Bukan Jakarta, Ini 10 Kota Teraman di Dunia untuk Dikunjungi Selama 2023

Minggu 26 Maret 2023, 20:30 WIB
Ilustrasi Abu Dhabi - Bukan Jakarta, Ini 10 Kota Teraman di Dunia untuk Dikunjungi Selama 2023. | (Sumber : visitabudhabi.ae.)

Ilustrasi Abu Dhabi - Bukan Jakarta, Ini 10 Kota Teraman di Dunia untuk Dikunjungi Selama 2023. | (Sumber : visitabudhabi.ae.)

SUKABUMIUPDATE.com - Sebelum melakukan perjalanan, bagi seorang traveler salah satu yang paling utama adalah keselamatan. Ya, faktor keselamatan merupakan hal penting yang dapat dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk pergi.
 
Oleh karenanya, memilih tempat destinasi yang aman, nyaman dan ramah bagi traveler sangat penting sekali. Pasalnya, hal itu bertujuan untuk menemukan rasa aman, mengurangi kecemasan dan ketakutan ketika bepergian atau menetap di negara baru.
 
Lalu, bagaimana seseorang dapat mengukur tingkat keamanan sebuah kota?
 
Untuk mengukur sebuah keamanan sebuah kota, ada beberapa indeks dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut:
 
  • Tingkat kejahatan
  • Keselamatan berjalan di siang dan malam hari
  • Perampokan atau perampokan dan mobil dicuri
  • Diserang secara fisik oleh orang asing
  • Dihina atau direcoki oleh siapa pun
  • Serangan fisik dari warna kulit, asal etnis, jenis kelamin atau agama
  • Orang yang menggunakan dan mengedarkan narkoba
  • Kejahatan properti dan kekerasan
 
Berdasarkan faktor-faktor tersebut, seluruh kota menerima skor antara 0 dan 100. Laporan ini penting karena 56% populasi dunia tinggal di kota. Pada tahun 2050, 68% populasi diperkirakan tinggal di kota.
 
Oleh karena itu, manajemen perkotaan akan menjadi sangat penting dalam menentukan kualitas hidup populasi perkotaan dunia yang terus meningkat seiring dengan berkembangnya kota. 

Data kota teraman di dunia. | rankingroyals.comData kota teraman di dunia. | rankingroyals.com.

 
Kapasitas kota untuk menyediakan lingkungan yang aman dan terjamin bagi penduduk, bisnis, dan pengunjungnya adalah kunci pengelolaan kota yang efektif.
 
Berikut ini adalah 10 kota teraman di dunia pada tahun 2023 dikutip dari Numbeo via rankingroyals.com:
 
1. Abu Dhabi, Uni Emirat Arab  
 
Posisi pertama ditempati oleh Ibu Kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi yang dinobatkan sebagai kota teraman dunia. Hebatnya lagi, prestasi ini dinobatkan secara 6 tahun berturut-turut.
 
Abu Dhabi memiliki skor 88.3 sebagai kota teraman dunia yang jarang terjadi aksi kejahatan seperti penjambretan, penculikan dan pencopetan.
 
Saking amannya, pria dan wanita dapat berjalan-jalan di Abu Dhabi dengan aman tanpa mengenal waktu siang atau malam. Bahkan, di negara ini setiap orang asing yang melakukan kejahatan akan langsung dipulangkan. 
 
2. Doha, Qatar 
 
Memiliki skor 86.0, Doha menempati urutan kedua dengan kota teraman dunia. Indeks keamanan Numbeo menempatkan Doha, Qatar sebagai kota teraman kedua di dunia selama tiga tahun terakhir.
 
Dengan layanan dan fasilitas terbaik, Kamu pasti akan bersenang-senang selama menginap di kota ini. Meskipun bukan orang Arab, kamu dapat diterima di kota ini karena kebanyakan yang tinggal di Doha berasal dari berbagai negara.
 
Di kota Doha, kamu tak perlu khawatir akan keselamatan, karena indeks kejahatannya sangat rendah yaitu 14,5.
 
3. Ajman, Uni Emirat Arab 
 
Ajman ada di posisi ketiga sebagai kota teraman di dunia untuk dikunjungi selama 2023. Dengan skor 84.9, orang-orang dapat berjalan aman di malam hari tanpa harus ketakutan mobil mereka dicuri, diserang atau dirusak.
 
Polisi di kota Ajman juga telah menerapkan banyak proyek dan program keamanan untuk mengurangi kejahatan, membuat jalan lebih aman, merespons situasi dengan lebih cepat, dan memberikan layanan yang lebih baik.
 
Alhasil, Ajman memiliki skor kejahatan 15,5 jauh lebih rendang dari rata-rata semua kota di Uni Emirat Arab. Kehadiran polisi yang kuat serta hubungan baik dengan masyarakat adalah dua hal yang menambah rendahnya angka kriminalitas di kota ini.
 
4. Taipei, Taiwan 
 
Taipei adalah kota di Asia yang menempati urutan keempat dengan kota teraman di dunia. Ibu Kota Taiwan itu memiliki skor 84.8 dan mempunyai skor kejahatan terendah yaitu 14,3.
 
Sistem transportasi umum berfungsi dengan baik dan aman serta beberapa orang paling baik akan kamu temui di kota ini. Di Taipei, kamu tidak akan mengalami masalah dan akan merasa aman ke mana pun pergi.
 
Taipei adalah salah satu kota yang aman baik siang maupun malam. Kota ini sangat luar biasa karena memiliki gedung-gedung tinggi dan ruang hijau yang luas dan indah, menjadikannya tempat menginap terbaik.
 
5. Sharjah, Uni Emirat Arab
 
Sharjah merupakan kota paling aman dan terjangkau di dunia yang bisa ditinggali oleh traveler. Mempunyai skor 84.6 dan indeks kejahatan 14,2, kota Sharjah dianggap yang terbaik di Negara Uni Emirat Arab.
 
Kota teraman di dunia ini memiliki banyak anggota kepolisian dan perusahaan keamanan. Selain itu, di kota Sharjah banyak kamera CCTV yang dipasang di seluruh kota.
 
Kota Sharjah juga menjadi pilihan bagi orang-orang di berbagai dunia untuk menetap dengan menginginkan standar hidup yang baik.
 
6. Kota Quebec, Kanada
 
Kota Quebec menjadi satu-satunya kota di Amerika Utara yang masuk dalam daftar 20 kota teraman di dunia. Dengan skor 83.8 dan indeks kejahatan terendah 16,1, kota Quebec dianggap kota paling aman untuk membesarkan anak.
 
Quebec memiliki insiden kejahatan kekerasan dan pembunuhan yang jauh lebih rendah dibanding kota-kota besar lainnya di Kanada atau Amerika Serikat. Di Kota Quebec dan sekitarnya, tidak ada alasan untuk takut berjalan di jalanan atau menghadapi kekerasan. 
 
Quebec adalah kota aman, bersemangat, modern, dan ramah turis dengan ekonomi yang kuat. Oleh karena itu, Quebec adalah pilihan terbaik untuk awal yang baru.
 
7. Dubai, Uni Emirat Arab
 
Setiap orang di dunia ini pasti sudah tidak asing dengan kota Dubai. Memiliki skor 83.7, Dubai diakui sebagai salah satu kota teraman di dunia untuk ditinggali. 
 
Banyak orang dari seluruh dunia berbondong-bondong untuk mencari kerja dan standar hidup yang lebih baik. Jika mengunjungi tempat ini, kamu akan menemukan institusi , pembibitan, dan universitas terbaik untuk anak-anak. 
 
Pemerintah dan pimpinan di Dubai menekankan keselamatan dan keamanan warga negara dan pengunjung sebagai prioritas utama.
 
8. Bern, Swiss
 
Bern, Swiss memiliki skor 82.3 dan menempati urutan kedelapan sebagai kota teraman di dunia. Kota ini memberikan standar hidup yang tinggi berkat ekonominya yang makmur dan infrastruktur yang berkembang dengan baik. 
 
Di kota ini orang-orang tidak akan khawatir akan keselamatannya. Karena di kota Bern jarang sekali ada alarm pencurian kendaraan maupun rumah.
 
Bern sendiri memiliki insiden kematian senjata tahunan yang sangat rendah , yaitu 3,01 per 100.000 orang. Pada tahun 2023, terjadi penurunan statistik kriminalitas sebesar 3,28 poin persentase dari tahun sebelumnya. 
 
Meskipun biaya hidup di kota ini mungkin tinggi, tapi jangan diragukan lagi jika kota ini sangat aman ditinggali dan dikunjungi oleh para traveler.
 
9. San Sebastian, Spanyol
 
San sebastian termasuk salah satu kota teraman di Eropa dan dunia dengan skor 81.3. Kota yang indah ini memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah, dan kejahatan dengan kekerasan sangat jarang terjadi. 
 
Secara keseluruhan, tidak perlu khawatir jika kamu pindah atau melakukan perjalanan ke kota San Sebastian. 
 
Tingkat peningkatan kejahatan di San Sebastian saat ini hanya 18,99%, yang juga dianggap sangat rendah. Ini membuktikan bahwa kota-kota yang paling tidak dikenal seringkali paling aman dikunjungi.
 
10. Munich, Jerman
 
Munich menempati posisi ke sepuluh kota teraman di dunia yang dapat dikunjungi pada 2023. Memiliki skor 81.0, Munich dianggap sebagai kota aman dan berkualitas untuk hidup.
 
Kota Munich mempunyai sistem transportasi bersih dan terencana serta jalanan yang aman untuk dilintasi. Bandara Internasional Munich menjadi bandara tersibuk ke-enam di dunia yang dapat menghubungkan warga Munich ke seluruh penjuru dunia.
 
Kota ini juga menjadi destinasi mahasiswa dari berbagai dunia untuk menuntut ilmu di universitas terbaik. Oleh karenanya, Munich banyak dipilih warga asing atau traveler dibanding kota Berlin.
 
Itulah sepuluh kota teraman di dunia yang bisa dikunjungi tahun 2023. Sementara kota-kota Indonesia seperti Jakarta ada di urutan ke-280 dengan skor 47.5 dan Bali posisi ke 242 dengan skor 51.8
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi28 April 2024, 15:00 WIB

Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun

Berikut Informasi Lengkap Lowongan Lulusan S1 untuk Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun.
Ilustrasi. Info Lowongan Lulusan S1, Pengalaman Kerja Minimal 1 Tahun (Sumber : Freepik)
Life28 April 2024, 14:50 WIB

6 Tanda Kamu Golongan Orang Serakah Terhadap Harta, Ini Buktinya

Orang yang serakah terhadap harta bisa diperhatikan dari sikapnya yang cenderung berlebihan dalam mencari dan memelihara harta.
Ilustrasi. Tanda hidup serakah. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 14:32 WIB

Data Sementara BPBD: 17 Rumah di Kabupaten Sukabumi Rusak Akibat Gempa Laut Garut

Berikut rincian wilayah yang terdampak gempa laut Garut M6,2 di Kabupaten Sukabumi.
Rumah rusak akibat gempa laut Garut di Nagrak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 14:30 WIB

"Bagaimana Perasaanmu?", 8 Kalimat Penting untuk Membesarkan Anak Bahagia

Ungkapan-ungkapan praktis berikut adalah semua yang Anda perlukan untuk memiliki anak yang bahagia dan mandiri.
Ilustrasi. Tips membesarkan anak bahagia. Sumber : Freepik/@jcomp
Life28 April 2024, 14:00 WIB

Cara Menghilangkan Trauma Setelah Diputuskan, Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Putus cinta bisa menjadi pengalaman yang mengguncang dan meninggalkan bekas trauma emosional yang dalam.
Ilustrasi. Putus cinta. Sumber : pixabay/breakty99
Life28 April 2024, 13:31 WIB

5 Sikap Sederhana yang Membuat Anda Semakin Berwibawa di Mayarakat, Ini Rahasianya!

Sikap yang dilakukan orang bisa menjadi alasan orang lain memandangnya berwibawa, sehingga rasa hormat dan keseganan itu nyata adanya.
Ilustrasi. Sikap yang membuat orang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Ono Kosuki
Life28 April 2024, 13:30 WIB

Menghabiskan Waktu Bersama, Terapkan 6 Cara Kecil Ini Agar Anak Merasa Istimewa

Ada cara sederhana namun ampuh untuk memastikan semua anak Anda merasa istimewa.
Ilustrasi. Cara membuat anak merasa istimewa. Sumber : Freepik/@freepik
Bola28 April 2024, 13:25 WIB

Larang Nobar Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, MNC Group Umumkan Aturannya

Pegang hak siar, MNC Group tegaskan larangan nobar kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Pelanggar diancam penjara dan denda.
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Uzbekistan U-23 di semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : pssi.org)
Life28 April 2024, 13:00 WIB

Apa Itu Baperan? Berikut 8 Cara Menghilangkan Sifat Tersebut!

Siapa yang tak pernah merasakan kebaperan? Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami perasaan yang terlalu sensitif atau mudah tersinggung terhadap hal-hal kecil.
Ilustrasi. Anak baperan. Sumber : pixabay/adjusty22
Science28 April 2024, 12:45 WIB

Sukabumi Skala IV-V MMI, Dampak Gempa M6.2 Laut Garut Wilayah Selatan Jawa Barat

Menurut BMKG, ukuran gempa mengacu pada skala Mercalli yang merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Satuan ini diciptakan oleh seorang vulkanologis dari Italia yang bernama Giuseppe Mercalli pada tahun 1902.
Gempa M6,2 Laut Garut di Wilayah Selatan Jawa Barat pada Sabtu 27 April 2024 pukul 23.29.47 WIB malam. (Sumber : X (Twitter)/@DaryonoBMKG)