7 Prinsip Hidup Stoikisme yang Baik Untuk Kesehatan Mental, Yuk Terapkan

Rabu 13 September 2023, 14:30 WIB
Ilustrasi. 7 Prinsip Hidup Stoikisme yang Baik Untuk Kesehatan Mental, Yuk Terapkan| Foto: iStock

Ilustrasi. 7 Prinsip Hidup Stoikisme yang Baik Untuk Kesehatan Mental, Yuk Terapkan| Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Stoikisme (Stoisisme) adalah suatu aliran filsafat kuno yang berasal dari Yunani kuno. Meski telah berkembang sejak ribuan tahun silam, namun, filosofi ini dianggap masih relevan diterapkan di zaman sekarang.

Kemajuan teknologi yang menuntut semua harus serba cepat menjadikan manusia rentan mengalami masalah kesehatan mental seperti stres, overthinking dan sebagainya.

Stoikisme mengajarkan pengendalian pikiran serta merasa cukup dengan apa yang dimiliki, sehingga filosofi ini dianggap menjadi kunci hidup tenang dan bahagia.

Baca Juga: 10 Tantangan Menjalani Gaya Hidup Slow Living, Jangan Mudah Menyerah

Filosofi yang pertama dikenalkan oleh Zeno ini memiliki prinsip-prinsip utama dalam menjalani kehidupan. Merangkum dari berbagai sumber, berikut prinsip-prinsip dasar Stoikisme.

1. Hukum Alam (Logos)

Stoikisme mengajarkan bahwa ada suatu hukum alam atau ketertiban kosmis yang mengatur segala sesuatu di alam semesta. Manusia harus berusaha hidup sesuai dengan hukum alam ini dan menerima apa yang tidak dapat mereka ubah.

2. Virtue (Kebajikan)

Stoikisme mengutamakan pengembangan kebajikan moral sebagai tujuan utama kehidupan. Kebajikan-kebajikan ini termasuk kebijaksanaan, keberanian, keadilan, dan ketaqwaan.

Baca Juga: Mengenal Gaya Hidup Sedentary, Kurang Gerak yang Berbahaya bagi Kesehatan

Stoikisme percaya bahwa dengan mengembangkan kebajikan-kebajikan ini, seseorang dapat mencapai kebahagiaan dan kebijaksanaan sejati.

3. Apati (Apatheia)

Stoikisme mengajarkan bahwa manusia harus mencapai apati, yaitu ketenangan emosional dan keteguhan mental. Ini bukan berarti tidak merasakan emosi, tetapi lebih kepada tidak terjebak oleh emosi negatif yang tidak beralasan.

Seorang Stoik atau Stoa akan berusaha untuk mengendalikan emosinya dan tetap tenang dalam menghadapi situasi sulit.

4. Stoic Dichotomy of Control

Stoic Dichotomy of Control (Pengendalian yang Dapat Dikendalikan) yaitu mengajarkan bahwa kita hanya dapat mengendalikan hal-hal yang ada dalam kendali kita, seperti reaksi terhadap suatu situasi.

Baca Juga: 11 Cara Menjalani Gaya Hidup Slow Living, Yuk Lakukan agar Lebih Bahagia

Sementara hal-hal yang di luar kendali kita, seperti peristiwa alam atau tindakan orang lain, sebaiknya tidak membuat kita terlalu khawatir atau cemas.

5. Kematian dan Kenikmatan (Memento Mori)

Stoikisme mengingatkan kita untuk selalu menyadari kematian sebagai bagian alami dari kehidupan. Hal ini membantu kita untuk lebih menghargai waktu yang kita miliki dan hidup dengan penuh kesadaran.
Prinsip "Memento Mori" mengingatkan kita bahwa hidup adalah singkat dan kita harus menghargainya.

6. Sikap Terhadap Kesulitan (Amor Fati)

Stoikisme mengajarkan konsep "Amor Fati" yang berarti mencintai takdir atau menerima segala yang terjadi dalam hidup kita dengan penuh cinta dan penerimaan. Ini berarti kita harus belajar dari pengalaman baik atau buruk, dan tidak meratapi atau menyalahkan takdir.

Baca Juga: 9 Perilaku Anak Tanda Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

7. Persaudaraan Manusia (Cosmopolitanism)

Stoikisme mengajarkan pandangan bahwa semua manusia adalah saudara, dan kita harus berusaha untuk hidup harmonis dengan sesama manusia. Ini melibatkan sikap toleransi, kerja sama, dan empati terhadap orang lain.

Prinsip-prinsip Stoikisme ini dapat membantu seseorang dalam menghadapi tantangan kehidupan, mengembangkan karakter yang baik, dan mencapai kebahagiaan yang lebih berkelanjutan melalui kontrol diri dan kebijaksanaan moral.

Stoikisme sangat relevan dalam konteks pengembangan pribadi dan etika hidup, dan banyak orang masih mengambil manfaat dari ajarannya hingga saat ini.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life15 Juli 2024, 07:00 WIB

12 Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang

Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang. Berikan penghargaan pada diri sendiri untuk pencapaian kecil maupun besar.
Ilustrasi. Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang (Sumber : Pexels/fauxels)
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist