9 Tanda Pria yang Cenderung Melakukan KDRT, Hati-hati Ya!

Rabu 13 September 2023, 17:15 WIB
Ilustrasi - 9 Tanda Pria yang Cenderung Melakukan KDRT, Hati-hati Ya! (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stockers)

Ilustrasi - 9 Tanda Pria yang Cenderung Melakukan KDRT, Hati-hati Ya! (Sumber : Freepik/@azerbaijan_stockers)

SUKABUMIUPDATE.com - Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) merujuk pada segala bentuk perilaku fisik, emosional, seksual, atau ekonomi yang merugikan atau mengancam anggota keluarga atau pasangan dalam suatu rumah tangga.

Kekerasan dalam rumah tangga adalah masalah serius yang dapat memiliki dampak jangka panjang yang merusak terhadap individu yang terlibat, termasuk korban dan pelaku.

Kekerasan dalam rumah tangga dapat terjadi dalam berbagai jenis hubungan, termasuk antara suami istri, pasangan yang tidak menikah, anak-anak terhadap orang tua, orang tua terhadap anak-anak.

Baca Juga: 5 Fakta Ibu Muda Dibunuh Suaminya di Bekasi, Sempat Jadi Korban KDRT

Dalam banyak kasus, korban kekerasan dalam rumah tangga seringkali merasa terjebak, takut, atau malu untuk melaporkannya.

Meski pelaku KDRT tidak memandang genre, namun pria menjadi pihak yang seringkali menjadi pelaku.
Untuk menghindari hal tersebut, memahami tanda-tanda yang mungkin menunjukkan bahwa seorang pria memiliki kecenderungan untuk melakukan KDRT penting dilakukan.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua pria dengan karakteristik ini akan menjadi pelaku KDRT, dan tindakan preventif harus diambil dengan hati-hati.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa tanda yang dapat menjadi indikator potensi perilaku KDR pada pria.

1. Pengendalian yang Berlebihan

Pria yang cenderung melakukan KDRT mungkin cenderung mengendalikan pasangan mereka secara berlebihan, termasuk mengatur aktivitas, hubungan sosial, dan keuangan pasangan.

Baca Juga: Suami Bunuh Istri di Bekasi Kerap Main Fisik, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Pasangan KDRT

2. Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Pria yang sering marah dan kesulitan mengendalikan kemarahan mereka mungkin lebih rentan terhadap tindakan kekerasan. Ini bisa termasuk melempar barang, menghancurkan barang, atau mengancam secara verbal.

3. Jealousy dan Obsesi Terhadap Pasangan

Pria yang cenderung cemburu berlebihan atau posesif terhadap pasangan mereka bisa menunjukkan tanda-tanda kecenderungan KDRT. Mereka mungkin memantau pasangan secara berlebihan atau mencurigai setiap interaksi yang dilakukan pasangan.

4. Mengisolasi Pasangan

Pria yang cenderung melakukan KDRT, umumnya kerap memisahkan pasangan dari teman-teman dan keluarga adalah tanda umum dari upaya pengendalian dan KDRT. Pria yang melakukan ini ingin menjaga pasangan dalam kendali penuh mereka.

Baca Juga: Psikiater Ungkap Cara Terhindar dari Pasangan KDRT, Wajib Tahu Sebelum Menikah

5. Kekerasan Terhadap Hewan atau Barang

Perilaku kekerasan terhadap hewan peliharaan atau merusak barang-barang bisa menjadi indikator bahwa seseorang mungkin cenderung melakukan kekerasan terhadap manusia.

6. Ancaman atau Penggunaan Kekerasan

Pria yang sering mengancam atau menggunakan kekerasan sebagai alat untuk mengendalikan pasangan mereka atau memaksa mereka melakukan sesuatu yang tidak diinginkan adalah tanda bahaya. Pria seperti itu umunya cenderung melakukan KDRT

7. Penggunaan Alkohol atau Narkoba

Penyalahgunaan zat-zat ini dapat meningkatkan risiko tindakan kekerasan. Mereka akan kesulitan dalam mengontrol tindakan dan mungkin saja secara tidak sadar melakukan tindak KDRT.

Baca Juga: Kiat Memilih Pasangan Hidup untuk Cegah KDRT, Bukan Cuma Lihat Fisik!

8. Sejarah Kekerasan Terhadap Pasangan

Pria yang memiliki sejarah kekerasan terhadap pasangan sebelumnya memiliki risiko lebih tinggi untuk melakukan hal serupa di masa depan.

9. Pengabaian Terhadap Pasangan

Pria yang cenderung melakukan KDRT umumnya secara sistematis mengabaikan perasaan, kebutuhan, dan keinginan pasangan mereka dapat menjadi pelaku KDRT.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua pria yang menunjukkan tanda-tanda ini akan menjadi pelaku KDRT karena setiap orang itu unik.

Namun, jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami tanda-tanda kekerasan dalam rumah tangga atau berada dalam situasi yang berpotensi berbahaya, penting untuk mencari bantuan dan dukungan dari organisasi yang berfokus pada KDRT atau lembaga yang dapat memberikan saran dan perlindungan. Keamanan korban harus selalu menjadi prioritas utama.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich