Kisah Bangsa Yakjuj dan Makjuj Hingga Misteri Lokasi Dinding Penghalangnya

Rabu 12 April 2023, 16:45 WIB
Kisah Bangsa Yakjuj dan Makjuj Hingga Misteri Lokasi Dinding Penghalangnya. | (Sumber : Istimewa.)

Kisah Bangsa Yakjuj dan Makjuj Hingga Misteri Lokasi Dinding Penghalangnya. | (Sumber : Istimewa.)

SUKABUMIUPDATE.com - Yakjuj dan Makjuj dikenal sebagai bangsa yang ganas dan perusak. Mereka adalah sosok yang nyata dan bukanlah makhluk mitos semata. Disebutkan juga, dalam Islam Yakjuj dan Makjuj merupakan tanda hari akhir atau kiamat.

Bahkan, Yakjuj dan Makjuj disebutkan dua kali dalam Al-Quran yaitu di Surat Al-Kahfi ayat 94 dan Surat Al-Anbiya ayat 96.

قَالُوْا يٰذَا الْقَرْنَيْنِ اِنَّ يَأْجُوْجَ وَمَأْجُوْجَ مُفْسِدُوْنَ فِى الْاَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلٰٓى اَنْ تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا

Surat Al-Kahfi Ayat 94. Mereka berkata, “Wahai Zulkarnain! Sungguh, Yakjuj dan Makjuj itu (makhluk yang) berbuat kerusakan di bumi, maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?”

.حَتّٰىٓ اِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوْجُ وَمَأْجُوْجُ وَهُمْ مِّنْ كُلِّ حَدَبٍ يَّنْسِلُوْن

Surat Al-Anbiya ayat 96. Hingga apabila (tembok) Yakjuj dan Makjuj dibukakan dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi.

Siapakah Sosok Yakjuj dan Makjuj

Melansir repository.uinsu.ac.id via Tempo.co, Yakjuj dan Makjuj adalah dua nama asing (bukan Arab). Pendapat lain mengatakan bahwa keduanya adalah bahasa Arab, baik memakai hamzah maupun tidak.

Baca Juga: Bali United vs PSIS Semarang: Rekor Pertemuan, Susunan Pemain dan Prediksi Skor

Di sisi lain, ada pula yang berpendapat bahwa kata Yakjuj dan Makjuj berasal dari kata ajjatin naru ajijjan, yang berarti luapan dari dan hawa panas api. Dinamakan seperti ini karena banyaknya ulah dan keganasan mereka.

Bangsa Yakjuj dan Makjuj merupakan dua suku keturunan Nabi Adam yang akan menghancurkan muka Bumi dan berperang melawan Nabi Isa. Allah SWT menceritakan kisah Raja Zulkarnain yang membangun tembok atau dinding penghalang antara Yakjuj dan Makjuj dengan umat manusia.

Hal itu tercantum pada Surat Al-Kahfi ayat 92–99, “Kemudian dia menempuh suatu jalan (yang lain). Hingga ketika dia sampai di antara dua gunung, didapati di belakang kedua gunung itu suatu kaum yang hampir tidak memahami pembicaraan."

Mereka berkata, ‘Wahai Zulkarnain, sesungguhnya Yakjuj dan Makjuj itu (makhluk yang berbuat kerusakan di Bumi), maka bolehkah kami membayarmu imbalan agar engkau membuatkan dinding penghalang antara kami dan mereka?’ Zulkarnain berkata, ‘Apa yang telah dianugerahkan Rabb-ku kepadaku lebih baik (daripada imbalanmu), maka bantulah aku dengan kekuatan (manusia dan alat-alat), agar aku dapat membuatkan dinding penghalang antara kamu dan mereka, berilah aku potongan-potongan besi.’”

Baca Juga: Kisah Spiritual El Manik yang Menjadi Mualaf Berkat Peran di Film Religi

“Hingga ketika (potongan) besi itu telah (terpasang) sama rata dengan kedua (puncak) gunung itu, dia (Zulkarnain) berkata, ‘Tiuplah (api itu).’ Ketika besi itu sudah menjadi (merah seperti) api, dia pun berkata, ‘Berilah aku tembaga (yang mendidih) agar kutuangkan ke atasnya (besi panas itu).’ Maka mereka (Yakjuj dan Makjuj) tidak dapat mendakinya dan tidak dapat (pula) melubanginya. Dia (Zulkarnain) berkata, ‘(Dinding) ini adalah rahmat dari Rabb-ku, maka apabila janji Rabb-ku sudah datang, Dia akan menjadikannya hancur luluh; dan janji Rabb-ku itu adalah benar.’ Kami biarkan mereka (Yakjuj dan Makjuj) di hari itu berbaur antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup lagi sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka semuanya.”

Kisah tersebut jelas menggambarkan bagaimana Yakjuj dan Makjuj pada hari akhir akan muncul dalam jumlah yang sangat banyak hingga semua manusia tidak akan mampu menghadapi mereka.

Lokasi Dinding Yakjuj dan Makjuj Berada

Ilustrasi dinding penghalang Yakjuj dan Makjuj. | IstimewaIlustrasi dinding penghalang Yakjuj dan Makjuj. | Istimewa.

Dalam Surat Al-Kahfi disebutkan jika lokasi Yakjuj dan Makjuj berada dibalik dinding besar tebal yang terbuat dari besi dan timah panas yang dibangun oleh Raja Zulkarnain. Dinding itu letaknya di antara dua gunung besar untuk mencegah keganasan dan aksi kerusakan Yakjuj dan Makjuj di muka Bumi ini.

Baca Juga: 5 Fakta Ratu Jelita, Pedangdut Asal Sukabumi yang Punya Suara Merdu

Dinding ini menghalangi mereka keluar agar tidak berbuat kerusakan di muka bumi, hingga nanti waktu yang ditetapkan oleh Allah SWT. Jika telah tiba waktunya, mereka akan keluar dan menandakan bahwa tanda kiamat kubra atau kiamat besar telah tiba.

Lokasi dinding Yajuj dan Majuj tidak diketahui karena Al-Qur'an tidak menyebutkannya. Tetapi sebagian ulama berusaha melacak lokasi tersebut. Jamaluddin Al-qasimi menuturkan bahwa sebagian para penulis berkata.

Baca Juga: Cerita Pelawak Parto Diajak Berburu di Sukabumi, Simak Keseruannya

“Dinding tersebut terdapat di balik sebuah gunung di Pegunungan Qauqaz, di kalangan Arab dikenal dengan sebutan Gunung Qaf di kawasan Dagistan, yaitu di dua kabilah (Aquq dan Maquq). Kemudian diganti dalam bahasa Arab dengan sebutan Yakjuj dan Makjuj karena kedua istilah inilah yang dikenal oleh manusia."

Melansir laman almanhaj Kitab Tafsir Ibnu Katsir mengisahkan, “Sebagian raja dan para ahli sejarah berusaha untuk mengetahui tempatnya (tembok Yakjuj dan Makjuj), termasuk Khalifah Al-Watsiq (khalifah zaman ‘Abbasiyyah, wafat 232 Hijriah).

Beliau pernah mengutus beberapa gubernurnya bersama pasukan infantri untuk pergi guna melihat dinding tersebut, menelitinya dan menjelaskan kepadanya ketika kembali.”

Baca Juga: 7 Mitos di Indonesia yang Hingga Kini Masih Dipercaya Masyarakat

“Mereka kemudian menelusuri dari suatu negeri ke negeri lain, satu kerajaan ke kerajaan lain, hingga sampai kepadanya, dan melihat dinding tersebut yang terbuat dari besi juga timah”

“Mereka menyebutkan bahwa mereka melihat sebuah pintu yang sangat besar dengan kuncinya yang sangat besar, demikian pula mereka melihat susu-susu dan madu pada sebuah benteng di sana, dan dijaga oleh para penjaga dari kerajaan-kerajaan yang berbatasan dengannya, dan dinding tersebut sangat tinggi sekali, tidak dapat didaki, juga gunung-gunung yang ada di sekitarnya tidak dapat didaki. Setelah itu, mereka kembali ke negeri mereka usai mengembara lebih dari dua tahun dan menyaksikan banyak keajaiban.”

Dalam Kitab Tafsir Fi Zhilalil Qur’an, Sayyid Qutb turut menyebut, “Ditemukan sebuah dinding penghalang di dekat Kota Tirmiz (terletak di sisi Sungai Jaihun dari sebelah timur) yang terkenal dengan pintu besi, di awal abad ke-15 Masehi.

Baca Juga: 7 Amalan di 10 Terakhir Bulan Ramadan yang Dianjurkan Bagi Umat Muslim

Seorang ilmuwan Jerman bernama Sild Berger pernah melewatinya dan mengabadikannya dalam bukunya, demikian pula seorang ahli sejarah dari Spanyol Kla Pejo di dalam perjalannya pada 1403 Masehi, dan beliau berkata,

‘Penutup kota pintu besi ada di jalan antara Samarkan dan India…’ Bisa saja dinding penghalang tersebut adalah dinding penghalang yang dibangun oleh Zulkarnain.’”

Sumber: Tempo.co (Nia Heppy/Syahdi Muharram)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat24 Juni 2024, 06:00 WIB

8 Cara Menurunkan Tekanan Darah dengan Cepat Tanpa Obat, Bisa Dilakukan di Rumah!

Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika angka tekanan darah secara konsisten berkisar antara 140 atau lebih tinggi untuk sistolik atau 90 atau lebih tinggi untuk diastolik.
Ilustrasi. Cara menurunkan tekanan darah segera tanpa obat. (Sumber : Freepik.com)
Science24 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 Juni 2024, Cek Langit di Awal Pekan

Prediksi cuaca hari ini Senin 24 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - PPrediksi cuaca hari ini Senin 24 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi23 Juni 2024, 23:12 WIB

Ini Kronologi dan Fakta Video Viral Motor Terbakar di Simpang Cikidang Sukabumi

Sebuah video memperlihatkan sepeda motor terbakar di dekat TMC Simpang Cikidang, tepi jalan raya Nasional Sukabumi-Bogor, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, tersebar luas di aplikasi perpesanan.
Pemilik motor yang terbakar di TMC Simpang Cikidang Sukabumi | Foto : Ist
Life23 Juni 2024, 22:00 WIB

Simak! Ini 10 Tanda Kelelahan Pada Anak Berbakat yang Perlu Orang Tua Ketahui

Tanda kelelahan pada anak berbakat dapat dideteksi melalui beberapa poin dibawah ini.
Ilustrasi. Tanda kelelahan pada anak berbakat. Foto: Pexels.com/@Karolina Kaboompics
Inspirasi23 Juni 2024, 21:28 WIB

5 Langkah Mudah Memulai Bisnis dari Rumah

Artikel ini yang dilansir dari dimudahin.com akan memberikan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti untuk memulai bisnis dari rumah. Yuk, kita mulai!
Ilustrasi -  Memulai bisnis dari rumah adalah impian banyak orang (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)
Sukabumi23 Juni 2024, 21:14 WIB

Tamu Undangan Heboh, Kotak Uang Hajatan Diserbu Tawon di Ciemas Sukabumi

Video amatir yang berhasil direkam menunjukkan momen ketika sejumlah besar lebah madu menyergap kotak uang, lebah-lebah tersebut masuk ke dalamnya seolah-olah itu adalah sarang alami mereka.
Kotak uang hajat di serbu ribuan lebah madu di Ciemas Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Film23 Juni 2024, 21:00 WIB

6 Pilihan Film Indonesia Juli 2024 dan Jadwal Tayangnya, Ada Romeo Ingkar Janji!

Berikut rekomendasi film Indonesia yang tayang Juli 2024 untuk Updaters!
Poster Film Romeo Ingkar Janji yang akan tayang Juli 2024. Foto: Instagram/@romeoingkarjanji
Life23 Juni 2024, 20:00 WIB

Mengenal Burnout Serta 7 Cara Mengatasi Kelelahan Pada Anak Berbakat

Burnout sering dikaitkan dengan kelelahan mental yang disebabkan oleh tekanan banyaknya pekerjaan. Burnout juga dapat dialami oleh anak berbakat.
Ilustrasi. Cara mengatasi kelelahan pada anak berbakat. Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Sukabumi Memilih23 Juni 2024, 19:58 WIB

Bakal Sengit, Menanti Adu Kesaktian Tiga Kandidat di Pilkada Kota Sukabumi

Dengan munculnya tiga kandidat yang memiliki latar belakang dan kekuatan yang berbeda-beda, Pilkada Kota Sukabumi 2024 diprediksi akan menjadi arena pertarungan sengit.
3 Bakal Calon Wali Kota Sukabumi, Mohamad Muraz, Achmad Fahmi, Ayep Zaki | Foto : Colase Sukabumi Update
Life23 Juni 2024, 18:05 WIB

Ingin Dicintai Karena Allah? Ini 8 Doa untuk Membuka Aura Wajah yang Bisa Dibaca!

Doa aura wajah bisa dibaca setiap selesai sholat dan ketika hendak tidur. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua.
Ilustrasi - Ilustrasi - Ingin Dicintai Karena Allah? Ini Doa Pembuka Aura Wajah yang Bisa Dibaca! (Sumber : pexels.com/@SERHAT TUĞ)