Jangan Salah Mengartikan, Kenali Perbedaan Cinta dan Obsesi dalam Hubungan

Minggu 29 Oktober 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi. Kamu Cinta atau Obsesi? Kenali Perbedaannya Disini! (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Kamu Cinta atau Obsesi? Kenali Perbedaannya Disini! (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Kita semua pasti pernah mengalami keadaan dimana kita sangat menginginkan sesuatu itu menjadi milik kita. Contohnya ketika kita berada di sekolah, kita ingin berangkat ke sekolah menggunakan mobil atau motor pribadi karena akan lebih cepat dan lebih efisien.

Nah, ketika anda berada dalam keadaan tersebut, anda tidak dapat membedakan apakah itu yang namanya cinta atau obsesi? Sebelum lebih jauh mengenal cinta dan obsesi, kita harus tahu dulu faktor-faktor yang membedakan keduanya.

Apabila anda pernah mengalami keduanya, pasti akan relevan dengan pengalaman yang pernah anda rasakan.

Pertama, apabila kamu berada di dekatnya mendatangkan ketenangan dan bukan kegelisahan, berarti anda sedang mengalami cinta. Sebaliknya, apabila anda sedang berada di dekatnya anda merasakan kegelisahan, maka perasaan tersebut hanyalah sebuah obsesi belaka.

Baca Juga: 7 Ciri Orang yang Stres Finansial, Apa Kamu Mengalaminya?

Contohnya ketika anda memiliki gawai terbaru yang canggih. Apabila anda takut gawai itu hilang, tidak berfungsi dan tidak boleh dimainkan oleh adik anda misalnya, berarti gawai tersebut merupakan obsesi anda.

Kedua, kebebasan atau mengatur. Contoh kasus dalam hubungan dengan pasangan. Apabila anda atau pasangan anda memberikan kebebasan untuk mengembangkan potensi masing-masing dan tidak takut salah satu dari anda menjadi orang yang lebih sukses, maka itu adalah perasaan cinta.

Sebaliknya, apabila dalam sebuah hubungan anda suka mengatur, tidak suka pasangan anda menjadi lebih sukses dari anda, maka itu adalah sebuah obsesi.

Terakhir, ketiga adalah dewasa atau kekanak-kanakan. Contoh kasus dalam suatu hubungan dengan pasangan, apabila anda merasa ketika bersama pasangan anda menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi lebih dewasa, maka itu adalah perasaan cinta.

Sebaliknya, apabila anda merasa seperti anak kecil dan mengalami kesulitan bertingkah dewasa dan masih kekanak-kanakan berarti itu adalah obsesi anda.

Perasaan cinta selamanya akan membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik. Sementara obsesi pada awalnya memang lebih menyenangkan daripada perasaan cinta, namun lama-kelamaan diri anda akan merasa tidak nyaman dan ingin terlepas dari perasaan itu.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi16 Juli 2024, 23:12 WIB

Geger Mayat Telanjang di Hutan Situ Gunung Sukabumi, Kondisinya Mengenaskan

Mayat di Situ Gunung Sukabumi tersebut ditemukan dalam kondisi sudah membusuk dengan kepala yang sudah menjadi tengkorak dan terpisah dari badannya.
Penemuan mayat telanjang dengan kondisi mengenaskan di Hutan Situ Gunung Kadudampit Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Nasional16 Juli 2024, 22:30 WIB

Dewan Kehormatan Pecat Ketum PWI Pusat Hendry Ch Bangun, Ini Alasannya

Dewan Kehormatan PWI Pusat resmi memberhentikan penuh Hendry Ch Bangun dari keanggotaannya.
Sosok Ketum PWI pusat Hendry Ch Bangun yang dipecat dewan kehormatan buntut penyalahgunaan kekuasaan. (Sumber Foto : PWI Pusat)
DPRD Kab. Sukabumi16 Juli 2024, 21:43 WIB

4 Pabrik di Sukabumi Gulung Tikar Gegara Krisis Ekonomi Global, Ini Respons DPRD

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar soal badai PHK dan empat pabrik tutup akibat resesi ekonomi global.
Hera Iskandar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : SU
Sehat16 Juli 2024, 21:15 WIB

KKI Sambut Aturan Baru Label Bahaya BPA, Desak BPOM Lakukan Sosialisasi

Komunitas Konsumen Indonesia (KKI) menyambut baik terbitnya revisi peraturan BPOM tentang label label peringatan bahaya BPA pada galon air minum.
Ilustrasi. BPOM terbitkan aturan baru terkait label peringatan bahaya BPD pada galon air minum bermerek dengan bahan polikarbonat. (Sumber : iStock)
Life16 Juli 2024, 21:00 WIB

7 Ciri Orang yang Memiliki Pengalaman Trauma Masa Kecil, Kamu Salah Satunya?

Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan.
Ilustrasi - Memahami dan mengenali ciri-ciri orang yang memiliki pengalaman trauma masa kecil adalah langkah pertama yang penting dalam memberikan dukungan dan intervensi yang diperlukan. (Sumber : pexels.com/@Min An).
Kecantikan16 Juli 2024, 20:30 WIB

Serum Wajah: Jenis, Manfaat dan Tips Memilih yang Cocok untuk Kulit

Serum wajah adalah tambahan yang efektif untuk rutinitas perawatan kulit, menawarkan manfaat yang spesifik untuk berbagai masalah kulit.
Ilustrasi. Serum untuk Perawatan Kulit Wajah (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:29 WIB

Heboh Tabung Sampel Darah dan Jarum Suntik Tercecer di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait penemuan barang diduga limbah medis berupa tabung sampel darah hingga jarum suntik bekas yang tercecer di Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi16 Juli 2024, 20:16 WIB

UPTD PU Monitoring 3 Lokasi Pekerjaan Perbaikan Jalan di Jampangkulon Sukabumi

UPTD PU Wilayah Jampangkulon, melakukan monitoring pelaksanaan kegiatan di bawah bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi
UPTD PU Jampangkulon Sukabumi lakukan monitoring pekerjaan perbaikan jalan | Foto : Ragil Gilang
Life16 Juli 2024, 20:00 WIB

6 Kisah Misteri Leuweung Sancang yang Disebut Tempat Menghilangnya Prabu Siliwangi

Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.
Ilustrasi - Leuweung Sancang, sebuah hutan lindung di Garut, Jawa Barat, menyimpan legenda yang erat kaitannya dengan sosok Prabu Siliwangi, raja ternama Kerajaan Padjajaran.  (Sumber : Pixabay.com/@AlanFrijns/Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Juli 2024, 19:54 WIB

Kang Icak Buka Suara Soal Dukungan Golkar Ke Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Politisi senior Golkar Jawa Barat, Phinera Wijaya, menyatakan bahwa partai Golkar memastikan akan mendukung kader dalam perhelatan Pilkada Kabupaten 2024.
Phinera Wijaya atau Kang Icak, Anggota Fraksi Golkar DPRD Jawa Barat | Foto : Asep Awaludin