10 Ciri Orang yang Putus Asa Menjalani Hidup, Apa Kamu Salah Satunya?

Sabtu 28 Oktober 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi - Orang yang merasa putus asa dalam menjalani hidup dapat menunjukkan beberapa ciri-ciri yang bisa diketahui. (Sumber : Pexels/Kat Smith)

Ilustrasi - Orang yang merasa putus asa dalam menjalani hidup dapat menunjukkan beberapa ciri-ciri yang bisa diketahui. (Sumber : Pexels/Kat Smith)

SUKABUMIUPDATE.com - Putus asa adalah suatu keadaan di mana seseorang kehilangan harapan atau keyakinan terhadap sesuatu. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kegagalan, penolakan, atau kehilangan.

Putus asa dapat bermanifestasi dalam berbagai cara, seperti perasaan sedih, murung, tidak berdaya, dan tidak berharga. Putus asa dapat memiliki dampak negatif yang signifikan pada kehidupan seseorang.

Orang yang putus asa dapat menyebabkan seseorang menarik diri dari orang lain, kehilangan minat dalam aktivitas yang mereka sukai, dan bahkan memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain.

Baca Juga: 11 Ciri Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Mengalaminya Juga?

Oleh karena itu, penting untuk mengatasi rasa putus asa jika kamu atau seseorang yang kamu kenal mengalaminya. Berikut adalah ciri-ciri orang yang putus asa dalam menjalani kehidupannya.

1. Kehilangan Harapan

Mereka kehilangan harapan dan keyakinan bahwa kehidupan mereka akan membaik. Mereka merasa tidak ada jalan keluar dari masalah dan kesulitan yang mereka alami.

2. Kurangnya Energi dan Motivasi

Orang yang putus asa seringkali kehilangan energi dan motivasi untuk mencapai tujuan atau melakukan tindakan yang positif. Mereka mungkin merasa sangat lelah secara fisik dan mental.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

3. Merasa Tidak Memiliki Tujuan Hidup

Mereka tidak tahu apa yang ingin mereka capai dalam hidup dan tidak memiliki motivasi untuk berusaha. Orang yang putus asa akan merasa stuck karena hidupnya terasa tidak jelas.

4. Merasa Tidak Berharga dan Tidak Dicintai

Merasa tidak berharga dan tidak dicintai adalah ciri orang yang putus asa. Mereka merasa bahwa mereka tidak cukup baik dan bahwa tidak ada orang yang peduli dengan mereka. Perasaan ini biasanya akan muncul bagi orang-orang yang putus asa.

5. Merasa Tidak Berdaya dan Tidak Mengontrol atas Hidup

Orang yang putus asa biasanya merasa tidak berdaya dan tidak mengontrol atas hidup mereka. Mereka merasa bahwa mereka tidak dapat mengubah situasi mereka dan bahwa mereka hanya bisa pasrah menerima nasib.

Baca Juga: 12 Ciri Orang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Salah Satunya?

6. Sering Mengalami Pikiran Negatif

Pikiran negatif adalah hal yang sering dialami oleh orang-orang yang putus asa. Mereka sering berpikir tentang hal-hal buruk yang akan terjadi dan memikirkan tentang kegagalan mereka di masa lalu.

7. Menarik Diri dari Orang lain dan Aktivitas yang Mereka Sukai

Orang yang putus asa biasanya menarik diri dari orang lain dan aktivitas yang mereka sukai. Mereka tidak ingin bergaul dengan orang lain dan tidak ingin melakukan hal-hal yang biasa mereka lakukan.

8. Mengalami Perubahan Perilaku dan Kondisi Emosional

Mereka yang putus asa mungkin menjadi lebih mudah marah, lebih mudah menangis, atau lebih sulit berkonsentrasi. Perubahan perilaku dan sering emosional menjadi ciri yang bisa didapatkan dari orang yang putus asa.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Kelelahan Mental Agar Kembali Semangat Menjalani Hidup

9. Perasaan Cemas atau Depresi

Putus asa seringkali disertai dengan perasaan cemas, depresi, dan putus asa yang mendalam. Mereka mungkin merasa terjebak dalam perasaan negatif ini.

10. Memiliki Pikiran untuk Menyakiti Diri Sendiri atau Orang lain

Dalam kasus yang parah, orang yang putus asa mungkin memiliki pikiran untuk menyakiti diri sendiri atau orang lain. Ini merupakan ciri orang yang putus asa sudah mencapai titik dimana mereka tidak tahu harus berbuat apa.

Baca Juga: 9 Gejala ADHD Pada Anak yang Wajib Dikenali Oleh Orang Tua, Yuk Simak!

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel05 Mei 2024, 07:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jawer Kotok untuk Mengobati Diabetes, 7 Langkah Simpel!

Daun Jawer Kotok memiliki aroma yang khas dan rasa yang sedikit pahit namun bisa diolah sebagai air rebusan untuk mengobati diabetes secara alami.
Ilustrasi. Daun Jawer Kotok, Bahan Air Rebusan untuk Mengobati Diabetes Secara Alami. Foto: Instagram/@gerbanghijau
Science05 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan untuk Sukabumi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin