11 Cara Memperbaiki Hubungan yang Mulai Tidak Sehat, Jangan Egois

Senin 08 Januari 2024, 07:00 WIB
Ilustrasi - 11 Cara Memperbaiki Hubungan yang Mulai Tidak Sehat, Jangan Egois(Sumber : Freepik)

Ilustrasi - 11 Cara Memperbaiki Hubungan yang Mulai Tidak Sehat, Jangan Egois(Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam sebuah hubungan ada kalanya mengalami pasang surut dan terkadang terasa tidak menyenangkan yang bisa diakibatkan berbagai hal yang mengakibatkan hubungan tidak sehat.

Jika saat ini merasa bahwa hubungan yang Anda jalani mulai tidak sehat dan ingin memperbaikinya, hal itu perlu diawali dari diri sendiri dan kemudian dikomunikasikan dengan pasangan.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperbaiki hubungan yang tidak sehat.

Baca Juga: 10 Ciri Batin Anak Tertekan Akibat Sering Dibentak Orang Tua

1. Refleksi Diri

Pertama-tama, lakukan refleksi diri terhadap peran Anda dalam hubungan. Pertanyakan diri sendiri apakah ada perilaku atau keputusan Anda yang dapat mempengaruhi kesehatan hubungan.

2. Komunikasi Terbuka

Bicarakan secara terbuka dengan pasangan tentang perasaan dan kekhawatiran Anda. Dengarkan dengan penuh perhatian apa yang mereka katakan dan hindari menyalahkan satu sama lain. Fokuslah pada pemecahan masalah bersama.

3. Identifikasi Isu-isu Utama

Tentukan isu-isu utama yang dapat merusak hubungan. Identifikasi pola-pola perilaku yang mungkin telah menyebabkan ketidakseimbangan atau ketidakpuasan. Mengetahui akar masalah adalah langkah penting untuk memperbaiki hubungan.

Baca Juga: Kaya di Luar Negeri Sabana di Bogor Ini Indah Banget Cocok Buat Healing

4. Ambil Tanggung Jawab

Jika Anda menyadari bahwa Anda memiliki peran dalam masalah-masalah yang muncul, ambil tanggung jawab atas tindakan Anda. Bersedia untuk mengakui kesalahan dan mencari solusi bersama.

5. Buat Rencana Perubahan

Setelah mengidentifikasi isu-isu utama, buat rencana untuk mengatasi masalah tersebut. Tentukan langkah-langkah konkret yang dapat diambil oleh kedua belah pihak untuk memperbaiki hubungan.

6. Cari Bantuan Profesional

Jika diperlukan, pertimbangkan untuk mencari bantuan dari profesional, seperti konselor pernikahan atau terapis. Mereka dapat membantu membuka jalur komunikasi yang sehat, memberikan pandangan objektif, dan memberikan strategi untuk mengatasi masalah.

Baca Juga: 10 Cara Bersikap Bodo Amat Pada Penilaian Orang Lain Agar Sehat Mental

7. Berikan Waktu dan Kesabaran

Memperbaiki hubungan membutuhkan waktu dan kesabaran. Tidak semua perubahan akan terjadi seketika. Penting untuk memberikan waktu bagi kedua belah pihak untuk beradaptasi dan tumbuh bersama.

8. Bekerja Sama dalam Mencapai Tujuan Bersama

Identifikasi kembali tujuan bersama Anda sebagai pasangan. Bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan tersebut dapat memberikan fokus positif dan meningkatkan ikatan emosional.

9. Praktek Empati

Cobalah untuk melihat dari sudut pandang pasangan Anda. Praktek empati dapat membantu Anda memahami perasaan dan pengalaman mereka, yang dapat memperkuat hubungan.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Orang Tidak Menyukai Kita, Ekspresi Wajahnya Dingin

10. Buka Komunikasi yang Positif

Fokus pada komunikasi yang positif. Ekspresikan rasa syukur, pujian, dan penghargaan secara teratur. Hal-hal kecil seperti ini dapat membangun kebahagiaan dan kesehatan dalam hubungan.

11. Perubahan Gaya Hidup

Kadang-kadang, perubahan gaya hidup dapat membantu memperbaiki hubungan. Ini mungkin mencakup perubahan rutinitas, kebiasaan, atau aktivitas yang dapat mendekatkan Anda sebagai pasangan.

Ingatlah bahwa setiap hubungan unik, dan tidak semua langkah ini mungkin berlaku dalam setiap situasi. Penting untuk terus berkomunikasi dengan pasangan dan bersedia untuk beradaptasi dengan perubahan.

Jika upaya-upaya ini tidak memberikan hasil yang diinginkan atau jika situasinya terus memburuk, mencari bantuan profesional secepatnya dapat menjadi langkah yang bijaksana.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin
Kecantikan16 Juli 2024, 19:30 WIB

9 Manfaat Masker Jelly untuk Perawatan Kulit Wajah dan Tips Menggunakannya

Masker jelly bisa membantu memberikan hidrasi mendalam dan membantu menjaga kelembaban kulit, menjadikan kulit tampak lebih segar dan kenyal.
Ilustrasi Memakai Masker Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)