27 Ucapan Isra Miraj, Lengkap Beserta Doa dan Amalan yang Dianjurkan

Sabtu 18 Februari 2023, 18:00 WIB
27 Ucapan Isra Miraj, Lengkap Beserta Doa dan Amalan yang Dianjurkan, | (Sumber : Freepik.com.)

27 Ucapan Isra Miraj, Lengkap Beserta Doa dan Amalan yang Dianjurkan, | (Sumber : Freepik.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Peringatan Isra Miraj 1444 Hijriah tepatnya jatuh pada hari ini Sabtu (18/2/2023). Isra Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Masjidil Aqsa kemudian menuju Sidratul Muntaha yang dilakukan hanya satu malam.

Mengutip dari artikel Nu Online ‘Tanda-tanda Keagungan Allah dalam Isra Miraj', disebutkan bahwa Isra dan Miraj Nabi Muhammad adalah diperjalankannya Nabi Muhammad oleh Allah di malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

Sedangkan Miraj merupakan dinaikkannya Nabi Muhammad dari Masjidil Aqsa menuju Sidratul Muntaha.

Baca Juga: Terseret Arus Deras, M Prabowo Subianto Tenggelam di Sungai Musi

Masih dikutip dari artikel ‘Tanda-tanda Keagungan Allah dalam Isra Miraj', dalam peristiwa Isra’ Mi’raj ada hal yang sangat penting bagi semua umat Islam, yaitu ditugaskannya Nabi Muhammad dan umatnya untuk mengerjakan shalat lima waktu. Perintah itu adalah perintah yang langsung dari Allah.

Mengenai peristiwa Isra Miraj Nabi SAW ini tertuang dalam surat Al-Isra ayat 1 yang bunyi ayatnya sebagai berikut:

"Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Baca Juga: Bukan Bang Edi, Ini 3 Sosok di Preman Pensiun yang Bikin Nyali kang Mus Ciut

Dalam memperingati Isra Miraj 1441 Hijriah, ada berbagai cara yang bisa dilakukan oleh umat muslim. Seperti memberikan ucapan Isra Miraj dan membaca doa serta melaksanakan amalan-amalan sholeh.

Berikut ini ucapan Isra Miraj lengkap beserta doa dan amalan yang bisa dilakukan oleh umat muslim dikutip via Suara.com.

Ucapan Isra Miraj

1. Selamat merayakan hari luar biasa Isra Miraj 1444 H/2023.

2. Selamat memperingati Isra Miraj 2023. Hari penting ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk saling menghargai keberagaman.

3. Selamat Isra Miraj 2023. Semoga doa terbaik untuk kita semua di hari bersejarah, agung dan suci ini, 27 Rajab 1444 Hijriah.

4. Marilah renungkan perjalanan Nabi Muhammad SAW dan patuhi perintah-perintah Nya. Selamat Isra Miraj 1444 H.

5. Untuk sahabat Muslim, marilah kita semua meningkatkan keimanan dan ketakwaan agar tercipta generasi berakhlakul karimah.

6. Semoga dengan adanya peringatan Isra Miraj ini, akan membuat kita semakin rajin melafalkan kitab suci Al Quran hingga menyejukkan hati setiap kaum Muslim yang mendengarnya.

Baca Juga: Merasa Diperas Soal Dana BOS, Kepsek SMP di Sukabumi Lapor Saber Pungli

7. Dengan merayakan Isra Miraj, ayo kita jadikan sholat sebagai kebutuhan dan cahaya untuk kehidupan dunia dan akhirat.

8. Selamat Isra Miraj untuk semua umat Islam di seluruh dunia. Marilah kita menjadi pribadi yang lebih rajin beribadah di hari yang dimuliakan ini.

9. Marilah kita menguatkan tali persaudaraan Muslim, bersama-sama menjadi umat Rasulullah SAW yang baik budi, tawadhu, jujur, dan selalu taqwa pada Allah SWT.

10. Isra Miraj mengingatkan kita betapa Rasulullah SAW sangat sayang pada umatnya sampai dengan saat ini.

11. Selamat memperingati Isra Miraj 1444 H, kelak kita semua senantiasa mengikuti jejak Rasulullah SAW untuk menjadi Muslim teladan."

12. Meninggalkan sholat adalah bukti bahwa kita telah mengecewakan Nabi Muhammad SAW yang pernah melalui perjalanan Isra Miraj.

13. Pada hari Isra Miraj ini, marilah kita peringati perjalanan malam dan kenaikan suci Rasulullah SAW.

14. Selamat Isra Miraj 2023. Pada hari ini, saya ingin mengucapkan salam dan selamat memperingati Isra Miraj bagi semua sahabat Muslimku di seluruh dunia.

15. Menyampaikan ucapan kata mutiara Isra Miraj saja tidaklah cukup. Tapi, kalimat ini diharapkan bisa jadi pengingat agar kita sebagai insan manusia terus berpacu untuk menjadi lebih baik lagi mengikuti semua ajaran-ajaran terbaik dari Rasulullah SAW.

16. Selamat Isra Miraj 1444 H, marilah kita mengenang perjalanan suci Nabi Muhammad SAW dan menjadikannya sebagai bahan pembelajaran yang membuat kita menjadi lebih baik.

17. Selamat merayakan Isra Miraj 2023 untuk seluruh sahabat Muslimku di manapun berada.

18. Meskipun roda kehidupan terus berputar, tapi tetap jadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri teladan untuk memberi panduan.

19. Selamat memperingati Isra Miraj 1444 Hijriyah, acara ini menandai malam ketika Allah SWT membawa Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Mekah ke Jerusalem dan kemudian ke surga, dan juga hadiah salah satu dari lima pilar dalam Islam (sholat lima waktu) telah diberikan kepada kita semua. Semoga Allah SWT selalu memberkahi kita semua.

20. Selamat Hari Raya Al-Isra Wal Miraj 27 Rajab 1444 H. Pujilah apa yang Nabi Muhammad SAW alami, dan pujilah makna perjalanan-Nya!

21. Semoga Isra Miraj tahun ini menjadi momen yang mengingatkan kita akan pentingnya berusaha menjadi lebih baik sebagai insan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

22. Semoga kita semua menjadi umat Muslim yang selalu mengenang perjalanan suci Rasulullah SAW. Selamat Isra Miraj 2023.

23. Untuk sahabat muslimku, mari kita jadikan peringatan Isra Miraj yang jatuh pada hari ini sebagai awal untuk meningkatkan amaliah ubudiyyah kita kepada Allah SWT sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

24. Semoga dengan peringatan Isra Miraj 2023 ini akan semakin mengingatkan kita untuk lebih melafalkan kitab suci Al Quran.

25. Semoga Isra Miraj 2023 ini menjadi momentum untuk kita semua untuk merenungkan hidup dan perjalanan spiritual kita, serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

26. Semoga Isra Miraj 2023 ini menjadi peluang bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual dan menjadi insan yang lebih baik.

27. Selamat Isra Mi'raj, semoga momen ini menjadikan kita lebih dekat dengan Tuhan dan lebih bermanfaat bagi sesama.


Doa Isra Miraj dan Artinya

Allaahumma baarik lanaa fii rajaba wasya'baana waballighnaa ramadlaanaa

Artinya:
Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.

Baca Juga: Kesaksian Warga Terkait Mayat Pria Tanpa Busana di Pantai Minajaya Sukabumi

Selain bacaan doa di atas, ada bacaan doa lainnya yang bisa diamalkan pada saat Isra Miraj. Mengutip dari buku Doa-Doa Dalam Acara Resmi, Keagamaan dan Kemasyarakatan oleh Drs. M. Ali Chasan Umar, adapun bacaan doanya sebagai berikut:

Allahuma inni as-aluka bi musyahadati israari al-muhibbin, wabilhalawatillati khash-shashasta biha sayyidil mursalin, hina asrarta bihi lailata as-sab’I wal ‘isyriina,anirham qalbiia al-haziin,tujibta da’wati,yaa-akramil akramiin

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia para ahlul mahabbah dengan kemulian khalwat (pertemuan tersembunyi) yang hanya Engkau berikan kepada Nabi Muhammad pemimpin para Rasul ketika Engkau berikan kesempatan kepada beliau pada malam 27 Rajab, berikanlah hatiku yang sedang galau akan kasih sayang-Mu serta kabulkan doa-doaku, Wahai yang Maha memiliki kedermawanan."

Amalan Isra Miraj

1. Membaca Al-Qur'an

Perbanyak bacaan Al Qur'an, tidak hanya pada malam Isra' Mi'raj tapi juga di hari-hari lainnya. Namun, bagi yang membaca Al Qur'an lebih banyak pada malam Isra' Mi'raj, Insyallah pahalanya akan berlipat ganda.

Hal itu berdasarkan firman Allah Swt dalam Surah Al-Isra ayat 82, yang artinya:

"Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian."

2. Membaca doa-doa Istighfar

Istighfar merupakan doa untuk memohon ampunan kepada Allah Swt. Apabila dibaca lebih banyak dan tulus pada malam Isra Miraj, InsyAllah seluruh dosa-dosa kita diampuni oleh Allah Swt. Bahkan kita akan masuk surga jika membaca istighfar penuh keyakinan setiap hari, tidak hanya di malam Isra Miraj saja. Rasul bersabda,

"Barangsiapa mengucapkannya di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk penghuni surga. Barangsiapa membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk penghuni surga." (HR. Bukhari dan An-Nasa'i)

3. Doa bulan rajab

Bacalah doa berikut ini di malam Isra' Mi'raj. Doa ini akan melindungi kita dari perbuatan dusta dan fitnah. Hati kita tidak akan tega untuk berbuat jahat pada orang lain, sehingga kita tidak akan memiliki musuh.

Allahumma thohhir lisaanii minal kadzibi wa qolbii minan nifaaqi wa ‘amalii minar riyaa-i wa bashorii minal khiyaanati fa innaka ta’lamu khoo-inatal a’yuni wa maa tukhfish shuduuru.

Baca Juga: Sama-sama Terluka Kena Comeback, Jadwal Persib dan Persija di Pekan ke- 25 Liga 1

Artinya:

“ Ya Allah, sucikanlah lisanku dari dusta, sucikanlah hatiku dari kemunafikan, sucikanlah amalku dari riya, sucikanlah penglihatanku dari khianat, sesunguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan oleh hati.”

4. Doa sholawat untuk nabi

Dianjurkan juga untuk membaca banyak-banyak doa sholawat untuk nabi. Dengan demikian kita akan senantiasa semakin dekat kepada Allah Swt dan Nabi Muhammad saw. Kedekatan secara spiritual akan membuat kita senantiasa waspada dan tidak akan mudah tertipu di hadapan orang-orang atau situasi manipulatif.

Berikut doa sholawat nabi yang sebaiknya dibaca di malam Isra' Mi'raj.

"Allahumma shalli alaa Muhammadinin 'abdika wa rosulika nabiyyil ummi wa'alaa aalihii wa sallim."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, hambaMu, nabiMu, dan utusanMu yang ummi serta limpahkan pada keluarganya dan sahabatnya, juga limpahkan salam atas mereka."

Demikian itu rekomendasi doa dan amalan malam Isra Miraj. Semoga kamu bisa merasakan ridho dan rahmat dari Allah Swt. Amin.

Sumber: Suara.com (Ulil Azmi)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Motor24 April 2024, 19:00 WIB

Ciri-ciri V Belt Motor Matic Harus Segera Diganti, Pengendara Harus Tahu Nih!

Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat berakibat fatal, seperti V-Belt putus di jalan yang dapat menyebabkan kecelakaan.
Ilustrasi - Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat  berakibat fatal,  seperti V-Belt putus di jalan yang  dapat  menyebabkan kecelakaan. (Sumber : wahanahonda.com)
Sehat24 April 2024, 18:35 WIB

5 Cara Berikut Dapat Meredakan Sakit Punggung saat Hamil, Salah Satunya Olahraga dan Terapi Fisik

Sakit punggung sering dikeluhkan oleh ibu hamil karena beberapa penyebab, namun ada cara yang dapat meredakan sakitnya.
Ilustrasi meredakan sakit punggung saat hamil. (Sumber : Freepik)
Life24 April 2024, 18:31 WIB

Bersikap Konsisten, Ini 7 Cara Memberi Anak Konsekuensi yang Benar-benar Berhasil

Menggunakan konsekuensi secara efektif dapat membuat perbedaan besar dalam pola asuh Anda dan perilaku anak Anda.
Ilustrasi memberi anak konsekuensi. (Sumber : pexels.com/@August de Richelieu)
Bola24 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persik Kediri vs PSS Sleman: Sama-sama Butuh Poin!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persik Kediri vs PSS Sleman berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persik Kediri vs PSS Sleman berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Freepik.com/@asierromero/Ist).
Life24 April 2024, 18:00 WIB

Doa Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria untuk Memohon Dikaruniai Anak yang Sholeh Sholehah

Yuk amalkan doa dari Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria ini untuk Memohon kepada Allah SWT agar Dikaruniai Anak yang Sholeh Sholehah.
Ilustrasi  - Yuk amalkan doa dari Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria ini untuk Memohon kepada Allah SWT agar Dikaruniai Anak yang Sholeh Sholehah. | (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel24 April 2024, 17:58 WIB

Glamping di Puncak Manis, The Secret Hill! Hidden Gem Lainnya di Sukabumi

Puncak Manis Glamping and villa berada di wilayah Sukamanis, jalan Puncak Manis, Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.
Puncak manis glamping and villa, secret hill hidden gem baru di Kaki Gunung Pangrango Sukabumi (Sumber: istimewa)
Life24 April 2024, 17:30 WIB

6 Dampak Menyakitkan Perceraian Kepada Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Dampak perceraian orang tua sangat berbahaya bagi anak. Itu sebabnya, perceraian sarat akan efek buruk yang semestinya dihindari.
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Dampak negatif perceraian orang tua kepada anak yakni sulit memiliki kebahagiaan dalam keluarga. Sumber Foto : Pexels/Alex Green
Sukabumi24 April 2024, 17:04 WIB

4 Pelaku Investasi Bodong Gadai Rumah di Sukabumi Jadi Tersangka, Korban Capai 186 Orang

Kasus investasi bodong gadai rumah di Sukabumi tersebut menelan korban hingga 186 orang dengan total nilai kerugian materil hingga Rp 5 Miliar lebih.
Satreskrim Polres Sukabumi Kota saat menunjukan barang bukti kasus investasi bodong gadai rumah. (Sumber : Istimewa)
Musik24 April 2024, 17:00 WIB

Viral! Ini Lirik Lagu Teteh Doel Sumbang: Lamun Lain Teteh Awewena

Inilah Lirik Lagu Teteh Doel Sumbang yang Viral "Lamun Lain Teteh Awewena, Terus terang can hayang jadi bapa".
Lirik Lagu Teteh Doel Sumbang yang Viral di TikTok: Boro-boro rumah tangga. (Sumber : Youtube/@DoelSumbang)
Nasional24 April 2024, 16:43 WIB

Perputaran Uangnya Rp327 Triliun: 3,2 Juta Rakyat Indonesia Main Judi Online

judi online slot yang paling banyak diminati oleh penjudi di Indonesia sejak 2023
3 warga Cikembar Sukabumi ditangkap polisi karena promosi judi online | Foto: Ist