12 Ciri Orang Memiliki Masalah Kepribadian, Apa Kamu Mengalaminya?

Jumat 01 Desember 2023, 07:00 WIB
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Masalah Kepribadian, Apa Kamu Mengalaminya? | pixabay.com/ShimaAbedinzade

Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Masalah Kepribadian, Apa Kamu Mengalaminya? | pixabay.com/ShimaAbedinzade

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang memiliki masalah kepribadian dapat menunjukkan ciri-ciri tertentu yang dapat mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan diri sendiri dan orang lain.

Ciri-ciri orang memiliki masalah kepribadian dapat dilihat serta diperhatikan dari sikap dan perilakunya. Biasanya mereka cenderung emosional dalam hal tertentu.

Masalah kepribadian bisa bervariasi dari tingkat keparahan dan jenisnya. Berikut beberapa ciri orang memiliki masalah kepribadian, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Ciri Orang Memiliki Masalah Kepribadian

1. Emosional Tidak Stabil

Orang yang memiliki masalah kepribadian kesulitan dalam mengatur emosi, mungkin sering mengalami perubahan mood yang tiba-tiba dan ekstrem.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Wanita yang Menyukai Kita, Memperhatikan Penampilan

2. Hubungan Interpersonal yang Sulit

Orang yang mengalami masalah kepribadian kesulitan dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat dan stabil dengan orang lain. Sulit memahami perasaan dan kebutuhan orang lain termasuk salah satu ciri orang memiliki masalah kepribadian.

3. Impulsif

Orang yang memiliki masalah kepribadian cenderung bertindak tanpa pemikiran panjang atau pertimbangan konsekuensi. Keputusan impulsif seringkali dibuat tanpa perencanaan yang matang termasuk salah satu ciri orang memiliki masalah kepribadian.

4. Merasa Kesepian atau Terisolasi

Meskipun mungkin sulit dalam hubungan interpersonal, Orang yang mengalami masalah kepribadian juga bisa merasa kesepian atau terisolasi.

Baca Juga: 10 Bahasa Tubuh Laki-laki yang Menyukai Kita, Suka Memberi Perhatian

5. Perilaku Merugikan Diri Sendiri

Perilaku-perilaku destruktif Orang yang memiliki masalah kepribadian terlihat dari tindakan melukai diri sendiri, penggunaan zat terlarang, atau pengambilan risiko yang tidak perlu.

6. Sulit Memahami Identitas Pribadi

Orang yang mengalami masalah kepribadian kesulitan dalam merasa dan memahami identitas diri mereka. Cenderung berganti-ganti kepribadian atau selalu mencari identitas yang stabil termasuk salah satu ciri orang memiliki masalah kepribadian.

7. Hubungan Romantis Tidak Stabil

Orang yang memiliki masalah kepribadian kesulitan menjaga hubungan romantis yang stabil dan sehat. Hubungan yang penuh dengan ketidakpastian dan konflik termasuk salah satu ciri orang memiliki masalah kepribadian.

Baca Juga: Ekspresi Senang Tapi Aslinya Iri dengan Kita, Begini 10 Ciri-Cirinya!

8. Sulit Mengendalikan Amarah

Orang yang mengalami masalah kepribadian kesulitan mengelola emosi negatif, khususnya amarah. Reaksi terhadap situasi stres dapat menjadi eksplosif dan tidak proporsional adalah salah satu ciri orang memiliki masalah kepribadian.

9. Tidak Mampu Adaptasi

Orang yang memiliki masalah kepribadian kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan dalam kehidupan atau lingkungan. Merasa sangat cemas atau tidak nyaman ketika dihadapkan pada situasi baru termasuk salah satu ciri orang memiliki masalah kepribadian.

10. Perilaku Manipulatif

Orang yang mengalami masalah kepribadian cenderung memanipulasi orang lain untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau menghindari tanggung jawab.

Baca Juga: Ekspresi Senang Tapi Aslinya Iri dengan Kita, Begini 10 Ciri-Cirinya!

11. Merasa Hampa

Orang yang memiliki masalah kepribadian sering merasa kekosongan atau kehampaan yang sulit diisi, meskipun memiliki prestasi atau keberhasilan dalam kehidupan.

Penting untuk diingat bahwa ciri-ciri orang memiliki masalah kepribadian ini dapat bervariasi dan bukanlah diagnosis resmi.

Jika ada seseorang yang dikenal mengalami masalah kepribadian yang signifikan, sangat penting untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental.

Psikoterapi atau konseling dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah dan mencari solusi yang tepat.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life14 Mei 2024, 15:30 WIB

6 Tanda Kegagalan Orang Tua dalam Mendidik Anak di Masa Kecil, Yuk Ketahui!

Orang tua yang gagal dalam mendidik anak pada umumnya bisa dilihat dari perkembangan anak saat sudah dewasa nanti
Bukti kegagalan orang tua dalam mendidik anak (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Sukabumi14 Mei 2024, 15:18 WIB

16 Siswa SD Keracunan, Dinkes Kabupaten Sukabumi Pantau Peredaran Jajanan Anak

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi tanggapi serius kasus 16 siswa SDN I Cidadap di Jalan Goalpara, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi yang alami keracunan jajanan. Senin (13/5/2024).
Dinas Kesehatan Sukabumi pantau peredaran jajanan anak yang berbahaya| Foto : Asep Awaludin
Sehat14 Mei 2024, 15:15 WIB

7 Obat Tradisional Dipercaya Turunkan Kolesterol dan Baik Untuk Jantung

Selain melakukan pengobatan secara medis, ada beberapa obat tradisional yang dipercaya bisa menurunkan kolesterol dan baik bagi kesehatan jantung. Bahkan beberapa di antaranya sudah digunakan sejak dahulu
bawang putih adalah salah satu obat tradisional yang dipercaya dapat turunkan kadar kolesterol tinggi dan baik untuk jantung. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Inspirasi14 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff QC dan Sales Staff, Lokasi Penempatan di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Freepik)
Sukabumi14 Mei 2024, 14:59 WIB

Sodorkan Uang ke Paman, Anak di Sukabumi Minta Dibunuh Setelah Habisi Ibunya

Rahmat meminta dibunuh oleh Pahrudin setelah membunuh ibunya sendiri.
Kondisi rumah Inas (43 tahun) dan Rahmat alias Herang (25 tahun) atau lokasi pembunuhan di Kampung Cilandak RT 15/04 Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa (14/5/2024). | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 14:45 WIB

10 Tips Makan Sehat Agar Kolesterol Tinggi Bisa Turun, Yuk Terapkan Setiap Hari

Makan sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi yang memiliki riwayat atau mengidap kolesterol tinggi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak menyebabkan penyakit berbahaya, seperti jantung
Ilustrasi makanan sehat bagi penderita kolesterol tinggi, agar bisa menurunkannya dan membuat tubuh lebih sehat. (Sumber : Freepik.com)
Life14 Mei 2024, 14:30 WIB

10 Kebiasaan Pagi Hari yang Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Pada Tubuh

Untuk menurunkan kolesterol tidak hanya dengan mengubah pola makan saja, tetapi juga dengan melakukan kegiatan di pagi hari yang positif
olahraga adalah salah satu kegiatan di pagi hari yang bisa membantu turunkan kolesterol tinggi pada tubuh. (Sumber : freepik.com/@jcomp)
Sehat14 Mei 2024, 14:15 WIB

Punya Gula Darah Tak Perlu Dihindari, 3 Alasan Karbohidrat Penting untuk Kesehatan

Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda.
Ilustrasi - Karbohidrat adalah molekul gula yang memberi energi pada otak dan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi14 Mei 2024, 14:13 WIB

20 Tusukan Garpu Sawah, Kondisi Tragis Ibu Dibunuh Anak di Kalibunder Sukabumi

Polisi telah menangkap dan menahan Rahmat di Mapolsek Kalibunder.
Jenazah Inas (43 tahun) setelah diduga dibunuh anak kandungnya, Rahmat alias Herang (25 tahun), di dalam kamar rumah mereka di Kampung Cilandak, Desa Sekarsari, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat14 Mei 2024, 14:00 WIB

5 Kategori Ikan Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Meskipun ikan-ikan ini memiliki jumlah purin yang tinggi, tidak berarti seluruh kategori ikan tersebut harus sepenuhnya dihindari penderita asam urat.
Ilustrasi - Beberapa jenis ikan laut yang tinggi purin termasuk kategori ikan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah besar oleh penderita asam urat. (Sumber : Pexels/AlexanderZvir)