Beri Pujian dan Penghargaan! Ini 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi

Rabu 06 Maret 2024, 10:00 WIB
Anak-anak yang sering dimarahi bisa mengalami berbagai masalah mental dan emosional
(Sumber : Freepik.com/@peoplecreations)

Anak-anak yang sering dimarahi bisa mengalami berbagai masalah mental dan emosional (Sumber : Freepik.com/@peoplecreations)

SUKABUMIUPDATE.com - Memperbaiki mental anak yang sering dimarahi mengacu pada proses membantu anak untuk sembuh dari dampak negatif yang ditimbulkan oleh pengalaman dimarahi secara terus-menerus.

Membesarkan anak yang sehat mental dan emosional merupakan tanggung jawab yang penting. Memarahi anak secara terus-menerus dapat berdampak negatif pada kesehatan mental mereka.

Sebab, membentak dan memarahi anak hingga dengan kekerasan fisik berpotensi membuat sang anak mengalami gangguan mental dan depresi di masa depan.

Baca Juga: Jangan Gunakan Kata Kasar ya Bund! 10 Tips Menegur Anak Agar Tidak Menyinggung Hatinya

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat membantu dalam memperbaiki mental anak yang sering dimarahi:

1. Berbicara dengan Lembut dan Empati

Ketika menghadapi anak yang sering dimarahi, cobalah berbicara dengan lembut dan penuh empati. Dengarkan perasaan dan pendapat anak dengan sungguh-sungguh, sehingga anak merasa didengarkan dan dipahami.

2. Komunikasi yang Terbuka

Buka saluran komunikasi yang baik dengan anak. Berbicaralah dengan anak tentang apa yang menyebabkan dirinya sering dimarahi dan bagaimana perasaannya tentang itu. Dorong anak untuk berbicara tentang perasaan dan pikirannya tanpa takut dihakimi atau dimarahi.

3. Pujian dan Penghargaan

Beri pujian dan penghargaan pada anak ketika dia melakukan hal-hal yang baik atau berperilaku dengan baik. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi anak untuk berbuat lebih baik.

Baca Juga: Terapkan 9 Tips Berikut Untuk Membantu Anak Mengatasi Kecemasan

4. Kenali Tanda-tanda Stres atau Kesulitan

Perhatikan tanda-tanda stres atau kesulitan yang mungkin dialami anak. Anak yang sering dimarahi mungkin mengalami tekanan emosional atau menghadapi kesulitan di sekolah atau dalam hubungan dengan teman-temannya.

5. Berikan Dukungan dan Konsistensi

Tunjukkan dukungan dan kasih sayang kepada anak secara konsisten. Anak yang merasa didukung dan dicintai akan lebih mampu mengatasi masalah dan menghadapi tantangan.

6. Ajarkan Keterampilan Mengatasi Emosi

Bantu anak untuk mengenali dan mengelola emosinya dengan baik. Ajarkan keterampilan mengatasi stres, frustrasi, atau kecemasan dengan cara yang sehat, seperti bernapas dalam-dalam atau berbicara tentang perasaan.

7. Modelkan Sikap yang Positif

Jadilah contoh sikap yang positif dan cara mengatasi masalah dengan baik. Anak cenderung meniru perilaku orang tua atau pengasuhnya, jadi usahakan untuk menunjukkan sikap yang tenang dan penuh pengertian.

8. Bantu Anak Memahami Akibat Perilaku

Ajarkan anak tentang akibat dari perilaku negatif atau berperilaku buruk, dan dorongnya untuk membuat keputusan yang lebih baik.

9. Ajak Anak Melibatkan Diri dalam Aktivitas Positif

Dorong anak untuk terlibat dalam kegiatan positif yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Aktivitas ini dapat membantu anak merasa lebih bahagia, mengurangi stres, dan meningkatkan rasa percaya diri.

10. Beri Ruang untuk Kesalahan

Ingatlah bahwa anak adalah manusia dan akan melakukan kesalahan. Beri ruang untuk kesalahan dan gunakan kesalahan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh.

Ingatlah bahwa setiap anak adalah unik, jadi bisa jadi beberapa langkah lebih efektif daripada yang lain. Selalu perhatikan dan perhatikan bagaimana anak merespons upaya Anda dalam membantu memperbaiki mentalnya.

Jika masalah terus berlanjut atau tampaknya semakin parah, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional seperti psikolog anak atau konselor sekolah untuk bantuan tambahan.

 

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat13 Juni 2024, 20:00 WIB

4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan.
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).