8 Tradisi Lebaran Unik dari Berbagai Negara di Dunia, Ada Bayram Turki

Jumat 21 April 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi. Setiap negara di Dunia memiliki tradisi lebaran uniknya masing-masing | (Sumber : Freepik.com)

Ilustrasi. Setiap negara di Dunia memiliki tradisi lebaran uniknya masing-masing | (Sumber : Freepik.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) memang menjadi momen membahagiakan untuk umat Muslim di seluruh Dunia.

Ada banyak hal menarik yang bisa dibahas seperti tradisi unik lebaran. Di Indonesia ada tradisi mudik, THR dan sebagainya yang menjadi ciri khas lebaran.

Ternyata di beberapa negara lain juga memiliki tradisi unik lebarannya masing-masing yang tak kalah menarik dari Indonesia.

Lalu tradisi unik lebaran apa saja yang dimiliki negara-negara di belahan Dunia? berikut ulasannya seperti dikutip dari Tempo.co yang merujuk berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Tradisi Takbiran di Indonesia, Pawai Obor Sambut Lebaran Idul Fitri 2023

1. Arab Saudi

Tradisi lebaran di Arab Saudi yakni mengadakan pagelaran teater, membaca puisi, acara musik, tari, dan kegiatan seni lainnya yang bertujuan untuk menyambut lebaran sebagai perayaan besar islam setahun sekali.

Selain itu, menariknya tradisi lebaran di Arab Saudi akan menghias rumah dengan hiasan khas lebaran, serta melaksanakan Shalat Ied, yang dilanjut dengan silaturahmi sambil memakan hidangan khas lebaran berupa daging domba yang dicampur dengan nasi dan sayuran.

2. Mesir

Tradisi lebaran di Mesir yakni melakukan silaturahmi dengan tetangga, kerabat, dan orang-orang terdekat sambil menyantap hidangan khas lebaran berupa Ranja yakni makanan yang terbuat dari ikan dan acar.

Baca Juga: Melihat Kerajinan Kulit Ketupat di Sukabumi, Merawat Tradisi Islam di Nusantara

3. Turki

Lebaran di Turki disebut dengan Bayram dan orang-orang Turki akan menggunakan pakaian tradisional yang dinamakan Bayramlik.

Masyarakat Turki memiliki budaya untuk saling bersilaturahmi, bersalaman, dan meminta maaf kepada keluarga, teman, dan kerabat sambil memberikan coklat, permen, uang koin, atau makanan tradisional seperti lokum dan baklava.

Selain itu, shalat Ied di Turki yang pergi ke masjid hanya laki-laki saja, sementara perempuan melakukan shalat Ied di rumah.

Baca Juga: 7 Larangan di Hari Raya Idul Fitri yang Tak Boleh Dilakukan Sesuai Ajaran Al-Quran

4. China

Tradisi lebaran masyarakat China adalah ziarah kubur, dengan mengunjungi makam para leluhur sebagai penghormatan untuk ratusan ribu umat muslim yang tewas selama revolusi kebudayaan pada Dinasti Qing.

Sementara itu, pakaian yang digunakan masyarakat China saat lebaran adalah menggunakan jas dan kopiah putih bagi laki-laki dan baju hangat serta kerudung bagi perempuan.

Baca Juga: 60 Negara di Dunia Pilih 21 April, Cuma 4 Negara Asia Tenggara Tetapkan Idul Fitri 22 April 2023

5. Australia

Australia memiliki tradisi lebaran yang unik seperti berkumpul bersama orang terdekat, bersilaturahmi, dan mengadakan festival multikultur yang dibuka untuk umum dan melibatkan agama-agama lainnya agar datang berkunjung memeriahkan festival.

6. Nigeria

Lebaran di Nigeria disebut dengan Sallah Kecil yang memiliki tradisi dengan saling mengucapkan salam Barka Da Sallah yang berarti Salam Sejahtera di Hari Raya.

Masyarakat Nigeria ini walaupun hidup berdampingan dengan pemeluk agama Kristen dan agama lainnya, namun tingkat toleransi mereka cukup tinggi hingga bisa saling menghormati satu sama lain.

Baca Juga: Hukum Puasa Ramadan saat Ada yang Lebaran Idul Fitri, Simak Penjelasannya Disini

7. Jerman

Tradisi lebaran di Jerman yakni bertukar hadiah ketika hari raya Idul Fitri, hadiah yang diberikan memang beragam, mulai dari makanan, pakaian, dan kebutuhan lainnya dengan cara berkunjung atau bersilaturahmi ke rumah kerabat dan teman-teman muslim terdekat.

8. Amerika Serikat

Tradisi lebaran di Amerika Serikat yakni saling menelpon dan memberitahu melalui media sosial akan pengumuman 1 Syawal atau Hari Raya Idul Fitri, menariknya karena mayoritas muslim di negara ini adalah imigran, maka pakaian tradisional yang dikenakan akan berwarna-warni dan berbagai macam bentuk sesuai dengan negara asal masing-masing.

Sumber: Tempo.co/Nur Qomariyah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 18:12 WIB

Warga Ungkap Fakta, Suami Istri Tewas Tertabrak Kereta Api di Kebonpedes Sukabumi

Kecelakaan menimpa dua warga tertabrak kereta api atau KA Siliwangi terjadi di perlintasan kereta tepatnya di Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jumat (3/5/2024), sekitar pukul 16.07 WIB.
Sepasang suami istri tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life03 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Pengantin Baru Agar Rumah Tangganya Diberi Keberkahan dan Keharmonisan

Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.
Ilustrasi seseorang sedang berdoa. - Bagi pengantin baru dianjurkan untuk membaca doa agar rumah tangganya diberikan keberkahan oleh Allah SWT.(Sumber : istockphoto.com/@golfcphoto)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:55 WIB

PT KAI Soal Palang Pintu, 2 Warga Tewas Disambar KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi

Dua pemotor yang berboncengan dilaporkan tewas setelah disambar kereta api yang tengah melaju di perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi.
Lokasi kejadian dua pemotor disambar kereta api saat melintasi perlintasan tanpa palang pintu di Kebonpedes Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat03 Mei 2024, 17:30 WIB

7 Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah, Salah Satunya Rendah Karbohidrat

Inilah Makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah Agar Tetap Stabil, Salah Satunya Rendah Karbohidrat
Ilustrasi. Mentimun adalah salah satu satu contoh sayuran non amilase, tergolong makanan Sehat yang Aman untuk Diet Gula Darah (Sumber : Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi03 Mei 2024, 17:20 WIB

35 Anggota DPRD Kota Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Inilah Daftar Nama-namanya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi resmi menetapkan 35 nama anggota DPRD terpilih. Penetapan itu dilakukan berdasarkan PKPU 6 tahun 2024 dan keputusan KPU no 5 tahun 2024.
Rapat Pleno penetapan 35 nama Anggota DPRD Kota Sukabumi, Kamis (2/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:08 WIB

Polisi Selidiki Temuan Senjata Api Terkubur di Cisaat Sukabumi, Stand dengan Amunisi Aktif

Pihak Kepolisian akan melakukan penyelidikan atas penemuan dua senjata laras panjang yang terkubur di dalam tanah lengkap dengan kotak senjata hingga peluru yang masih aktif yang di Cisaat Kabupaten Sukabumi.
Dua senjata api laras panjang yang ditemukan terkubur di Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Senin, 29 April 2024. | Foto: Asep Awaludin
Sukabumi03 Mei 2024, 17:04 WIB

Angkot Terbakar di Nagrak Sukabumi, Diduga akibat Selang Bensin Bocor

Berikut kronologi dan dugaan pemicu terjadinya kebakaran angkot di Nagrak Sukabumi.
Tangkapan layar video angkot yang terbakar di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Musik03 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral

Berikut Lirik dan Terjemahan Lagu Bleeding Love Leona Lewis yang Viral di Media Sosial.
Lagu Bleeding Love Leona Lewis (Sumber : YouTube/LeonaLewis)
Sehat03 Mei 2024, 16:30 WIB

9 Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat

Yuk Coba Sederet Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi - Daging Ayam. Tips Mengkonsumsi Makanan Purin untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Freepik.com/@mdjaff)
Sehat03 Mei 2024, 16:00 WIB

Begini Cara Mengobati dan Mencegah Serangan Asam Urat yang Sering Kambuh

Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas.
Ilustrasi - Asam urat yang sering kambuh terasa sangat menyakitkan dan sangat menganggu aktivitas. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)