15 Ciri Seseorang Sedang Stres, Terlihat dari Sikap dan Emosionalnya

Senin 23 Oktober 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi. Menyendiri | Ciri Seseorang Sedang Stres, Terlihat dari Sikap dan Emosionalnya (Sumber : freepik/pvproductions)

Ilustrasi. Menyendiri | Ciri Seseorang Sedang Stres, Terlihat dari Sikap dan Emosionalnya (Sumber : freepik/pvproductions)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang yang mengalami stres mungkin menunjukkan berbagai ciri-ciri fisik, emosional, dan perilaku tertentu. Tiga faktor tersebut adalah ciri-ciri umum dari seseorang yang sedang stres.

Orang yang stres biasanya menunjukkan sikap dan perilaku yang tidak biasa. Meskipun pada umumnya, orang stres juga dapat mengelola gejalanya sendiri sehingga tidak mudah dikenali orang.

Khusus updaters, yuk kenali ciri-ciri orang stres dari perilaku dan emosionalnya. Setelah mengenali ciri-ciri tersebut, cobalah untuk mengelolanya agar tidak berpengaruh buruk pada taraf kehidupan.

Ciri Seseorang Sedang Stres

1. Kecemasan

Orang yang stres sering merasa cemas, gelisah, dan khawatir. Hati-hati, jika kamu sering cemas berlebihan karena ini termasuk salah satu ciri orang stres.

2. Ketegangan Emosional

Orang yang stres mungkin merasa tertekan atau mudah marah. Inilah salah satu ciri orang stres dari segi emosionalnya.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Lelah Mental, Apa Kamu Mengalaminya?

3. Putus Asa

Stres yang berkepanjangan bisa menyebabkan perasaan putus asa dan kehilangan harapan. Hati-hati, jika kamu sering merasa putus asa karena ini termasuk salah satu ciri orang stres.

4. Merasa tidak berdaya

Orang yang stres mungkin merasa tidak berdaya atau kehilangan kendali atas situasi mereka. Alhasil, murung, menyendiri dan tidak tertarik beraktivitas adalah salah satu ciri orang sedang stres.

5. Perasaan sedih berkepanjangan

Stres dapat menyebabkan perasaan sedih atau depresi. Waspada, jika kamu sering sedih berkepanjangan karena ini termasuk salah satu ciri orang stres.

Baca Juga: 11 Ciri-Ciri Orang Kecewa Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

6. Perubahan pola makan

Beberapa Orang yang stres mungkin makan berlebihan sebagai respons terhadap stres, sementara yang lain mungkin kehilangan selera makan.

7. Isolasi sosial

Seseorang yang stres mungkin cenderung menghindari orang lain atau menarik diri dari interaksi sosial. Menarik diri dari lingkungan sosial termasuk salah satu sikap orang stres yang dapat dikenali.

8. Kemarahan atau agresif

Stres dapat membuat seseorang lebih mudah marah atau kurang sabar. Tak heran, Orang yang stres dipandang sebagai individu yang emosian ketika menghadapi persoalan tertentu.

9. Konsumsi zat-zat berbahaya

Beberapa orang mungkin mencoba mengatasi stres dengan mengkonsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, atau merokok. Hati-hati, jika kamu menjadikan perilaku negatif sebagai pelarian karena termasuk salah satu ciri orang stres.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Orang Sok Tahu, Selalu Merasa Paling Benar

10. Kerja berlebihan

Stres juga dapat mendorong seseorang untuk bekerja terlalu keras, bahkan jika itu merugikan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Orang yang stres ini menjadikan pekerjaan sebagai pelarian dari berbagai masalah hidupnya.

11. Otot Tegang

Stres dapat menyebabkan otot-otot tegang, terutama di daerah seperti leher, bahu, dan punggung. Otot yang sering tegang termasuk gejala fisik orang stres.

12. Sakit kepala

Sakit kepala tegang atau migrain adalah gejala umum stres. Migrain hingga pusing kepala secara terus menerus termasuk gejala fisik orang yang sedang stres.

Baca Juga: 5 Ciri Perilaku Orang dengan Gangguan Kepribadian, Anti Sosial hingga Narsistik

13. Gangguan tidur

Kesulitan tidur, termasuk insomnia, sering terjadi pada orang yang sedang stres. Sebaliknya, ada juga yang merasa sangat lelah (hipersomnia).

Salah satu pemicu gangguan tidur pada orang yang sedang stres adalah overthinking terhadap masalah hidup yang sedang dihadapi.

14. Gangguan pencernaan

Stres dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan menyebabkan masalah seperti mual, muntah, diare, atau sembelit. Ternyata, masalah pencernaan juga termasuk gejala fisik orang yang sedang stres.

15. Tekanan darah tinggi

Stres dapat meningkatkan tekanan darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Nah, ciri orang stres ini kerap dikaitkan dengan orang emosional atau darah tinggi.

Penting untuk mengenali tanda-tanda stres pada diri sendiri atau orang lain sehingga langkah-langkah yang tepat dapat diambil untuk mengelolanya.

Cara mengelola stres yang dapat dilakukan termasuk berbagai teknik seperti olahraga, meditasi, relaksasi, dan berbicara dengan seorang profesional kesehatan mental jika diperlukan.

Sumber: berbagai sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)