak bersama-sama lagi, namun membesarkan anak-anak secara bersama-sama untuk memastikan mereka memiliki lingkungan yang aman dan penuh kasih sayang untuk tumbuh dan berkembang.

Baca Juga: 9 Ciri Anak Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua, Sikapnya Beda!

Agar penerapan pola asuh ini berhasil, pengasuhan bersama mengharuskan kedua orang tua tidak hanya berkontribusi dalam pengasuhan anak mereka, tetapi mereka juga harus sering berinteraksi dan saling menghormati satu sama lain.

Hubungan pengasuhan bersama yang terbaik melibatkan orang tua yang mengesampingkan perasaan pribadi mereka demi memberikan anak mereka apa yang mereka butuhkan secara emosional dan fisik.

Tanda Orang Tua Menerapkan Co-Parenting Sehat dan Efektif

  • Memiliki Batasan yang Jelas

Jauh lebih mudah untuk bekerja sama sebagai rekan orang tua ketika Anda menetapkan batasan dan mengenali apa yang bisa Anda kendalikan dan apa yang tidak bisa Anda kendalikan terkait dengan anak-anak dan mantan Anda.

  • Memiliki Jadwal yang Telah Ditentukan

Transisi waktu mengasuh anak akan lebih mudah dikelola oleh semua orang yang terlibat ketika jadwal tersebut mewakili rutinitas yang solid dan telah ditentukan sebelumnya, dibandingkan dengan jenis pengaturan “kita lihat saja nanti”.

Orang tua yang telah mencapai tingkat komunikasi yang sehat tahu bahwa mereka dapat mengandalkan orang tua lain untuk menjaga komitmennya kecuali jika sesuatu yang benar-benar luar biasa memerlukan perubahan dalam rutinitas.

Baca Juga: 8 Kebiasaan Baik di Pagi Hari yang Bisa Membantu Meredakan Stres

  • Fleksibel

Meskipun rutinitas itu sehat, akan tetapi penting juga untuk bersikap fleksibel satu sama lain. Pendekatan yang sehat adalah bersikap akomodatif terhadap mantan Anda sebagaimana Anda ingin dia bersama Anda.

  • Mengerti Satu Sama Lain

Ini merupakan tanda lain dari hubungan pengasuhan bersama yang sehat. Orang tua yang bekerja sama dengan baik dan berkolaborasi sebagai orang tua akan saling menelepon sebelum menitipkan anak pada babysitter.

Beberapa keluarga mungkin menuliskan niat ini ke dalam rencana pengasuhan anak mereka, tetapi apakah Anda mengambil langkah formal atau tidak, menanyakan kepada mantan apakah mereka bersedia membawa anak-anak daripada meninggalkan mereka dengan pengasuh adalah hal yang wajar.

  • Bekerja Sama Dengan Baik

Tidak ada dua orang tua yang akan menyetujui setiap keputusan.

Namun, orang tua yang bekerja sama dengan baik demi anak-anak mereka telah mencapai tingkat kesepakatan dasar mengenai hal-hal yang paling penting seperti masalah yang berkaitan dengan kesehatan, disiplin, pendidikan, dan pendidikan spiritual anak-anak mereka.

Baca Juga: 8 Makanan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Dalam beberapa kasus, penggunaan rencana pengasuhan anak secara tertulis telah membantu orang tua mencapai tingkat komunikasi yang sehat.

  • Jangan Terlibat dalam Manipulasi

Orang tua yang memiliki hubungan pengasuhan bersama yang baik dan sehat tidak berusaha memanipulasi satu sama lain atau mengendalikan kesetiaan anak-anak mereka.

Akan tetapi, menyadari bahwa anak-anak perlu mempunyai hubungan dengan kedua orang tuanya dan bahwa kasih sayang anak-anak mereka terhadap orang tua lainnya bukanlah ancaman pribadi bagi mereka.

  • Bicaralah Satu Sama Lain Tentang Perubahan

Ketika perubahan di saat-saat terakhir diperlukan, orang tua yang memiliki hubungan pengasuhan bersama yang sehat berupaya untuk berbicara satu sama lain terlebih dahulu, sebelum mengumumkan perubahan jadwal apapun kepada anak-anak mereka.

Beberapa keluarga juga merasa terbantu jika menyertakan pedoman untuk menangani perubahan jadwal dalam rencana pengasuhan anak mereka.

  • Anak-anak Akan Melihat Orangtuanya Rukun

Umumnya, anak-anak dari orang tua yang bekerja sama dengan baik percaya bahwa orang tuanya rukun.

Hal ini tidak berarti bahwa mereka selalu setuju dalam segala hal atau selalu menyukai satu sama lain, namun mereka melakukan upaya bersama untuk menunjukkan rasa hormat satu sama lain di depan anak-anak mereka.

Mereka juga telah belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif dengan cara yang meminimalkan konflik.

  • Hadiri Acara Tanpa Ketegangan

Tidak adanya masalah menghadiri pertemuan sekolah, acara olah raga, dan pertunjukan ketika orang tua lain hadir adalah tanda lain dari hubungan pengasuhan bersama yang efektif.

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Para orang tua ini memilih untuk mengutamakan anak-anak mereka dan mengkhawatirkan apa yang dipikirkan “orang lain” sebagai hal terakhir, dan mampu berlatih mengesampingkan perasaan mereka terhadap satu sama lain.

  • Kenali Tujuan Setiap Orang Tua

Orang tua yang memiliki hubungan sehat juga sangat menyadari betapa pentingnya keduanya bagi anak-anaknya.

Mereka telah bekerja keras untuk mencapai titik di mana dapat bekerja sama dengan baik karena mereka menghargai kesempatan anak-anak untuk mengenal dan menghabiskan waktu bersama orang tua lainnya, dan meskipun terkadang sulit.

Sumber : www.verywellfamily.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Fashion27 April 2024, 14:30 WIB

Cara Memilih Warna Hijab yang Sesuai dengan Kulit Sawo Matang, Makin Pede!

Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol.
Ilustrasi -Memilih warna hijab yang tepat bisa membuat penampilan Anda lebih bersinar dan menonjol. (Sumber : pixabay/moeslim2).
Life27 April 2024, 14:00 WIB

Suka Buat Tipu-Muslihat, Ini 6 Karakter Orang Licik yang Harus Diwaspadai di Sekitar Kita

Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat.
Ilustrasi - Orang licik biasanya memiliki karakter yang kurang baik dalam lingkungan sosial, sehingga gampang ditebak ciri dari mereka yang melekat. (Sumber : Pixabay/Cristian Benavides).
Life27 April 2024, 13:45 WIB

Takut Mengambil Resiko! 5 Kebiasaan Ini yang Selalu Dihindari Orang Kaya

Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya.
Ilustrasi - Kebiasaan tertentu selalu dihindari oleh orang kaya agar kehidupanya selamat di masa depan. Hal ini yang selalu menjadi perhatian orang kaya. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio)
Life27 April 2024, 13:30 WIB

9 Cara Menghadapi Orang Jutek, Harus Tenang dan Jangan Terbawa Emosi!

Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang.
Ilustrasi - Bertemu dengan orang yang jutek bisa menjadi pengalaman yang menantang. (Sumber : unsplash.com/@Obie Fernandez)
Food & Travel27 April 2024, 13:26 WIB

Bukit Pasir Randu, Tempat Menarik Nikmati Pesona Sunrise di Cisolok Sukabumi

Bukit Pasir Randu menyajikan pemandangan yang memikat hati.
Pemandangan matahari terbit atau sunrise di Bukit Pasir Randu, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 13:00 WIB

10 Cara Mudah Menghadapi Anak yang Tantrum, Bunda Wajib Tahu!

Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens.
Ilustrasi - Setiap orangtua pasti pernah mengalami momen di mana anak mereka meledak tantrum yang intens. (Sumber : Pixabay.com/@parent90).
Life27 April 2024, 12:30 WIB

Kehadirannya Sering Mengganggu! 6 Cara Ampuh Menghilangkan Semut di Rumah

Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menghilangkan semut di rumah yang sering mengganggu. (Sumber : Pixabay.com/@actee3).
Life27 April 2024, 12:15 WIB

Rasa Iri atau Dendam, 7 Alasan Seseorang Membenci Kita yang Perlu Diwaspadai

Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik.
Ilustrasi - Salah satu realitas yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan adalah bahwa tidak semua orang akan menyukai atau menyambut kita dengan baik. (Sumber : Pixabay.com/nooneknow22).
Bola27 April 2024, 12:00 WIB

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23 2024: Timnas Indonesia vs Uzbekistan

Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini.
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang untuk mengalahkan Uzbekistan U-23, mengingat performa apik yang ditunjukkan selama turnamen ini. (Sumber : pssi.org)
Sukabumi27 April 2024, 11:55 WIB

Indonesia Menuju Olimpiade, Kisah Wasit Asal Sukabumi Pernah Pimpin Laga di Ajang Serupa

Kosasih memulai kariernya sebagai pesepak bola bersama klub Pertiwi.
Kosasih Kartadiredja, wasit berlisensi FIFA pertama di tanah air asal Sukabumi. | Foto: Historia.id