6 Tips Memilih Rest Area Ketika Mudik Menggunakan Kendaraan Pribadi

Kamis 13 April 2023, 15:30 WIB
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih rest area agar istirahat ketika mudik lebih nyaman | Foto: iStock

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih rest area agar istirahat ketika mudik lebih nyaman | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Pulang ke kampung halaman atau lebih dikenal dengan istilah mudik menjadi salah satu hal yang melekat dengan momen Hari raya Idul Fitri (Lebaran).

Menjelang lebaran orang-orang akan berbondong-bondong untuk kembali ke daerah asal mereka supaya bisa berkumpul dengan keluarga di hari raya Idul Fitri.

Meski kini telah banyak program mudik gratis yang menggunakan angkutan umum, namun mudik menggunakan kendaraan pribadi masih menjadi pilihan banyak orang.

Selain karena kuota mudik gratis yang terbatas, mudik dengan kendaraan pribadi baik itu mobil maupun motor dianggap lebih praktis.

Baca Juga: 4 Situs Peta Jalur Mudik Lebaran 2023 Online, Simak Cara Ceknya Disini!

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat mudik menggunakan kendaraan pribadi yaitu pemilihan tempat istirahat (Rest Area) di sepanjang jalur yang dilalui saat pulang kampung.

Rest area sangat berguna untuk melepas lelah saat melakukan perjalanan jauh, karena itu ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat memilih rest area agar bisa beristirahat dengan nyaman ketika mudik.

Mengutip dari Tempo.co, berikut beberapa tips memilih lokasi rest area yang baik ketika mudik.

1. Jika SPBU Penuh, Pilih Masjid

Sudah pasti SPBU di Pantura menjadi tempat tujuan utama para pemudik mengistirahatkan diri di tengah panas terik dan penatnya perjalanan. Bahkan, alasan ini diperkuat karena SPBU merupakan tempat yang komplit.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Mabuk Perjalanan saat Mudik Lebaran

Seperti adanya BBM, pengisian angin kendaraan, mushola, toilet, hingga minimarket. Akibatnya, parkir dan antrian SPBU tidak muat dan menyebabkan kendaraan pemudik harus menyentuh pinggir jalan.

Suasana seperti ini akan membuat Anda lebih tidak nyaman. Mulailah mencari masjid terdekat saja karena bau SPBU juga seringkali tidak nyaman di perut yang kosong karena puasa dan lelahnya tubuh selama perjalanan.

2. Pilih Tempat Ramai dan Terang

Anda dapat memilih tempat yang ramai dan terang seperti swalayan yang juga memiliki tempat hiburan bagi anak. Menyempatkan menghibur diri sekitar 15 menitan adalah hal yang cukup nyaman dilakukan.

Baca Juga: Polres Sukabumi Kota Buka Layanan Mudik Gratis Tujuan Bandung Hingga Cirebon

Memilih tempat yang ramai dan tenang lainnya seperti masjid juga menjadi pilihan yang tepat. Di masjid, Anda juga bisa berbuka puasa sekaligus salat jamaah dengan tenang.

3. Jangan Istirahat di Pinggir Jalan

Istirahat di pinggir jalan sah-sah saja untuk dilakukan jika dalam keadaan darurat seperti mengantuk dan mengalami masalah kendaraan. Untuk beristirahat di pinggir jalan ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

  • Pastikan pemberhentian Anda tidak menghalangi lalu lintas kendaraan lain.
  • Jangan lakukan menepi jika lalu lintas jalanan sangat padat.
  • Beri keamanan pada kendaraan Anda saat hendak memarkir di pinggir jalan. Antara lain, gunakan gembok cakram dan kunci setang.
  • Parkirlah kendaraan Anda di tempat yang mudah Anda lihat dan jangkau.

Baca Juga: Mau Mudik Lebaran? Amalkan Doa Perjalanan Ini Menurut Ustadz Adi Hidayat

4. Rehat di Sekolah dan Kantor Dinas

pastinya banyak kantor pemerintah di sepanjang Pantura yang juga membuka rest area. Kantor Bulog, Dinas PU dan sejumlah sekolah membuka diri untuk tempat istirahat gratis dan nyaman bagi para pemudik.

Anda yang mengendarai mobil atau motor pribadi bisa mencoba fasilitas ini. Biasanya pada rest area milik pemerintah, disediakan pula banyak toilet dan konsumsi gratis. Bahkan, layanan kesehatan bisa Anda akses.

Baca Juga: Tarif Tol Trans Jawa Lengkap, Persiapan Arus Mudik Lebaran 2023

5. Pilih yang Memiliki Bengkel atau Tempat Servis

Rest area yang dilengkapi bengkel atau tempat servis juga merupakan hal yang harus Anda perhatikan.

Dengan adanya tempat servis, maka Anda akan lebih tenang meskipun hanya memastikan bahwa mobil atau motor Anda masih prima untuk melintasi lalu-lalang perjalanan mudik.

Hal ini juga berlaku bagi Anda pengendara motor. Mengingat motor sudah berjalan jauh. Ceklah komponen yang membutuhkan perbaikan atau penggantian. Anda pun aman melanjutkan perjalanan berikutnya.

Baca Juga: Termasuk Bocimi Seksi 2, PUPR: 11 Tol Gratis untuk Mudik Beroperasi Sampai Sore

6. Pilih yang Ada Tempat Penarikan Uang atau ATM

Banyak orang sudah memilih cashless atau lebih baik membawa uang tunai sedikit mungkin. Bahkan, hanya mengandalkan kartu ATM sajam Dengan demikian, pilihlah rest area yang ada ATM untuk penarikan uang.

Namun, pastikan tidak ada tanda-tanda pembobolan otomatis dari maling yang mengotak-atik mesin ATM tanpa sepengetahuan banyak orang.

Tariklah uang setidaknya Rp 500 ribu untuk hal-hal pokok seperti membeli konsumsi segar, membeli bensin, penggunaan toilet, hingga servis kendaraan dadakan.

Sumber: Tempo.co/Nia Heppy | Alfi Muna Syarifah

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science22 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 22 Juli 2024, Cek Dulu Langit di Awal pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024.
Ilustrasi. Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan dan berawan pada Senin 22 Juli 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi21 Juli 2024, 23:20 WIB

Aksi Maling Nekat Terekam CCTV di Sukabumi, Bawa Kabur Motor di Depan Korban

Terekam CCTV aksi nekat maling motor yang bawa kabur barang curiannya di depan korban di Cicurug Sukabumi.
Sosok pelaku pencurian motor di depan Toko Kosmetik di Jalan Cimelati, Cicurug Sukabumi. (Sumber : Tangkapan Layar CCTV/Istimewa)
Sukabumi21 Juli 2024, 22:34 WIB

RW 05 Kebon Manggu Kota Sukabumi Peringati 10 Muharram Dengan Santuni Anak Yatim dan Jompo

Pengurus RW 05 Kampung Kebon Manggu Kota Sukabumi peringati 10 muharram 1446 H dengan memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan jompo.
RW 05 Kampung Kebon Manggu, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi menggelar kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim dan jompo dalam rangka memperingati 10 Muharram 1446 H. (Sumber : Istimewa)
Life21 Juli 2024, 22:00 WIB

9 Tips Hidup Bahagia di Usia Tua, Yuk Rencanakan Masa Depan dengan Bijak!

Pastikan Anda merencanakan keuangan dengan baik untuk keamanan finansial di masa tua. Konsultasikan dengan penasihat keuangan jika diperlukan agar hidup bahagia di usia tua nanti.
Ilustrasi. Lansia. Jangan lupa untuk sering tertawa dan menikmati momen-momen ringan. Humor dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Game21 Juli 2024, 21:00 WIB

9 Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online, Manfaatkan Fitur Parental Controls

Jika kecanduan game sudah mengkhawatirkan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan psikolog anak atau terapis.
Ilustrasi. Anak bermain gadget. |  Cara Mencegah Anak Kecanduan Game Online Foto: Pixabay
Sukabumi Memilih21 Juli 2024, 20:11 WIB

PKS Resmi Usung Iyos di Pilkada 2024, Ini Kata Mantan Bupati Sukabumi Sukmawijaya

Sukmawijaya blak-blakan soal alasan PKS akhirnya menyatakan dukungan kepada Iyos Somantri untuk maju sebagai Bakal Calon Bupati Sukabumi di Pilkada 2024.
Mantan Bupati Sukabumi yang juga Dewan Pakar DPD PKS Kabupaten Sukabumi, Sukmawijaya. (Sumber : SU/Ibnu)
Life21 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari Ini Tak Boleh Dicontoh, Begini Solusinya!

Orang malas biasanya tidak membersihkan diri atau tempat tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan kesehatan.
Ilustrasi. Menonton Film Hingga Larut Malam. Kebiasaan Orang Malas di Malam Hari yang Tidak Boleh Dicontoh (Sumber : Freepik)
Kecantikan21 Juli 2024, 19:00 WIB

11 Rutinitas Skincare di Malam Hari, Gak Cuma Cuci Muka Ya!

Rutinitas Skincare di Malam Hari Gak Cuma Cuci Muka.Pilih serum berdasarkan kebutuhan kulit, seperti serum anti-aging, serum pencerah, atau serum yang mengandung hyaluronic acid untuk hidrasi.
Ilustrasi. Memakai Skincare Malam. Perhatikan reaksi kulit terhadap produk baru dan hindari produk yang menyebabkan iritasi. | Sumber: Freepik.com (artursafronovvvv)
Life21 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW

Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW. Dikisahkan, Zaid bin Tsabit suatu malam mengadu kepada Rasulullah SAW saat semalaman tidak bisa tidur.
Ilustrasi. Membaca Doa Saat Susah Tidur di Malam Hari Menurut Anjuran Rasulullah SAW (Sumber : Freepik/@freepik)
Internasional21 Juli 2024, 17:46 WIB

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Korban Serangan Israel ke Pelabuhan Yaman

Kemlu RI memastikan tidak ada WNI yang menjadi korban dalam keganasan serangan Israel ke Pelabuhan Hudaidah, Yaman.
Asap dan api mengepul dari Pelabuhan Hodeidah usai serangan udara Israel di Yaman, 20 Juli 2024. Ledakan terjadi setelah pesawat tempur Israel menyerang pelabuhan tersebut. (Sumber Foto: Houthi Media Centre/Handout via REUTERS)