15 Ciri Orang Menyimpan Luka Batin yang Menyakitkan, Kamu Juga Mengalaminya?

Senin 11 Desember 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi - Luka batin adalah suatu kondisi emosional yang disebabkan oleh pengalaman traumatis di masa lalu. (Sumber : pexels.com/@cottonbro studio)

Ilustrasi - Luka batin adalah suatu kondisi emosional yang disebabkan oleh pengalaman traumatis di masa lalu. (Sumber : pexels.com/@cottonbro studio)

SUKABUMIUPDATE.com - Luka batin adalah suatu bentuk trauma yang dapat dialami oleh seseorang akibat pengalaman menyakitkan, seperti kekerasan fisik atau emosional, pelecehan seksual, kematian orang yang dicintai, atau peristiwa traumatis lainnya.

Luka batin dapat menyebabkan berbagai masalah emosional seperti mental dan fisik. Secara fisik, luka batin dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit kepala, nyeri otot hingga masalah pencernaan.

Namun, secara mental, luka batin bisa menyebabkan masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, gangguan makan dan lain-lain. Berikut adalah beberapa ciri seseorang yang menyimpan luka batin dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: 10 Ciri Anak yang Akan Tumbuh Menjadi Pribadi Introvert, Bunda Harus Kenali

1. Sensitif: Mudah Tersinggung, Menangis, atau Marah karena Hal-hal Sepele

Orang yang menyimpan luka batin seringkali memiliki emosi yang lebih sensitif daripada orang lain. Mereka mudah tersinggung, menangis, atau marah karena hal-hal sepele. Hal ini karena mereka memiliki rasa aman yang rendah dan mudah merasa terancam atau terluka.

2. Perubahan Mood yang Tidak Terduga

Seseorang yang menyimpan luka batin mungkin mengalami perubahan mood yang tiba-tiba, termasuk menjadi sangat sedih, marah, atau cemas tanpa alasan yang jelas.

3. Mudah Curiga dan Tidak percaya

Orang yang menyimpan luka batin seringkali memiliki masalah kepercayaan. Mereka sulit untuk mempercayai orang lain, bahkan orang terdekatnya. Hal ini karena mereka pernah dikhianati atau disakiti oleh orang lain di masa lalu.

Baca Juga: 9 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Introvert dengan Mental Kuat

4. Kehilangan Minat pada Aktivitas yang Pernah Dinikmati

Orang yang menyimpan luka batin sering kehilangan minat pada aktivitas yang sebelumnya mereka nikmati, seperti hobi, olahraga, atau kegiatan sosial.

5. Cenderung Menarik Diri dari Orang Lain

Orang yang menyimpan luka batin seringkali menarik diri dari orang lain. Mereka lebih memilih untuk menyendiri daripada berinteraksi dengan orang lain. Hal ini karena mereka merasa tidak nyaman berada di sekitar orang lain atau takut untuk terluka lagi.

6. Gangguan Tidur

Orang yang memendam luka batin cenderung akan kesulitan tidur, insomnia, atau tidur berlebihan (hipersomnia) bisa menjadi tanda adanya masalah emosional. Jika terus dibiarkan akan berdampak buruk pada aktivitas kehidupan.

Baca Juga: Bunda Catat yah! Ini 8 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi

7. Sering Merasa Sedih, Kesepian, dan Tidak berharga

Orang yang menyimpan luka batin seringkali merasa sedih, kesepian, dan tidak berharga. Mereka memiliki pandangan negatif terhadap diri sendiri dan dunia. Hal ini karena mereka merasa bahwa mereka tidak layak untuk dicintai atau bahagia.

8. Memiliki Pola Hubungan yang Tidak Sehat

Seseorang yang memiliki luka batin seringkali terjebak dalam pola hubungan yang tidak sehat. Mereka mungkin memilih pasangan yang kasar atau manipulatif dan hal itu yang membuat luka batin mereka bertambah.

9. Mengalami Mimpi Buruk atau Kilas Balik

Terus menerus mengingat kembali pengalaman traumatis yang menyebabkan luka batin.
Orang yang menyimpan luka batin seringkali mengalami mimpi buruk atau kilas balik. Mereka terus menerus mengingat kembali pengalaman traumatis yang menyebabkan luka batin. Hal ini dapat menyebabkan kecemasan, stres, dan gangguan tidur.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Memiliki Kepribadian Baik dan Bijaksana, Kamu Juga Termasuk?

10. Memiliki masalah kesehatan mental

Luka batin dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, depresi, dan gangguan makan. Ini menjadi salah satu ciri orang-orang yang memiliki luka batin yang belum sembuh,

11. Memiliki Pikiran Negatif

Berpikiran negatif tentang diri sendiri, orang lain, dan dunia. Orang yang menyimpan luka batin seringkali memiliki pikiran negatif. Mereka berpikir negatif tentang diri sendiri, orang lain, dan dunia. Hal ini karena mereka memiliki pandangan negatif terhadap diri sendiri dan dunia.

12. Sulit untuk Berkonsentrasi

Kesulitan untuk fokus pada tugas-tugas karena pikiran yang terganggu oleh pengalaman traumatis. Orang yang menyimpan luka batin seringkali sulit untuk berkonsentrasi. Pikiran mereka terganggu oleh pengalaman traumatis yang mereka alami.

Baca Juga: 7 Ciri Perempuan Introvert yang Sangat Mudah Disukai Banyak Orang

13. Memiliki Masalah dengan Ingatan

Orang yang menyimpan luka batin seringkali memiliki masalah dengan ingatan. Mereka mungkin menderita amnesia disosiatif, yaitu hilangnya ingatan yang tidak dapat dijelaskan secara medis. Mereka juga mungkin kesulitan mengingat detail-detail tertentu dari pengalaman traumatis yang mereka alami.

14. Berperilaku Impulsif

Mereka yang memiliki luka batin seringkali berperilaku impulsif. Mereka mungkin terlibat dalam penggunaan narkoba atau alkohol, atau terlibat dalam hubungan yang berisiko.

15. Memiliki Masalah dalam Mengendalikan Emosi

Luka batin seringkali memiliki masalah dalam mengendalikan emosi. Mereka mungkin mudah marah, tersinggung, atau merasa takut. Masalah emosi menjadi salah satu yang menjadi ciri orang dengan luka batin.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat05 Mei 2024, 08:00 WIB

Picu Serangan, 4 Bahaya Terlalu Banyak Makan Purin untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat memiliki metabolisme yang tidak efisien dalam mengurai purin.
Ilustrasi - Serangan Asam Urat di Rumah Adalah Salah Satu Bahaya Makan Purin Berlebihan (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel05 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jawer Kotok untuk Mengobati Diabetes, 7 Langkah Simpel!

Daun Jawer Kotok memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pahit namun bisa diolah sebagai air rebusan untuk mengobati diabetes secara alami.
Ilustrasi. Daun Jawer Kotok, Bahan Air Rebusan untuk Mengobati Diabetes Secara Alami. Foto: Instagram/@gerbanghijau
Science05 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan untuk Sukabumi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk