5 Makanan Penyebab Tikus Datang ke Rumah, Ketahui untuk Mencegahnya!

Jumat 14 Juli 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - 5 Makanan Penyebab Tikus Datang ke Rumah, Ketahui untuk Mencegahnya! (Sumber : via  Brody Brothers Pest Control)

Ilustrasi - 5 Makanan Penyebab Tikus Datang ke Rumah, Ketahui untuk Mencegahnya! (Sumber : via Brody Brothers Pest Control)

SUKABUMIUPDATE.com - Tikus menjadi salah satu binatang yang mengganggu manusia, karena dapat hidup atau beradaptasi di berbagai kondisi lingkungan.

Bahkan tikus merupakan hama yang bisa memakan segalanya ketika lapar, sehingga mereka bisa bertahan hidup dimanapun.

Selain itu, tikus juga bisa menyebarkan berbagai macam penyakit, menyebabkan kerusakan struktural, serta bisa mencemari makanan.

Baca Juga: 13 Kata-kata Motivasi untuk Diri Sendiri Agar Tidak Mudah Menyerah

Dan yang perlu untuk diwaspadai, ketika tikus sudah bersarang di dalam rumah, mereka akan sulit untuk dibasmi, mereka akan bergerak saat malam dan terus berkembang biak.

Untuk mencegah tikus bersarang di dalam rumah, ketahui yuk beberapa makanan yang bisa membuatnya datang hunian Anda seperti menghimpun dari American Rat Control via Tempo.co.

1. Buah dan Berry

Tikus dan mencit sangat tertarik pada buah beri dan buah-buahan. Jika memiliki buah stroberi atau blackberry, perhatikan untuk memastikan disimpan dengan baik dan tidak menjadi sumber makanan bagi tikus

Baca Juga: Lirik dan Terjemahan Lagu SEVEN Jung Kook BTS, Baru Rilis Langsung Viral

Hewan pengerat juga menyukai buah seperti apel atau pir. Jika memiliki pohon buah atau semak di kebun, pastikan buah yang jatuh segera diambil.

2. Benih dan Biji-bijian

Tikus menyukai benih dan biji-bijian seperti gandum, biji bunga matahari, bahan kue dan lain sebagainya. Maka jika masuk ke dalam rumah mereka akan menyusup ke tempat penyimpanan biji-bijian.

3. Kacang-kacangan

Tikus mendambakan protein tinggi yang terdapat pada hazelnut, kacang tanah, kacang mete, dan kacang-kacangan lainnya. Simpan dan segel makanan ini dalam wadah kedap udara. 

Tikus juga menyukai selai kacang, selai almond, dan olesan kemiri. Pastikan untuk menyimpannya di lemari es jika mencurigai adanya serangan tikus

4. Daging, Bacon, dan Lemak Hewani

Meskipun tikus lebih tertarik pada kacang-kacangan, biji-bijian, dan biji-bijian, mereka juga menyukai daging. Bacon, dendeng, sapi, babi, hot dog, atau daging lainnya dapat menarik perhatian tikus

Jaga agar panci dan wajan tetap bersih, dan simpan daging atau dendeng dalam wadah kaca atau plastik yang aman.

Jika membuang potongan steak, ayam, ikat dalam kantong plastik, dan sering-seringlah membuang sampah dapur. Bau daging sangat menyengat bagi tikus di dekat rumah.

5. Makanan Hewan

Hewan pengerat ini mencari nutrisi dan makanan hewan sering disimpan di garasi atau di luar. Jika makanannya cukup baik untuk anjing atau kucing, itu juga cukup baik untuk tikus dan tikus. Bau makanan hewan akan menarik tikus.

Jadi jika menyimpan makanan hewan di luar atau di garasi, pertimbangkan untuk memasukkannya ke tempat yang dapat ditutup. Ini akan menjauhkan tikus dan hama lainnya dari makanan hewan peliharaan.

6. Cemilan Manis dan Asin

Tikus sangat tertarik pada makanan dengan nutrisi berkalori tinggi. Selai, jeli, madu, gula, cokelat, granola, dan sereal seperti prasmanan bagi tikus lapar. 

Demikian pula kerupuk, keripik, biskuit, kue kering, atau makanan lain dengan banyak kalori akan menarik tikus ke sumbernya. 

Simpan barang-barang ini dengan aman dalam wadah yang dapat ditutup. Jika membuang barang-barang ini ke tempat sampah, masukkan ke dalam tas agar baunya tidak mudah menyebar ke seluruh rumah.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life08 Mei 2024, 15:45 WIB

Tata Krama Seperti Apa Yang Harus Diajarkan Pada Anak? Berikut Ulasannya

Mengajari anak mengenai tata krama dan bersikap sopan santun adalah bagian penting dalam mengasuh anak yang perlu diajarkan oleh orang tua
Ilustrasi tata krama anak yang tahu cara tata krama (Sumber : pexels.com/ @Polesie Toys)
Life08 Mei 2024, 15:30 WIB

10 Ciri Anak Sering Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua

Komunikasi terbuka, dukungan emosional, dan pengaturan yang jelas dalam keluarga dapat membantu mengurangi ketegangan dan stres yang mungkin dialami anak karena sering dimarahi orang tua.
Ilustrasi. Ciri Anak Sering Stres Karena Selalu Dimarahi Orang Tua (Sumber : pexels/augustderichelieu)
Life08 Mei 2024, 15:15 WIB

Jangan Khawatir Bunda, Berikut 7 Tingkah Aneh Balita yang Sebenarnya Normal

Balita yang selalu melakukan tingkah aneh mungkin mengkhawatirkan bagi orang tua. Tetapi ada beberapa tingkah yang sebenarnya normal meski jika dilihat sedikit berbeda
Ilustrasi tingkah aneh yang dilakukan balita (Sumber : pexels.com/@Emma Bouso)
Sukabumi08 Mei 2024, 15:13 WIB

Cerita Dinsos Tangani Bayi yang Dibuang TKW di Semak-semak Gunungguruh Sukabumi

Duduh menyebut bayi telah diserahkan kepada keluarga dan akan diurus oleh adik YS.
Penyerahan bayi laki-laki yang ditemukan di semak-semak kebun warga kepada keluarga. Penyerahan dilakukan di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Inspirasi08 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Crew Full Time di Gerai Es Krim dengan Penempatan Cibolang Sukabumi

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja Crew Full Time di Gerai Es Krim dengan Penempatan Cibolang Sukabumi (Sumber : Freepik.com/@freepic.diller)
Sukabumi08 Mei 2024, 14:48 WIB

Puskesmas Gunungguruh Sukabumi Serahkan Bayi yang Dibuang TKW ke Keluarga

Penyerahan dilakukan Kepala Puskesmas Gunungguruh dr Imanuel kepada keluarga.
Puskesmas Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, menyerahkan bayi laki-laki yang ditemukan di semak-semak kebun warga kepada keluarga pada Rabu (8/5/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life08 Mei 2024, 14:45 WIB

Bunda Harus Tahu, 6 Cara Ampuh Mengajarkan Rasa Hormat Pada Anak Usia 2 Tahun

Bagaimana cara mengajarkan rasa hormat pada anak yang berusia dua tahun dengan baik dan mudah dimengerti oleh mereka
Ilustrasi mengajarkan rasa hormat pada anak (Sumber : pexela.com/@Kha Ruxury)
Sehat08 Mei 2024, 14:30 WIB

Hati-hati Kalau Gak Mau Mulas! 5 Makanan yang Dapat Menyebabkan Diare

Beberapa makanan patut dihindari karena bisa menyebabkan diare.
Ilustrasi sambal cabai bawang - Beberapa makanan patut dihindari karena bisa menyebabkan diare. (Sumber : YouTube/@Devina Hermawan)
Sukabumi08 Mei 2024, 14:10 WIB

Kebakaran Di Tengah Permukiman, Rumah Warga Lengkong Sukabumi Dilumat Api

Eman mengungkapkan rumah yang kebakaran ini dihuni empat jiwa.
Kebakaran rumah di Kampung Bojonghaur RT 27/08 Desa Tegallega, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024). | Foto: Istimewa
Food & Travel08 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Rekomendasi Makanan untuk Meredakan Mual, Mudah dan Simpel!

Jika perut mual berlanjut atau menjadi lebih parah, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.
Ilustrasi. Pisang. Contoh Makanan untuk Meredakan Mual | Foto: Pixabay