Disalip India, Cina Bukan Lagi Negara dengan Penduduk Paling Banyak di Dunia

Senin 06 Februari 2023, 10:57 WIB
Ilustrasi, penurunan populasi di Cina membuat India saat ini menjadi negara dengan penduduk paling banyak di dunia (Sumber: pixabay)

Ilustrasi, penurunan populasi di Cina membuat India saat ini menjadi negara dengan penduduk paling banyak di dunia (Sumber: pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Negara dengan penduduk paling banyak di dunia bukan lagi Cina. Negeri tirai bambu ini mengalami penyusutan populasi sehingga gelar itu kini milik India.

Melansir laman VOA dari suara.com, Selasa, 31 Januari 2023 fakta ini diungkap sejumlah ahli yang melaporkan penurunan populasi cukup drastis di Cina dalam beberapa tahun ke belakang. Sehingga bayi-bayi yang lahir tahun ini di India akan menegaskan bangsa tersebut sebagai negara dengan penduduk paling banyak di dunia.

Direktur Eksekutif, Yayasan Kependudukan India, Poonan Muttreja mengatakan hal ini tidak terduga karena dari hitung-hitungan mereka fakta ini baru benar-benar akan terjadi pada tahun 2027.

Baca Juga: Anak Muda Sukabumi Sudah Tahu? Ini 35 Contoh Paribasa Sunda dan Artinya dari Huruf A

“Itu tidak terduga. Kami tahu (jumlah penduduk) India akan benar-benar melampaui China pada 2027, tetapi karena percepatan penurunan penduduk di China, maka itu terjadi lebih cepat,” jelas Poonan Muttreja.

Kedua negara itu masing-masing berpenduduk sekitar 1,4 miliar orang. Namun data menyebut populasi penduduk China menurun dan menua, sementara hampir separuh penduduk di India berusia di bawah usia 25 tahun.

“Orang-orang muda ini berpotensi menjadi pasar yang besar, yang akan menarik investasi dunia dan terkumpulnya bakat ketika penduduk di banyak negara mulai menua,” lanjut Poonan Muttreja.

Baca Juga: Pagelaran Wayang Kulit 'Wahyu Makutharama' POLRI Diapresiasi Langsung Ketua MPR RI

Mantan Komisi Pemilu dan Penulis The Population Myth, S.Y. Quraishi, mengatakan India saat ini adalah pasar besar dari sisi konsumsi, sekaligus pemasok tenaga terlatih terbesar di dunia.

Tetapi jumlahnya ini juga dinilai menakutkan. Populasi usia kerja India akan mencapai angka miliaran sebelum akhir dasawarsa ini. “Itu mencemaskan banyak pemuda di negara yang berjuang dengan tingkat pengangguran tinggi,” bebernya.

Seorang mahasiswa di India Anmol Jain mengatakan makin banyak orang, lapangan pekerjaan akan berkurang dan makin banyak persaingan, jadi tidak mudah untuk mendapat pekerjaan”.

Baca Juga: Milad HMI ke-76, Bupati Sukabumi: HMI Konsisten Warnai Setiap Kemajuan Indonesia

Menyikapi hal ini, para ahli menekankan perlunya pembuat kebijakan meningkatkan akses ke pendidikan berkualitas. Hanya sekitar 5 persen tenaga kerja di India yang menjalani pelatihan resmi keterampilan.

Poonan Muttreja menambahkan ada dua hal yang harus dilakukan. Salah satunya, melatih generasi baru, meningkatkan keterampilan terbaik untuk menjadi benar-benar produktif. “Karena jika tidak, akan menyebabkan perbedaan sosial, memicu banyak orang muda menjadi pengangguran, frustrasi, dan tidak bahagia.”

India hanya punya kesempatan cukup sempit untuk meraup keuntungan ekonomi dari populasi mudanya. Meski terus tumbuh selama sekitar 30 tahun, perempuan mulai mempunyai lebih sedikit anak karena akses ke pendidikan meningkat dan pendapatan bertambah.

Sumber: Suara.com (VOA)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 Juli 2024, 23:32 WIB

Identitas Wanita Korban Tabrak Lari di Parungkuda Sukabumi Terungkap

Keluarga korban tabrak lari di Parungkuda Sukabumi berharap polisi bisa menangkap pelaku.
Polisi saat olah TKP kasus kecelakaan yang menewaskan seorang wanita usai disambar mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Nasional19 Juli 2024, 22:41 WIB

Wanita Sukabumi Ini Ditangkap Bareskrim Karena Terlibat Kasus Scam Online Internasional

Berikut peran dari Wanita Sukabumi yang ditangkap Bareskrim Polri saat pulang kampung karena terlibat kasus Scam Online Internasional Jaringan Dubai.
Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Alfis Suhaili saat konpers terkait penangkapan wanita Sukabumi tersangka scam online internasional di Gedung Bareskrim, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2024). (Sumber : Humas Polri)
Sehat19 Juli 2024, 21:44 WIB

BPA pada Kemasan Air Minum Dilarang, Uni Eropa Resmi Terapkan Akhir 2024

Sebanyak 27 negara maju yang bergabung dalam Uni Eropa tegas menyatakan, BPA sudah tidak boleh lagi digunakan mulai akhir tahun 2024.
(Foto Ilustrasi) Uni Eropa mengeluarkan aturan terkait penggunaan BPA pada kemasan galon isi ulang. | Foto: Istimewa
Life19 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mendidik Anak ADHD dengan Pola Pengasuhan yang Efektif dan Tepat

Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Beberapa pengasuhan yang tepat untuk mendidik anak ADHD adalah solusi yang bisa dilakukan. (Sumber : unsplash.com/@Séan Gorman)
Sukabumi19 Juli 2024, 20:53 WIB

Resmi Jadi Kapolres Sukabumi Kota, Ini Pesan AKBP Rita Suwadi

Kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota baru disambut polisi cilik dan tradisi pedang pora.
Tradisi pedang pora sambut kedatangan AKBP Rita Suwadi sebagai Kapolres Sukabumi Kota yang baru. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi19 Juli 2024, 20:32 WIB

Harapan Anggota DPRD Sukabumi Terkait Penyelenggaraan Healthy Cities Summit 2024

Harapan dan pesan Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Badri Suhendi terkait penyelenggaraan event HCS 2024 pada 28-31 Juli 2024 mendatang.
Badri Suhendi, Anggota Komisi I DPRD Fraksi Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto: dok setwan
Sukabumi19 Juli 2024, 20:00 WIB

Terekam CCTV, Wanita Tanpa Identitas Tewas Ditabrak Lari Mobil di Parungkuda Sukabumi

Berikut keterangan Polisi terkait insiden wanita tanpa identitas tewas ditabrak lari mobil saat menyeberang jalan di Parungkuda Sukabumi.
Wanita tanpa identitas jadi korban tabrak lari mobil di Jalan Raya Sukabumi-Bogor tepatnya di Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto: Tangkapan layar CCTV/Istimewa)
Life19 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Ciri Kamu Sebenarnya Adalah Orang Baik Jika Dilihat dari Kebiasaan Sehari-hari

Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka.
Ilustrasi - Menilai apakah seseorang adalah orang baik bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari mereka. (Sumber : Freepik.com)
Nasional19 Juli 2024, 19:35 WIB

Kronologi Helikopter Jatuh di Bali Diduga akibat Terlilit Tali Layangan

Berikut kronologi dan kondisi penumpang helikopter wisata yang jatuh di Bali. Kecelakaan ini diduga akibat baling-baling terlilit tali layangan.
Helikopter jatuh tidak lama lepas landas dari Helipad GWK, Bali pada Jumat (19/7/2024) pukul 14.33 WIB. (Sumber : Istimewa)
Sehat19 Juli 2024, 19:00 WIB

Tak Hanya Susu Saja, Ini 8 Makanan yang Dapat Membantu Memperkuat Tulang

Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang.
Ilustrasi Salmon  - Makanan sangat berpengaruh dalam membantu menjaga kesehatan tulang. (Sumber : pexels.com/Valeria Boltneva)