TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Dijauhkan dari Fitnah Dajjal, 3 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

Anjuran membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat diperkuat dengan hadits shahih yang diriwayatkan Imam Ad Daruquthni dan Imam Baihaqi.

Dede Imran
Penulis
Jumat 25 Nov 2022, 07:00 WIB
Dijauhkan dari Fitnah Dajjal, 3 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat

SUKABUMIUPDATE.com - Membaca Al Quran mendatangkan manfaat dan kebaikan pahala yang berlipat ganda, tak terkecuali Surat Al Kahfi yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW karena diyakini memiliki beberapa keutamaan.

Surat yang terdiri dari 110 ayat ini termasuk dalam kelompok surat Al Makkiyah. Mengutip dari Suara.com, menurut laman mui.or.id, anjuran membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat diperkuat dengan hadits shahih yang diriwayatkan Imam Ad Daruquthni dan Imam Baihaqi. 

“Man qara-a suratal-kahfi fil-yaumil-jumati adhaa-a lahu minannuri maa bainal-jum’ataini.”

Artinya, “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua Jumat.”

Keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat

Mengutip mui.or.id, berikut keutamaan membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat

1. Terhindar dari Fitnah Dajjal

Manfaat pertama membaca surat Al Kahfi adalah terhindar dari fitnah Dajjal. Fitnah Dajjal disebut Rasulullah SAW sebagai fitnah terbesar yang ada sejak Nabi Adam SAW diciptakan. 

Membaca Surat Al Kahfi memberikan keistimewaan bagi umat Islam agar terhindar dari fitnah terbesar sepanjang masa ini. 

Dari Abu Darda, Rasulullah SAW bersabda

“Barangsiapa membaca sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari fitnah Dajjal.” (HR Ibnu Hibban).

2. Diampuni Dosa dalam Dua Jumat

Manfaat membaca Surat Al Kahfi selanjutnya adalah mendapatkan ampunan dari segala dosa yang diperbuat diantara dua Jumat. Setiap manusia pasti memiliki dosa. Oleh sebab itu, membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini