Jalur Wisata Dikotori Sampah, Komunitas di Cikidang Sukabumi Turun Tangan

Minggu 14 Juni 2020, 12:35 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah komunitas berinisiatif melakukan aksi bersih-bersih sampah yang menumpuk di pinggir jalan Cikidang, tepatnya perkebunan karet Oblong, Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Minggu (14/6/2020). 

Sampah tersebut menumpuk membuat tempat yang banyak ditumbuhi pohon gutta percha penghasil karet oblong menjadi tidak sedap dipandang. Padahal lokasi tersebut menjadi salah satu icon dari daerah Cikidang. Kemudian jalan tersebut merupakan jalur wisata di Cikidang dan menjadi jalan menuju Palabuhanratu.

Sampah yang menumpuk tempat tersebut mulai dari tempurung Kelapa, styofoam, sampah rumah tangga dan lainnya. Oleh komunitas tersebut sampah diangkut kemudian dibakar. Tak hanya komunitas saja, nampak ikut pada kegiatan ini anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Dadan Hasanudin.

BACA JUGA: Semangat Komunitas Pemerhati Lingkungan Bersihkan Sampah di Kawasan Pantai Palabuhanratu

Ketua Komunitas Cikidang Beautiful Zone, Fauzan (43 tahun) mengatakan, masyarakat sekitar sudah melaporkan adanya sampah menumpuk dilokasi tersebut kepada dinas terkait. Namun tak juga ada respon, maka dari itu, komunitas bergerak bersama-sama untuk melakukan aksi bersih-bersih. 

"Katanya sering warga laporan ke pihak berwenang atau pemerintahan setempat namun karena itu lokasinya ada di wilayah perkebunan karet Oblong tidak ada respon. Hingga akhirnya kami inisiatif mengundang teman-teman komunitas di media sosial untuk membersihkan sampah itu. Alhamdulillah tadi langsung terjun kepala Desa dan pihak perkebunan, Komunitas Cipetir Ngahiji yang dipimpin Lodaya Kidang Kencana, dan komunitas Riungan Tukang Banyol membersihkan," ungkap Fauzan kepada sukabumiupdate.com, Minggu (14/6/2020). 

Menurut Fauzan, dari keterangan warga sekitar sampah tersebut dilakukan oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Biasanya sampah tersebut dibuang dari kendaraan.

BACA JUGA: Peduli Kebersihan, Anak Motor Punguti Sampah di Pantai Ujung Genteng Sukabumi

"Rata-rata sampahnya tempurung Kelapa, styofoam, sampah rumah tangga dan sampah dari pasar juga ada di buang ke situ. Sampah-sampah yang plastik kita bakar, tempurung kelapa itu ditarik ke bawah dikubur untuk dijadikan kompos. Kalau dikumpulkan semua sampah yang berhasil kita bersihkan dan dibakar itu diperkirakan sampai 5 Dumptruk," jelasnya.

Menurut Fauzan, Cikidang merupakan daerah yang sudah begitu dikenal karena memiliki objek wisata seperti arum jeram, rafting dan lainnya.

"Tidak hanya wisatawan lokal, orang luar negeri juga kan banyak yang melintas untuk berwisata ke Cikidang, jadi kita gak mau Cikidang ini yang indah dan cantik menjadi berantakan oleh sampah yang dibuang oknum oknum yang tidak bertanggung jawab," terangnya.

BACA JUGA: Semangat Pedagang Bersihkan Pantai Citepus Balai Desa Sukabumi dari Sampah

Adapun kegiatan ini kata Fauzan akan dilakukan berkelanjutan dan kegiatan ini akan dilakukan di seluruh jalur Cikidang dari pintu masuk Cikidang hingga pintu keluar Cikidang di kawasan Jajaway Palabuhanratu. "Insya allah kami beserta rekan rekan akan terus melakukan pembersihan sampah yang berada di pinggir jalan," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life30 April 2024, 19:23 WIB

6 Bukti Jelas Pasangan Kamu Hanya Pura-pura Cinta Selama Ini, Ketahui Tandanya

Terkadang tidak disadari bahwa selama ini pasangan anda hanya pura-pura cinta dan berniat hanya mengambil manfaat materi dari hubungan.
Ilustrasi. Pasangan yang pura-pura cinta. | Sumber Foto : Pexel/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 19:19 WIB

Berikan Konsekuensi, Berikut 5 Strategi Disiplin Agar Anak Tidak Mencuri

Biasanya, mencuri dapat diatasi melalui bimbingan, intervensi, dan konsekuensi orang tua. Namun, jika seorang anak terus melakukan perilaku tersebut, mereka mungkin memerlukan bantuan profesional.
Ilustrasi agar anak tidak mencuri | Foto : pexels.com/@kamaji ogino
Keuangan30 April 2024, 19:16 WIB

Belajar dari Orang Jepang, Ini 6 Cara Mengelola Uang Bulanan dengan Benar, Yuk Terapkan!

Orang Jepang memiliki konsep dalam menabung keuangan. Ini solusi bagi orang yang ingin cepat kaya dengan menerapkan langkah finansial ini.
Ilustrasi. Belajar menabung uang dari orang Jepang. | Sumber Foto: Pexels/Ahsanjaya
Sukabumi30 April 2024, 19:10 WIB

Cerita Asep Gali Tanah Temukan Senjata Api Laras Panjang Di Cisaat Sukabumi

Asep menceritakan penemuan senjata api laras panjang ketika ia bekerja untuk membetulkan saluran air pada kolam ikan yang bocor, setelah satu meter penggalian
Asep Burdah (49 tahun), temukan senjata laras panjang saat gali tanah tepi kolam | Asep Awaludin
Gadget30 April 2024, 19:00 WIB

Performa Tangguh: Rekomendasi 3 HP dengan Chipset Snapdragon 7s Gen 2

Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan.
POCO X6 5G - Ada beberapa hp dengan chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang bisa Anda pertimbangkan. (Sumber : mi.co.id).
Life30 April 2024, 18:21 WIB

Patut Diterapkan Bund, Ini Tips Ajari Anak Berperilaku Baik Saat Kunjungi Rumah Orang Lain

Ajari anak Anda bagaimana berperilaku ketika mengunjungi rumah orang lain
Ilustrasi berperilaku baik ketika mengunjungi rumah orang lain | Foto : Pexels.com/@Sergey Makashin
Life30 April 2024, 18:04 WIB

6 Kesalahan Mendidik Anak yang Sering Disepelekan Orang Tua, Anda Termasuk?

Kesalahan mendidik anak bisa menyebabakn kefatalan bagi pertumbuhan dan perkembangan anak itu sendiri. Orang tua harus mengetahui betul hal ini.
Ilustrasi. Kesalahan orang tua dalam mendidik anak | Sumber foto : Pexels/RDNE Stock project
Life30 April 2024, 18:00 WIB

Amalkan Segera! 5 Doa Minta Jodoh Agar Dipertemukan dengan Pasangan Terbaik

Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT.
Amalkan doa ini segera jika kamu ingin memiliki jodoh terbaik dari Allah SWT. | (Sumber : Instagram/@dindahw)
Sukabumi30 April 2024, 17:54 WIB

DLH Akui Kekurangan Armada Soal Telat Angkut Tumpukan Sampah di Palabuhanratu Sukabumi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabipaten Sukabumi Prasetyo menyebutkan bahwa penyebab tidak terangkutnya sampah tersebut itu di sebabkan oleh kekurangan armada pengangkut sehingga sedikit terhambat.
Kondisi tumpukan sampah di TPSS Kampung Pangsor Lio, RT 01, RW 25, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life30 April 2024, 17:34 WIB

Ajarkan Keterampilan Khusus, Ini 7 Cara Mengajari Anak Agar Tangguh Secara Mental

Dalam membangun kekuatan mental anak, dibutuhkan komitmen dan konsistensi. Namun dengan komunikasi yang teratur, dan berupaya membangun kepercayaan diri dan harga diri mereka secara teratur, Anda akan memberikan kekuatan mental.
Ilustrasi anak tangguh secara mental / Sumber : pexels.com/@Allan Mas