4 Cara Membangun Ketahanan Stres Emosional, Latih Welas Asih Salah Satunya

Selasa 28 November 2023, 09:38 WIB
Ilustrasi membangun ketahanan terhadap stres emosional. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio

Ilustrasi membangun ketahanan terhadap stres emosional. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat pikiran dan tubuh juga dapat memainkan peran protektif, dan membuat Anda lebih tangguh dalam menghadapi tekanan emosional. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu memastikan bahwa Anda merawat diri sebaik mungkin meliputi:

1. Tidur yang Cukup

Istirahat yang Anda dapatkan setiap malam dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental. Jika cukup tidur, stres yang Anda alami sepanjang hari mungkin tidak terlalu menakutkan. Tentu saja, berada di bawah tekanan membuat Anda lebih sulit mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, terutama jika berbaring dalam keadaan khawatir. Beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur ialah termasuk memastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang nyaman untuk tidur, serta menciptakan rutinitas malam hari yang membuat Anda siap untuk tertidur begitu kepala menyentuh bantal. Cobalah mandi air hangat, secangkir teh kamomil, dan meditasi damai sebelum Anda berbaring.

2. Gerakkan Tubuhmu atau Olahraga

Semakin banyak penelitian yang menunjukkan betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan mental. Selain melawan gejala depresi dan kecemasan, memacu jantung dan menggerakkan tubuh juga dapat membuat Anda lebih siap menghadapi stres emosional. Pergi ke gym adalah sebuah pilihan jika itu cocok untuk Anda, tetapi jenis olahraga apa pun dengan intensitas sedang bisa digunakan. Pertimbangkan aktivitas yang Anda sukai, seperti bersepeda, jogging, berjalan kaki, berkebun, skating, hiking, atau mendayung. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit dan aktivitas penguatan otot selama dua hari setiap minggunya.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Stres Emosional yang Perlu Diketahui, Simak Penjelasannya!

3. Dapatkan Dukungan dari Teman dan Keluarga

Koneksi sosial sangat penting untuk kesehatan mental dan mengelola stres emosional. Saat Anda mulai merasa kewalahan, hubungi teman dan anggota keluarga yang dapat membantu. Bukti menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat mengurangi tekanan psikologis dan membantu menciptakan perlindungan terhadap efek stres yang merusak kesehatan.

4. Latih Welas Asih pada Diri Sendiri

Memperlakukan diri sendiri dengan baik juga dapat berperan dalam membangun ketahanan yang lebih besar terhadap stres emosional. “Saat Anda mengalami stres emosional, bayangkan kata-kata baik dan menenangkan yang akan Anda ucapkan kepada teman dekat yang berada dalam situasi yang sama. Sekarang bayangkan mengatakan hal itu kepada diri sendiri dan kirimkan kehangatan, pengertian, dan kasih sayang yang sama ke arah Anda,” saran Alison McKleroy, LMFT .

Sumber: Very Well Mind

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi16 Juni 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK. (Sumber : Freepik)
Aplikasi16 Juni 2024, 08:00 WIB

30 Link Twibbon Idul Adha 2024, Cocok Untuk Dibagikan di Sosial Media

Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim.
Ilustrasi - Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim. (Sumber : twibbonize.com).
Musik16 Juni 2024, 07:57 WIB

Kepala Tanpa Otak, Dari Sukabumi AX6 Gebrak Dunia Metal Industrial Core

Kepala Tanpa Otak menjadi judul album sekaligus judul lagu pamungkas dari kelahiran kembali AX6.
AX6, Ali topen (vokalis) bersama Raka, Iskandar dan Heri. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 07:00 WIB

50 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Tebarkan Semangat Kebersamaan

Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.
Ilustrasi - Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.(Sumber : Freepik)
Food & Travel16 Juni 2024, 06:30 WIB

4 Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor, Sate hingga Kue Kering

Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat ini menggunakan bahan-bahan yang rendah purin dan kaya nutrisi untuk membantu mengelola kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Ilustrasi. Sate. Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor hingga Kue Kering (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science16 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 16 Juni 2024, Pagi Hari Langit Cerah di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Nasional15 Juni 2024, 23:22 WIB

Harun Masiku Menyamar Jadi Guru dan Marbut Masjid di Luar Negeri

Berdasarkan informasi terbaru, Harun Masiku, buron kasus korupsi suap PAW Caleg DPR RI, diketahui menggunakan berbagai penyamaran untuk menghindari pengejaran hukum.
Harun Masiku, Buronan KPK | Foto : Ist
Sukabumi15 Juni 2024, 22:53 WIB

9 WNA China Terombang-ambing di Laut Sukabumi dan Sempat Ditangkap Tentara Australia

Sebanyak sembilan warga negara asing (WNA) asal China dan tiga WNI asal NTT berhasil diamankan di Polres Sukabumi. Setelah di tolong oleh nelayan Sukabumi karena kapal yang mereka tumpangi bermasalah
WNA asal China saat diperiksa di Satreskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi15 Juni 2024, 22:13 WIB

Maling Modus Ganjal ATM di Sukabumi Kepergok, Acungkan Pistol Ke Pengunjung Minimarket

Viral di media sosial, tiga pria misterius acungkan benda mirip pistol ke arah pengunjung tertangkap kamera cctv sebuah minimarket.
Aksi pria acungkan pistol ke pengunjung minimarket di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi | Foto : Capture video CCTV
Film15 Juni 2024, 22:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Hierarchy, Menceritakan Kehidupan Siswa Elite SMA Jooshin

Drama korea Hierarchy menceritakan tentang kehidupan siswa-siswi di SMA elite bernama Jooshin. Selain itu, drakor tersebut juga memperlihatkan berbagai intrik hingga masalah utama yang dihadapi para siswa kelas atas itu.
Sinopsis Drama Korea Hierarchy, Menceritakan Kehidupan Siswa Elite SMA Jooshin (Sumber : X @/infodrakor_id)