4 Cara Membangun Ketahanan Stres Emosional, Latih Welas Asih Salah Satunya

Selasa 28 November 2023, 09:38 WIB
Ilustrasi membangun ketahanan terhadap stres emosional. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio

Ilustrasi membangun ketahanan terhadap stres emosional. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat pikiran dan tubuh juga dapat memainkan peran protektif, dan membuat Anda lebih tangguh dalam menghadapi tekanan emosional. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu memastikan bahwa Anda merawat diri sebaik mungkin meliputi:

1. Tidur yang Cukup

Istirahat yang Anda dapatkan setiap malam dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental. Jika cukup tidur, stres yang Anda alami sepanjang hari mungkin tidak terlalu menakutkan. Tentu saja, berada di bawah tekanan membuat Anda lebih sulit mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, terutama jika berbaring dalam keadaan khawatir. Beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur ialah termasuk memastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang nyaman untuk tidur, serta menciptakan rutinitas malam hari yang membuat Anda siap untuk tertidur begitu kepala menyentuh bantal. Cobalah mandi air hangat, secangkir teh kamomil, dan meditasi damai sebelum Anda berbaring.

2. Gerakkan Tubuhmu atau Olahraga

Semakin banyak penelitian yang menunjukkan betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan mental. Selain melawan gejala depresi dan kecemasan, memacu jantung dan menggerakkan tubuh juga dapat membuat Anda lebih siap menghadapi stres emosional. Pergi ke gym adalah sebuah pilihan jika itu cocok untuk Anda, tetapi jenis olahraga apa pun dengan intensitas sedang bisa digunakan. Pertimbangkan aktivitas yang Anda sukai, seperti bersepeda, jogging, berjalan kaki, berkebun, skating, hiking, atau mendayung. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit dan aktivitas penguatan otot selama dua hari setiap minggunya.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Stres Emosional yang Perlu Diketahui, Simak Penjelasannya!

3. Dapatkan Dukungan dari Teman dan Keluarga

Koneksi sosial sangat penting untuk kesehatan mental dan mengelola stres emosional. Saat Anda mulai merasa kewalahan, hubungi teman dan anggota keluarga yang dapat membantu. Bukti menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat mengurangi tekanan psikologis dan membantu menciptakan perlindungan terhadap efek stres yang merusak kesehatan.

4. Latih Welas Asih pada Diri Sendiri

Memperlakukan diri sendiri dengan baik juga dapat berperan dalam membangun ketahanan yang lebih besar terhadap stres emosional. “Saat Anda mengalami stres emosional, bayangkan kata-kata baik dan menenangkan yang akan Anda ucapkan kepada teman dekat yang berada dalam situasi yang sama. Sekarang bayangkan mengatakan hal itu kepada diri sendiri dan kirimkan kehangatan, pengertian, dan kasih sayang yang sama ke arah Anda,” saran Alison McKleroy, LMFT .

Sumber: Very Well Mind

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih17 Mei 2024, 14:07 WIB

5 Dari 10 PPK Bermasalah Kembali Dilantik, Ini Alibi KPU Kota Sukabumi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi melantik 35 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024. Kamis (16/5/2024).
Ketua KPU Kota Sukabumi, Imam Sutrisno saat diwawancarai soal PPK bermasalah kembali dilantik | Foto : Asep Awaludin
Sehat17 Mei 2024, 14:00 WIB

6 Langkah Membuat Teh Rosemary di Rumah untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

Teh rosemary menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol.
Ilustrasi - Teh rosemary menawarkan cara alami dan efektif untuk mendukung kesehatan jantung dan mengatur kadar kolesterol. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
Jawa Barat17 Mei 2024, 13:51 WIB

Hotman Paris Sebut BAP Vina Cirebon Berubah Soal 3 DPO, Mabes Polri Turun Tangan

dugaan ini dilatari fakta meski sudah 8 tahun berlalu, tiga pelaku pembunuhan Vina Cirebon dan Eki belum juga tertangkap
Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea, resmi menjadi  kuasa hukum keluarga Vina Dewi Arsita alias Vina Cirebon, kasus pembunuhannya yang 8 tahun ‘terlupakan’. (Sumber: youtube kapanlagi.com)
Life17 Mei 2024, 13:45 WIB

Jangan Khawatir Bunda, Ini 6 Tips Memberikan ASI Untuk Bayi yang Rewel

Memiliki bayi yang rewel saat diberi ASI memang dapat menggoyahkan rasa percaya diri, namun bagi banyak orang tua mencari bantuan yang tepat adalah hal yang sepadan dengan waktu dan upaya yang diperlukan.
Ilustrasi menenangkan anak yang rewel ketika akan diberikan ASI (Sumber : Pexels.com/@RDNEstockproject)
Life17 Mei 2024, 13:30 WIB

7 Gaya Hidup Sehat untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Lengkap Menu Makan Sehari!

Dengan mengikuti langkah-langkah gaya hidup sehat, Anda dapat mengurangi kadar kolesterol tinggi secara signifikan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
Ilustrasi. Menu Makan Sehat. Gaya Hidup yang Bisa Menurunkan Kolesterol Tinggi. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
Sehat17 Mei 2024, 13:15 WIB

7 Gejala Asam Urat Pada Pria, Terasa di Kaki dan Jari Tangan Saat Malam Hari

Gejala asam urat pada pria ternyata bisa dirasakan pada kaki dan jari, terutama di malam hari. Waspadai gejala yang muncul ketika asam urat kambuh. Bila semakin parah sebaiknya segera periksa ke dokter atau layanan kesehatan lain
Begini 7 gejala asam urat yang terjadi pada pria, terasa setiap malam hari. (Sumber : freepik.com/@javi_indy)
Sehat17 Mei 2024, 13:00 WIB

Solusi Taklukan Serangan Asam Urat: 8 Cara Mengobatinya di Rumah dengan Bahan Alami

Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian.
Ilustrasi - Asam urat adalah salah satu jenis radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian. (Sumber : Freepik.com).
Sehat17 Mei 2024, 12:45 WIB

7 Minuman Herbal Ini Mampu Obati Asam Urat, Minum Tiap Pagi Hari!

Asam urat adalah penyakit yang menyerang bagian sendi dan sering menimbulkan rasa nyeri yang begitu menyakitkan, sampai tidak beraktivitas. Terntaya ada beberapa minuman herbal yang bisa mengobati asam urat
Ilustrasi teh jah yang merupakan salah satu dari tujuh minuman herbal yang dapat mengobati asam urat (Sumber : Freepik.com)
Life17 Mei 2024, 12:30 WIB

10 Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup

Meredakan Nyeri Asam Urat. Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan mengurangi risiko serangan gout.
Ilustrasi. Cara Meredakan Nyeri Asam Urat dengan Pengobatan Alami dan Perubahan Gaya Hidup (Sumber : Pexels/EllaColsson)
Life17 Mei 2024, 12:15 WIB

6 Dampak Buruk Sering Menuruti Kemauan Anak, Orang Tua Jangan Menyesal!

Selalu menuruti kemauan anak rupanya memiliki dampak buruk yang mesti diperhatikan oleh orang tua ketika mendidiknya. Semua ini perlu diperhatikan demi kebaikan anak ketika dewasa
Ilustrasi dampak buruk selalu menuruti kemauan anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockproject)