4 Tips Cari Lowongan Kerja yang Efisien dan Dapatkan Pekerjaan Impian

Selasa 14 Maret 2023, 21:00 WIB
Ilustrasi. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat mencari lowongan kerja agar efisien waktu dan biaya | Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko

Ilustrasi. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat mencari lowongan kerja agar efisien waktu dan biaya | Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko

SUKABUMIUPDATE.com - Mencari lowongan kerja menjadi satu hal yang umum dilakukan terutama oleh mereka yang baru menyelesaikan pendidikan sekolah.

Mencari lowongan kerja memang tidak bisa dianggap mudah, kita harus cermat dalam menentukan lowongan kerja yang sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

Terlebih ada banyak biaya yang dibutuhkan untuk mencari sebuah pekerjaan. Biaya diperlukan karena kita perlu mengeluarkan uang untuk membeli pulsa, mencetak data riwayat hidup, membuat surat lamaran pekerjaan, fotokopi ijazah dan sebagainya.

Setelah dihitung-hitung, tanpa sadar uang yang dibutuhkan memang tak sedikit. Tak hanya biaya, semua hal itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengurusnya.

Baca Juga: Lowongan Kerja Operator Minimal Lulusan SMA Sederajat, Cek Persyaratannya Disini!

Karena itu saat mencari lowongan kerja kita perlu melakukan beberapa tips agar lebih efisien baik dari segi waktu dan biaya.
Mengutip dari JobStreet via Tempo.co, berikut empat cara menghemat pengeluaran saat mencari kerja.

1. Lakukan riset dan perencanaan

Ketika perusahaan sasaran sudah ditetapkan dan Anda bermaksud mengantarkan sendiri berkas lamaran kerja, cari tahu dulu di mana lokasi perusahaan tersebut.

Cari rute yang tidak memberatkan kantong, misalnya pergi dengan menggunakan sarana transportasi umum dan pikirkan berapa lama waktu yang diperlukan.

Cara ini tetap berlaku jika ingin menyasar beberapa perusahaan sekaligus dalam satu waktu atau satu hari. Tentukan rute dengan ongkos termurah, fasilitas termudah, dan waktu tempuh tercepat. Pencarian dan perencanaan dalam perjalanan mengantar berkas lamaran pekerjaan menjadi lebih hemat dan terukur.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung THR Karyawan 2023 Berdasarkan Masa Kerja? Cek Disini!

2. Bijak memanfaatkan waktu

Waktu dapat menjadi teman baik atau musuh terbesar. Jika tahu cara mengalokasikan waktu dengan tepat, pengeluaran pun bisa ditekan. Ingat, mencari kerja merupakan pekerjaan penuh ketika masih menganggur.

Contoh, lebih baik seharian mencari lowongan kerja di internet daripada pergi bersama teman-teman yang tak jelas tujuannya. Uang dan waktu yang digunakan untuk membeli pulsa akan lebih berharga daripada dipakai buat kumpul bareng teman.

Ingat, saat menggunakan waktu dengan bijak pada akhirnya Anda akan menghabiskan lebih sedikit pengeluaran.

Baca Juga: Bus Palabuhanratu Bogor Terperosok di Jalan Alternatif Tenjo Ayu Sukabumi

3. Cari lowongan kerja via online

Memanfaatkan berbagai situs yang menyediakan informasi tentang lowongan kerja. Cara ini lebih efisien dan efektif karena menghemat biaya, misalnya transportasi dan makan. Selain itu, mencari lowongan pekerjaan lewat internet membuat kita sadar mengenai kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.

4. Biarkan orang membantu

Jika ada teman merekomendasikan pekerjaan atau Anda pernah meminta saudara atau teman membaca resume, itu tidak salah. Meminta bantuan selama proses mencari pekerjaan itu wajar.

Bantuan yang berharga tidak selalu dalam bentuk isyarat yang besar, misalnya ada jaminan Anda akan diterima bekerja di perusahaan tertentu atau iming-iming lain yang menggiurkan. Bantuan seringkali berupa hal-hal kecil dan remeh yang akan menghemat uang dan yang paling utama adalah berkontribusi pada kesuksesan.

Baca Juga: HP Belum Ditemukan, Pemuda Tewas di Jurang Panenjoan Sukabumi Sempat Teleponan

Jika butuh tumpangan untuk mencapai lokasi wawancara tertentu, mungkin Anda bisa meminta orang untuk memberikan tumpangan. Kalau butuh grafis dalam resume, mungkin Anda mengenal seorang desainer grafis yang bisa membantu. Singkatnya, daripada harus mengeluarkan uang untuk membayar sesuatu, Anda bisa meminta orang lain untuk membantu.

Bersikaplah sopan dan pengertian saat meminta pertolongan. Dan ketika Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, ingatlah untuk membalas budi. Selalu ada pelamar di luar sana yang membutuhkan bantuan Anda.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Gelar Aksi Tuntut Pembayaran Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi19 April 2024, 20:05 WIB

Cita-citanya Polwan, Orang Tua Terpukul Kehilangan Kayla Siswi Peserta Paskibraka Sukabumi

Orang tua Kayla Nur Syifa peserta seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal punya cita-cita jadi Polwan.
Orang tua Kayla Nur Syifa peserta Paskibraka Kabupaten Sukabumi yang meninggal saat diwawancarai sukabumiupdate.com di rumah duka (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat19 April 2024, 20:00 WIB

8 Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Updaters Wajib Mengetahui Apa Saja Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat.
Ilustrasi - Makanan Tinggi Protein Purin yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Sebastian Coman Photography)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 19:25 WIB

Gelar Perundingan Kebonpedes, Kader PDIP Minta Yudi Suryadikrama Maju Pilkada Sukabumi

Sejumlah kader PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi menggelar pertemuan dalam rangka menyikapi pemilihan bupati / wakil bupati Sukabumi yang akan dihelat pada 27 November 2024 mendatang.
Kader PDI Perjuangan menggelar Perundingan Kebonpedes, Jumat (19/4/2024) | Foto : Syams
Sukabumi19 April 2024, 19:15 WIB

SDN Sundawenang Sukabumi Dibobol Maling, Pelaku Gondol Proyektor dan Gitar

Berikut kronologi kejadian SDN Sundawenang Parungkuda Sukabumi dibobol maling. Pelaku sempat kepergok dan dikejar penjaga sekolah.
SDN Sundawenang Parungkuda dibobol maling, Jumat (19/4/2024). (Sumber : Istimewa)
Life19 April 2024, 19:00 WIB

Ajak Bicara dengan Perasaan, 9 Cara Mengatasi Anak Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua

Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung.
Ilustrasi. Mengatasi stres yang disebabkan oleh seringnya anak dimarahi oleh orang tua memerlukan pendekatan yang sensitif dan mendukung. (Sumber : pixabay.com/@AnnieSpratt)
Sukabumi19 April 2024, 18:20 WIB

Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi, Sosok Kayla di Mata Keluarga

Kayla Nur Syifa siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka dimakamkan di TPU Cimuhara Gunungguruh Sukabumi.
Jenazah Kayla Nur Syifa Siswi SMAN 1 Cisaat yang meninggal dunia saat seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi dimakamkan. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life19 April 2024, 18:00 WIB

Sedang Alami Luka Batin? Amalkan Doa Kesehatan Mental ini Dari Rasulullah SAW

Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup.
Doa kesehatan mental ini untuk memohon rahmat dan pertolongan Allah SWT dalam setiap masalah hidup. | Foto : Pixabay
Jawa Barat19 April 2024, 17:34 WIB

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

PLN berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bogor mengoperasikan SPKLU khusus ALIBO.
Tampilan Angkot Listrik Bogor (ALIBO) dan SPKLU PLN yang terletak di Kantor PLN UP3 Bogor. (Sumber : Istimewa)
Musik19 April 2024, 17:00 WIB

Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral

Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu Illusion Dua Lipa yang Viral di Media Sosial, khususnya platform musik.
Ilustrasi. Gitar | Chord Gitar Before You Go Lewis Capaldi, Cover Lagu Galau Malam Minggu (Sumber : pixabay.com/@pvproductions)