7 Tipe Orang yang Mudah Merasa Overthinking, Apa Kamu Termasuk?

Rabu 17 Januari 2024, 12:15 WIB
Ilustrasi - 7 Tipe Orang yang Mudah Merasa Overthinking, Apa Kamu Termasuk? (Sumber : Freepik/freepik)

Ilustrasi - 7 Tipe Orang yang Mudah Merasa Overthinking, Apa Kamu Termasuk? (Sumber : Freepik/freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Banyak orang yang merasa overthinking dengan berbagai hal dalam hidupnya, dan tak jarang hal tersebut membuatnya stres dan kehilangan kebahagiaan.

Tapi tahukah jika ada beberapa tipe orang yang mudah merasa berpikir berlebihan. Orang yang mudah merasa overthinking ini cenderung memiliki kecenderungan untuk terlalu memikirkan dan menganalisis situasi atau masalah dengan sangat mendalam dan berlebihan.

Jika kamu termasuk salah satunya, cobalah untuk merubah pola pikir dengan meminta bantuan seseorang, bila perlu minta saran seorang ahli kesehatan mental. Berikut beberapa tipe orang yang sering mengalami overthinking antara lain:

Baca Juga: 12 Ciri Orang Tua Sedih Karena Pikirannya Stres, Terlihat dari Sikapnya

1. Perfectionist

Orang yang memiliki sifat perfeksionis cenderung menetapkan standar yang sangat tinggi untuk diri mereka sendiri. Mereka khawatir bahwa jika sesuatu tidak sempurna, itu dianggap sebagai kegagalan.

2. Cemas (Worried Person)

Orang yang cenderung cemas atau memiliki kecenderungan kecemasan sering kali merasa khawatir tentang kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat terjadi di masa depan. Mereka cenderung memikirkan banyak skenario negatif.

Baca Juga: Danau Cantik dengan Latar Gunung Salak, Harus ke Sini Pas Liburan di Bogor

3. Analitis Berlebihan

Orang yang cenderung menganalisis segala sesuatu secara berlebihan dan mendalam bisa menjadi korban overthinking. Mereka terjebak dalam detail dan sulit untuk melepaskan diri dari pikiran-pikiran rumit.

4. Orang yang Sensitif

Orang yang sangat peka terhadap perasaan dan respons orang lain mungkin merasa terlalu banyak memikirkan bagaimana orang lain memandang atau merespon mereka.

5. Rasa Takut akan Keputusan Salah

Orang yang takut membuat keputusan yang salah atau takut mengambil risiko sering kali terperangkap dalam siklus berpikir yang berlebihan. Mereka mencoba memprediksi hasil-hasil dan merasa terbebani oleh konsekuensi yang mungkin timbul.

Baca Juga: 10 Ciri Orang Tidak Suka dengan Kita dan Berpura-pura Baik

6. Rumit dalam Pengambilan Keputusan

Orang yang kesulitan membuat keputusan sering kali berpikir terlalu dalam tentang semua opsi yang ada dan mempertimbangkan setiap kemungkinan dengan terlalu rinci.

7. Pemikir Masa Depan

Orang yang cenderung memikirkan masa depan dengan intensitas tinggi, termasuk skenario yang mungkin terjadi, bisa merasa cemas dan overthinking tentang apa yang akan datang.

Penting untuk diingat bahwa overthinking dapat memengaruhi kesejahteraan mental dan emosional seseorang.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami overthinking secara terus-menerus, penting untuk mencari dukungan dari teman, keluarga, atau profesional kesehatan mental.

Terapi kognitif perilaku (CBT) adalah salah satu pendekatan yang seringkali membantu individu yang mengalami overthinking.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Entertainment16 Mei 2024, 14:15 WIB

Selamat! Aaliyah Massaid Dilamar Oleh Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid resmi dilamar oleh sang kekasih Thariq Halilintar pada 15 Mei 2024 di suatu tempat yang tidak diberitahu oleh keduanya. Aaliyah dan Thariq membagikan momen bahagia itu di instagram
Momen kebahagiaan Aaliyah Massaid yang dilamar Thariq Halilintar (Sumber : instagram @/thariqhalilintar)
Sehat16 Mei 2024, 14:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi.
Ilustrasi - Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi. (Sumber : YouTube/@My Food Forest)
Sukabumi16 Mei 2024, 13:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Launching Kerja Sama dengan SRC Area Sukabumi

Program quarterly dimulai sejak April 2024 dan berulang setiap tiga bulan sekali.
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi racing program bersama SRC di salah satu hotel di Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Nasional16 Mei 2024, 13:41 WIB

Sewa dari Maskapai Asing, Mesin Pesawat Garuda Terbakar Saat Angkut Jemaah Haji

Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (Sumber: istimewa)
Life16 Mei 2024, 13:30 WIB

10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

Beberapa kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit ginjal dapat memperburuk asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat penting untuk mengelola kondisi-kondisi tersebut dengan baik.
Ilustrasi. Belanja bahan makanan sehat. Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat (Sumber : Pexels/RaviKant)
Sehat16 Mei 2024, 13:00 WIB

Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain.
Ilustrasi - Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain. (Sumber : Freepik.com/@Wiroj Sidhisoradej)
Life16 Mei 2024, 12:45 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Cepat Melemahkan Daya Ingat Anda, Berhenti Sekarang!

Daya ingat seseorang menjadi menurun biasanya disebabkan beberapa hal yang mungkin dianggap sepele. Adapun umumnya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan
ilustrasi kebiasaan yang melemahkan daya ingat (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sehat16 Mei 2024, 12:30 WIB

Ada Durian Tinggi Purin, 7 Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Durian adalah buah tropis yang kaya akan purin dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Kios Buah. Ada Durian Tinggi Purin, Deretan Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/MariaOrlova)
Life16 Mei 2024, 12:15 WIB

Usahakan Tetap Tenang, Begini 5 Tips Jitu Mengatasi Balita Yang Selalu Emosi

Mengatasi emosi besar pada balita kita dan mengetahui cara meresponsnya adalah salah satu bagian tersulit dalam mengasuh balita.
mengatasi balita yang emosi dengan tenang (Sumber : pexels.com/@AlexanderDummer)
Bola16 Mei 2024, 12:00 WIB

Leg 2 Championship Series Persib Bandung vs Bali United: Suporter Bali United Dilarang Datang!

Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung.
Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung. | (Sumber : persib.co.id)