5 Karomah Mbah Moen, Bisa Melipat Waktu hingga Isyarat Meninggal Dunia

Jumat 28 Juli 2023, 10:30 WIB
KH Maimoen Zubair | Karomah Mbah Moen, Bisa Melipat Waktu hingga Isyarat Meninggal Dunia| Foto: kominfo.

KH Maimoen Zubair | Karomah Mbah Moen, Bisa Melipat Waktu hingga Isyarat Meninggal Dunia| Foto: kominfo.

SUKABUMIUPDATE.com - KH Maimoen Zubair atau akrab disapa Mbah Moen, seorang Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulam (PBNU) wafat pada Selasa, 6 Agustus 2019 silam. Ulama kharismatik itu menghembuskan nafas terakhir saat menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

Berdasarkan catatan redaksi sukabumiupdate.com, Mbah Moen meninggal dunia ketika hendak melaksanakan Shalat Tahajud. Lahir pada 28 Oktober 1928, Maimeon Zubair wafat di usia 90 tahun. 

Baca Juga: Syair Cinta Abu Nawas untuk Sang Kekasih, Romantis Banget!

Mbah Moen cukup populer di kalangan umat Islam, terutama soal karomah-karomahnya. Berikut beberapa Karomah Mbah Moen sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber:

Karomah Mbah Maimoen

1. Menghentikan Hujan Lebat

 

Melansir rbtv.disway.id, salah satu Karomah Mbah Maimoen Zubair yang terungkap ke publik adalah dapat menghentikan hujan lebat.

Cerita Karomah Mbah Moen ini bermula ketika ia tengah mengisi acara Maulid Nabi di Kudus. Di tengah acara, hujan turun dan seketika membuat sebagian orang panik.

Saat itu, karena Mbah Maimoen tidak ingin pindah ke dalam meski terkena percikan air hujan, panitia langsung berusaha memayungi Mbah Maimoen.

Di sela-sela acara, Mbah Moen berdoa pada Allah SWT yang juga diikuti para jamaah. Tak lama kemudian, hujan deras mulai berhenti dan sontak jemaah merasa takjub dengan Mbah Moen.

2. Melipat Waktu

Karomah Mbah Moen yang satu ini diceritakan langsung oleh KH Fadlolan Musyaffa. Cerita bermula saat Kyai Fadlolan dan Mbah Moen berziarah ke makam Imam Syadzili di Mesir.

Baca Juga: 7 Ciri Seseorang Punya Mental Kuat, Optimis dan Tenang

Mbah Moen memiliki waktu terbatas selama ziarah. Kyai Fadlolan pun bingung lantaran jarak tempuh menuju makam sangat jauh dan umumnya harus menginap.

Ajaib! Rombongan tiba dengan waktu hanya 2,5 jam dengan menempuh perjalanan 400 km. Padahal biasanya waktu menuju tempat ziarah adalah sampai 9 jam lamanya.

3. Mobil tanpa bahan bakar

Salah satu Karomah Mbah Moen yang sulit dipercaya adalah ketika beliau naik mobil tanpa bahan bakar.

Menurut cerita yang beredar, Mbah Moen kerap menaiki sebuah mobil yang mudah rusak bahkan selalu masuk bengkel. Saat perjalanan dari Pasuruan, ada sebuah kejadian yang sukar dipercaya.

Seorang montir bengkel yang memeriksa kondisi mobil itu mengatakan bahwa saluran selang mobil tersebut tidak tersambung. Padahal, mobil itu masih bisa berjalan.

4. Bertemu Nabi Khidir AS

Karomah yang ke empat adalah Mbah Maimoen Zubair pernah bertemu Nabi Khidir AS. Ia bertemu ketika masih berstatus sebagai santri di Pondok Lirboyo Kediri, Jawa Timur.

Baca Juga: 9 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Impulsif dan Emosian

Saat itu, Mbah Moen merasakan kehadiran seseorang dan memanggilnya dari arah makam dekat pondok.

“Kamu cinta kepada saya, saya juga cinta kepada kamu, dijamin Gusti Allah nantinya,” ucap sosok yang disebut sebagai Nabi Khidir, dikutip Jumat (28/7/2023).

Nabi Khidir pun mendoakan Mbah Moen dan seketika hilang dari pandangan Mbah Maimuoe

5. Isyarat Mbah Moen Meninggal Dunia

Melansir altsaqafah.id, Ustazah Maryam Ait Ahmad adalah salah satu keturunan Syekh Tolhah Ad-Darīj, tokoh sufi sekaligus pahlawan nasional Maroko. Ketika berkunjung ke Indonesia, Bunda Maryam memiliki banyak kenangan dengan sosok Mbah Moen.

“Syekh Maimoen adalah salah seorang wali di antara wali-wali Allah,” kata Ustadzah Maryam.

Baca Juga: Mental dan Kepribadian Terganggu, Pergi ke Psikolog atau Psikiater?

Karomah Mbah Moen yang dirasakan oleh Bunda Maryam, yaitu ketika Mbah Moen memberikan isyarat kepergian beliau dari duniaini. Tepat saat kunjungannya ke Indonesia di tahun 2018, ketika hendak pamit kembali ke Maroko.

“Ya Syekh, InsyaAllah saya akan kembali lagi ke Indonesia dan kita akan bertemu lagi.”

Kemudian Mbah Moen membalas dengan tawa kecil sembari berujar,

“Mungkin Anda tidak akan menemukanku lagi.”

Ternyata hal tersebut benar-benar menjadi pertemuan terakhir Mbah Moen dan Bunda Maryam. Ini mengingat Mbah Moen wafat di pertengahan tahun 2019.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram
Life27 April 2024, 19:00 WIB

Bisa Sebabkan Kematian! 6 Bahaya Kesepian yang Jarang Disadari Banyak Orang

Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang.
Ilustrasi - Orang yang selalu merasa kesepian tidak baik bagi kesehatan. Sebab di dalamnya tersimpan bahaya yang mengancam kondisi fisik seseorang. (Sumber : Pixabay/Andrea Piacquadio).
Sukabumi27 April 2024, 18:55 WIB

Terlindas Mobil, Kronologi Pemotor Tewas Kecelakaan di Cibadak Sukabumi

H meninggal dunia karena mengalami luka sobek dan luka lecet.
Tangkapan layar video saat H (35 tahun) dievakuasi warga. H meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life27 April 2024, 18:00 WIB

Doa yang Diajarkan Rasulullah SAW Ketika Susah Tidur atau Insomnia

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur.
Ilustrasi - Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika susah untuk tidur. (Sumber : pexels.com/RDNE Stock project)