4 Cara Membangun Ketahanan Stres Emosional, Latih Welas Asih Salah Satunya

Selasa 28 November 2023, 09:38 WIB
Ilustrasi membangun ketahanan terhadap stres emosional. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio

Ilustrasi membangun ketahanan terhadap stres emosional. | Foto: Pexels.com/@Andrea Piacquadio

SUKABUMIUPDATE.com - Merawat pikiran dan tubuh juga dapat memainkan peran protektif, dan membuat Anda lebih tangguh dalam menghadapi tekanan emosional. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu memastikan bahwa Anda merawat diri sebaik mungkin meliputi:

1. Tidur yang Cukup

Istirahat yang Anda dapatkan setiap malam dapat berdampak signifikan pada kesehatan mental. Jika cukup tidur, stres yang Anda alami sepanjang hari mungkin tidak terlalu menakutkan. Tentu saja, berada di bawah tekanan membuat Anda lebih sulit mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, terutama jika berbaring dalam keadaan khawatir. Beberapa hal yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur ialah termasuk memastikan kamar tidur Anda adalah tempat yang nyaman untuk tidur, serta menciptakan rutinitas malam hari yang membuat Anda siap untuk tertidur begitu kepala menyentuh bantal. Cobalah mandi air hangat, secangkir teh kamomil, dan meditasi damai sebelum Anda berbaring.

2. Gerakkan Tubuhmu atau Olahraga

Semakin banyak penelitian yang menunjukkan betapa pentingnya olahraga bagi kesehatan mental. Selain melawan gejala depresi dan kecemasan, memacu jantung dan menggerakkan tubuh juga dapat membuat Anda lebih siap menghadapi stres emosional. Pergi ke gym adalah sebuah pilihan jika itu cocok untuk Anda, tetapi jenis olahraga apa pun dengan intensitas sedang bisa digunakan. Pertimbangkan aktivitas yang Anda sukai, seperti bersepeda, jogging, berjalan kaki, berkebun, skating, hiking, atau mendayung. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan untuk melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit dan aktivitas penguatan otot selama dua hari setiap minggunya.

Baca Juga: Gejala dan Penyebab Stres Emosional yang Perlu Diketahui, Simak Penjelasannya!

3. Dapatkan Dukungan dari Teman dan Keluarga

Koneksi sosial sangat penting untuk kesehatan mental dan mengelola stres emosional. Saat Anda mulai merasa kewalahan, hubungi teman dan anggota keluarga yang dapat membantu. Bukti menunjukkan bahwa dukungan sosial dapat mengurangi tekanan psikologis dan membantu menciptakan perlindungan terhadap efek stres yang merusak kesehatan.

4. Latih Welas Asih pada Diri Sendiri

Memperlakukan diri sendiri dengan baik juga dapat berperan dalam membangun ketahanan yang lebih besar terhadap stres emosional. “Saat Anda mengalami stres emosional, bayangkan kata-kata baik dan menenangkan yang akan Anda ucapkan kepada teman dekat yang berada dalam situasi yang sama. Sekarang bayangkan mengatakan hal itu kepada diri sendiri dan kirimkan kehangatan, pengertian, dan kasih sayang yang sama ke arah Anda,” saran Alison McKleroy, LMFT .

Sumber: Very Well Mind

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)