Riset di Kota Sukabumi Soal Belanja Online, Siapa yang Paling Doyan dan Alasannya?

Senin 21 November 2022, 18:40 WIB
Ilustrasi. Riset di Kota Sukabumi Soal Belanja Online, Siapa yang Paling Doyan dan Alasannya?

Ilustrasi. Riset di Kota Sukabumi Soal Belanja Online, Siapa yang Paling Doyan dan Alasannya?

SUKABUMIUPDATE.com - Belanja termasuk salah satu kegiatan yang terdampak dari perkembangan Teknologi serba digital. Belanja kini lebih mudah hanya perlu modal smartphone dan internet, yakni belanja online atau Online Shopping.

Saat ini warga termasuk di Sukabumi akrab dengan beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya untuk berbelanja online. Lalu apa yang mempengaruhi kita dalam memutuskan untuk membeli barang, secara online atau offline?

Sebuah Penelitian tahun 2022 oleh Umban Adi Jaya dan Ananda Mutiara, coba menjawab hal ini, Mahasiswa Jurusan Manajemen, Institut Manajemen Wiyata Indonesia, dalam Jurnal TRANSEKONOMIKA: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan Volume 2, ISSUE 5, (2022).

Hasil penelitian menyebutkan pengaruh promosi sebesar 52,9% dan harga sebesar 40,3% terhadap keputusan pembelian konsumen masyarakat Kota Sukabumi di PT. Shopee International Indonesia. Sementara untuk keduanya (promosi dan harga), pengaruh mencapai angka 56,6%.

Menariknya, masyarakat Kota Sukabumi yang terlibat dalam keputusan pembelian di PT. Shopee International Indonesia didominasi oleh masyarakat yang belum menikah, pelajar/mahasiswa, lebih dari  1 tahun penggunaan, dan lebih dari 2 kali pembelian.

Artinya, mayoritas masyarakat Kota Sukabumi cenderung suka berbelanja online, terutama di usia remaja hingga dewasa.

Rina Indrayani, Mahasiswi Program Studi Teknik Industri, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung juga mengungkap hal serupa dalam penelitiannya dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 10. No. 1  April 2022, yakni Promosi berpengaruh  positif  (+) dengan nilai 0.323 terhadap Pemilihan Marketplace oleh masyarakat Kota Sukabumi.

Berbicara mengenai Marketplace, Rina (2022) menjelaskan bahwa Marketplace merupakan model bisnis baru seiring pesatnya pertumbuhan infrastruktur teknologi informasi agar lebih efektif dan efisien. Marketplace tak terbatas jarak, ruang dan waktu, mempermudah transaksi atau aktivitas jual beli sehingga lebih cepat dan murah.

Jika belanja konvensional perlu tempat fisik sebagai tempat transaksi maka marketplace memerlukan sarana virtual. Marketplace bisa berbentuk platform transaksi bisnis online yang memfasilitasi transaksi komersial seperti menjual barang, jasa hingga informasi secara online. Contoh Marketplace misalnya Shopee, Tokopedia, lazada, Blibli, dan lain-lain.

Perlu diketahui, Olshop dan Marketplace adalah dua istilah yang berbeda meskipun penggunaannya hampir kembar identik. Olshop atau Online Shop adalah Toko Online yang tersedia pada platform online. Sedangkan marketplace adalah tempat yang menyediakan bagi yang ingin berjualan di website mereka.

Sederhananya, Online Shop memerlukan marketplace sebagai wadah transaksi dan Marketplace butuh Olshop untuk mengisi ruang website mereka. Misalnya ada sebuah toko yang menjual barang-barang elektronik. 

Penjual elektronik yang butuh lokasi penjualan maka toko tersebut juga pasti membutuhkan marketplace untuk menjual barang-barangnya secara online. Pemilik toko bisa memilih entah toko oren, toko hijau atau toko biru untuk dijadikan Marketplace nya.

Writer: Nida Salma M

#SHOWRELATEBERITA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel26 Februari 2024, 19:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi
Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi (Sumber : via kereta-api.info)