13 Cara Mengatasi Anak yang Tidak Mau Sekolah, Jangan Dipaksa Yah Bunda

Selasa 03 Oktober 2023, 16:45 WIB
Begini caranya mengatasi anak yang tidak mau sekolah. (Sumber : Freepik.com@pvproductions).

Begini caranya mengatasi anak yang tidak mau sekolah. (Sumber : Freepik.com@pvproductions).

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagian dari orang tua mungkin pernah merasakan kebingungan saat anak tidak mau sekolah. Padahal menuntut ilmu di sekolah adalah hal penting demi tumbuh kembang sang buah hati.

Ketika dihadapkan dengan kondisi seperti itu, kita sebagai orang tua tidak boleh gegabah dalam mengatasinya. Apalagi sampai marah, karena hal ini akan berdampak pada anak yang semakin tertekan.

Anak yang tidak mau sekolah bisa menjadi permasalahan yang mengkhawatirkan bagi orang tua. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda coba sebagai upaya untuk mengatasi masalah ini:

Baca Juga: 12 Cara Menjaga Kesehatan Mental Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

1. Cari Akar Masalahnya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab anak tidak mau sekolah. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda dapat menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Cobalah untuk mengidentifikasi akar masalahnya. Apakah anak Anda mengalami intimidasi di sekolah? Apakah ada masalah di kelas atau dengan teman-temannya? Apakah ada subjek atau aktivitas tertentu yang dia tidak sukai?

2. Dengarkan Anak dengan Empati

Dengarkan anak Anda dengan empati dan cobalah untuk memahami apa yang membuatnya tidak mau sekolah. Mungkin ada masalah atau kekhawatiran tertentu yang perlu diungkapkan.

Baca Juga: 13 Ciri Seseorang Terkena Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Mengalaminya?

3. Bicara Dengan Anak

Ajak anak untuk berbicara terbuka tentang alasan mengapa dia tidak ingin sekolah. Jangan tekan atau marah. Cobalah Anda sebagai orang tua untuk memahami dan mendengarkan dengan sabar.

4. Bicara dengan Guru

Jika Anda merasa masalahnya berkaitan dengan lingkungan sekolah atau masalah akademik, bicarakan dengan guru atau konselor sekolah. Mereka dapat memberikan wawasan tentang apa yang terjadi di sekolah dan bagaimana masalah ini dapat diatasi.

Bisanya guru dapat mengetahui dan menemukan mengapa anak Anda tidak mau sekolah. Ini menjadi cara yang paling efektif untuk membicarakan terkait anak yang susah dan tidak ingin ke sekolah.

Baca Juga: 10 Cara Memperbaiki Mental Anak yang Sering Dimarahi, Yuk Bunda Lakukan Hal Ini

5. Buat Jadwal yang Konsisten

Membuat jadwal harian yang konsisten dapat membantu anak merasa lebih aman dan terstruktur. Termasuk waktu yang cukup untuk tidur, sarapan, persiapan sekolah, dan waktu luang.

6. Berikan Anak Dukungan Emosional

Anak mungkin memerlukan dukungan emosional ekstra dan berikan dorongan positif, pujian, dan dorongan untuk menjalani hari sekolah dengan baik. Ini bisa jadi cara untuk mengatasi anak yang tidak mau sekolah.

7. Ajak Anak Berbicara dengan Temannya

Jika anak merasa kesulitan dalam berinteraksi dengan teman-teman, ajak dia berbicara tentang keterampilan sosial dan bagaimana cara menjalin persahabatan yang sehat.

Baca Juga: 11 Ciri Pasangan Mulai Menyerah dan Lelah Menjalani Hubungan Bersamamu

8. Libatkan Anak dalam Pilihan

Berikan anak pilihan dalam beberapa hal yang berkaitan dengan sekolah. Misalnya, biarkan dia memilih pakaian sekolah atau makanan bekalnya. Ini memberikan rasa kontrol yang lebih besar dan meminimalisir anak Anda tidak mau sekolah.

9. Kenali Tanda-tanda Stres

Kenali tanda-tanda stres pada anak Anda seperti perubahan perilaku, gangguan tidur, atau masalah kesehatan. Jika Anda melihat tanda-tanda ini, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan seorang profesional kesehatan mental.

10. Berikan Motivasi dan Tujuan

Bicarakan dengan anak tentang tujuannya dalam pendidikan dan masa depannya. Berikan motivasi untuk belajar dan berkembang serta beritahu juga dampak dari anak Anda tidak mau sekolah.

Baca Juga: 13 Ciri Sikap Seseorang yang Iri dan Tidak Suka dengan Kita, Sok Peduli!

11. Perhatikan Kesehatan Fisik Anak Anda

Pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup, pola makan yang sehat, dan cukup aktivitas fisik. Kesehatan fisik yang baik dapat berdampak positif pada suasana hati dan kesejahteraan secara keseluruhan.

12. Jadilah Contoh yang Positif

Jadilah contoh yang baik. Tunjukkan bahwa Anda mendukung pendidikan dan belajar. Bicarakan pengalaman Anda sendiri tentang sekolah dan pembelajaran.

13. Beri Hadiah dan Motivasi Positif

Berikan hadiah atau motivasi positif ketika anak Anda pergi ke sekolah dengan baik. Ini bisa menjadi sistem hadiah sederhana yang mendorongnya untuk berpartisipasi. Penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah individu yang unik, dan solusi yang efektif dapat bervariasi antar anak.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Pura-Pura Baik Padahal Aslinya Tidak Suka dengan Kita

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life05 Maret 2024, 05:00 WIB

Baca Doa Ini Agar Kamu Selamat dan Terhindar dari Orang Zalim

Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri
Ilustrasi . Doa Agar Hidup Terhindar dari Orang-Orang Zalim, Amalan Pelindung Diri (Sumber : Freepik)
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Maret 2024, 20:17 WIB

Pasien DBD Di RSUD Jampang Kulon Sukabumi Alami Peningkatan Kasus

Seksi Pelayanan Medis RSUD Jampangkulon, dr. Lastri Asmuniati mengatakan dari data bulan Desember 2023 hingga bulan Februari 2024, kasus Dengue memang ada kenaikan.
Pasien DPD di RSUD Jampang Kulon alami peningkatan kasus | Foto : Ragil Gilang