Malware, si Perusak Sistem Komputer yang Harus Kamu Kenali!

Kamis 09 Desember 2021, 10:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Malware menjadi momok bagi kebanyakan pengguna komputer. Mayoritas pengguna komputer biasanya menyebut Malware sebagai Virus.

Penyebutan Virus untuk Malware tidak sepenuhnya benar, karena Malware sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan bentuk dan cara kerjanya. Virus itu sendiri merupakan salah satu jenis Malware.

Jadi, perangkat lunak yang mengganggu sistem komputer belum tentu Virus bisa saja jenis malware lain yang belum kamu kenali.

Supaya kamu tidak lagi salah paham tentang Malware, berikut penjelasan tentang Malware dan jenis-jenisnya.

Apa itu Malware?

Malware merupakan singkatan dari Malicious Software yang artinya perangkat lunak jahat. Malware biasanya menginfeksi komputer melalui email, situs web, perangkat lunak dan perangkat keras yang terhubung.

Perangkat lunak jahat ini dapat mengambil alih komputer. Komputer yang diambil alih akan berubah menjadi komputer 'Zombie' yang berfungsi untuk melakukan spamming ke situs web. Malware juga digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak, film, hingga pornografi illegal.

Maka dari itu, sebaiknya kita tidak mengakses sebuah file berbayar yang bisa didapat secara gratis, terutama dari pihak yang tidak terpercaya. File ilegal berpotensi terinfeksi Malware, jika kita akses file tersebut maka Malware akan menyerang perangkat (komputer) kita.

Perangkat lunak jahat ini sering digunakan oleh peretas untuk mendapatkan informasi sensitif guna membobol rekening bank, mengklaim asuransi hingga pengancaman.

Komputer yang terinfeksi Malware akan menimbulkan sejumlah dampak yakni,

  • Kinerja komputer melambat
  • Banyak iklan bermunculan di komputer
  • Sistem komputer sering mengalami crash hingga blue screen
  • Memori penuh secara tidak wajar
  • Traffic internet pada komputer meningkat secara tidak wajar
  • Antivirus pada komputer tidak berkerja atau disable
  • File menghilang dan terenkripsi

Baca Juga :

Jenis-jenis Malware

Dilansir dari cisco.com, Malware memiliki tujuh jenis berdasarkan bentuk dan cara kerjanya. Berikut ketujuh jenis Malware tersebut:

1. Virus

photoMalware dibuat dan digunakan peretas untuk tindak kriminal. - (Freepik)

Virus merupakan salah satu jenis Malware yang umum kita kenal. Virus merupakan perangkat lunak berbahaya yang melekat pada sebuah file.

Virus yang menginfeksi suatu file akan ‘tertidur’. Program jahat tersebut akan ‘terbangun’ dan menyalin dirinnya sendiri ketika file dibuka dan digunakan.

Virus akan menginstruksikan program inangnya untuk menyalin kode Virus, sehingga perangkat lunak jahat ini mampu menyalin dirinya sendiri. Virus yang telah tersalin kemudian menginfeksi sejumlah program dan file lain yang disimpan di komputer.

Virus dirancang untuk mengganggu kemampuan sistem komputer saat beroperasi. Dampaknya, jenis malware ini dapat menyebabkan masalah operasional sistem hingga kehilangan data.

Maka dari itu, rajin-rajinlah membackup data sebagai upaya preventif jika komputer kita terinfeksi Virus.

2. Worm

photoWorm tidak memerlukan aktivitas Manusia untuk menduplikasi dirinya. - (Freepik)

Worm adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat dengan cepat menduplikasi dirinya hingga menyebar ke perangkat apa pun melalui jaringan.

Berbeda dengan Virus, Worm tidak memerlukan aktivitas Manusia untuk menduplikasi dirinya. Worm menginfeksi suatu perangkat melalui file yang diunduh melalui koneksi jaringan internet atau intranet. Sebagai pencegahan agar tidak terinfeksi Worm, kita disarankan untuk tidak asal menggunakan wifi publik.

Sama halnya seperti Virus, Worm juga dapat mengganggu sistem pada komputer hingga ancaman kehilangan data.

3. Trojan

photoTrojan tidak dapat menyalin dirinya sendiri. - (Freepik)

Nama Trojan diambil dari nama ‘Kuda Kayu’ yang digunakan sebagai alat perang di zaman Yunani kuno. Trojan merupakan perangkat lunak berbahaya yang menyamar layaknya perangkat lunak biasa.

Ketika diunduh, file Trojan akan memperoleh data sensitif, memodifikasi dan memblokir data sensitif tersebut. Tidak seperti Virus dan Worm, Trojan tidak dapat menyalin dirinya sendiri.

4. Spyware

photoSpyware digunakan untuk memata-matai pengguna komputer. - (Freepik)

Spyware merupakan singkatan dari Spy Software alias perangkat lunak mata-mata. Spyware merupakan perangkat lunak berbahaya yang berjalan secara diam-diam di dalam komputer.

Spyware tidak bertujuan untuk mengganggu sistem pada komputer. Spyware hanya bertugas untuk memonitoring penggunaan komputer, merekam informasi sensitif dan memberikan akses jarak jauh kepada sang pembuat Spyware tersebut.

Jika berhasil direkam oleh Spyware, informasi sensitif (pribadi) dapat digunakan untuk hal-hal yang tidak kamu inginkan atau melakukan berbagai transaksi tanpa sepengetahuan kamu seperti melakukan pinjaman online, pembobolan rekening bank, klaim asuransi, pembobolan social media hingga pengancaman.

Salah satu jenis Spyware adalah keylogger. Keylogger bertugas merekam ketikan pada keyboard, sehingga Spyware tersebut dapat merekam kata sandi pengguna komputer.

5. Adware

photoAdware mengumpulkan data pengguna komputer untuk keperluan iklan. - (IST)

Adware merupakan perangkat lunak yang sejatinya tidak terlalu berbahaya. Adware digunakan untuk mengumpulkan data tentang penggunaan komputer dan menyediakan iklan yang sesuai untuk pengguna komputer.

Meskipun tidak berbahaya, ada kalanya Adware berubah menjadi perangkat lunak yang berbahaya. Adware bisa menyebabkan masalah pada sistem komputer, serta mengarahkan pengguna komputer ke situs web yang tidak aman yang di dalamnya mengandung Malware berbahaya.

6. Ransomware

photoRansomware akan mengenkripsi data pada komputer. - (Freepik)

Ransomware adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat memperoleh akses ke informasi sensitif dalam suatu sistem, mengenkripsi file sehingga pengguna tidak dapat mengakses file tersebut.

Untuk dapat mengakses informasi yang terenkripsi, pengguna diharuskan membayar sejumlah uang kepada pembuat Ransomware. Uang yang dibayarkan biasanya berupa mata uang kripto seperti Bitcoin.

Ransomware biasanya diawali dari praktik Phising, pengguna komputer mengklik sebuah link yang dikirimkan melalui email atau social media.

Setelah link tersebut di klik, maka pengguna komputer secara tidak sadar sudah mengunduh ransomware. Setelah Ransomware terunduh, maka pembuat perangkat lunak tersebut akan mengenkripsi data hingga mengancam pengguna komputer dengan cara harus membayarkan sejumlah nominal uang kepadanya.

7. Fileless Malware

photoMalware jenis ini tidak dapat terdeteksi dengan pasti. - (IST)

Fileless Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang tidak menginfeksi file, melainkan berada pada memori perangkat. Karena Malware jenis ini tidak berada pada suatu file, maka akan sangat sulit dipindai, bahkan lebih sulit dari jenis Malware lainnya.

Pada akhir tahun 2017, Tim Intelijen Cisco memberitahu contoh Malware jenis ini dengan sebutan DNSMessenger.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Kecantikan29 Maret 2024, 20:51 WIB

Agar Tampil Makin Cantik, Ini 7 Item yang Wajib Dipakai Perempuan

Dalam dunia mode dan gaya, aksesori tubuh memainkan peran yang sangat penting dalam menambahkan dimensi dan pesona pada penampilan seseorang.
Ilustrasi item yang dipakai perempuan agar semakin cantik. (Sumber : Pixabay)
Sehat29 Maret 2024, 20:30 WIB

Aman untuk Dikonsumsi, 5 Buah yang Membantu Anda Menurunkan Asam Lambung

Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya
Ilustrasi - Asam lambung naik dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang bisa meredakannya. (Sumber : Freepik/ @lifeforstock)
Sukabumi29 Maret 2024, 20:19 WIB

3 Ruang Kelas SDN Sukalaksana Sukabumi Rusak Parah dan Nyaris Roboh, Butuh Perbaikan

Tiga ruang kelas SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi bertahun-tahun kondisinya rusak parah, sehingga tak layak untuk KBM.
Kondisi salah satu ruang kelas di SDN Sukalaksana di Curugkembar Sukabumi yang rusak parah. (Sumber : Istimewa)
Life29 Maret 2024, 20:00 WIB

8 Gaya Hidup Tidak Sehat yang Bisa Menyebabkan Penyakit Asam Urat

Jangan Lakukan Sederet Gaya Hidup Tidak Sehat Berikut Karena Bisa Menyebabkan Potensi Penyakit Asam Urat di Kemudian Hari.
Ilustrasi - Asam urat kambuh. Ketahui Gaya Hidup Tidak Sehat yang Menyebabkan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Maret 2024, 19:30 WIB

Memahami Apa Itu Kolesterol: Gejala, Jenis, Penyebab dan Cara Memantau Kadarnya

Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan.
Ilustrasi - Kolesterol adalah jenis lemak yang ditemukan dalam tubuh dan juga ada dalam berbagai makanan. (Sumber : Freepik.com/@wayhomestudio).
Sehat29 Maret 2024, 19:00 WIB

5 Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat: Pengganti Minuman Tinggi Kalori

Perlu diingat bahwa infused water tidak menggantikan perawatan medis yang tepat dan diet sehat secara keseluruhan untuk penderita asam urat.
Ilustrasi. Manfaat Infused Water untuk Penderita Asam Urat, Pengganti Minuman Tinggi Kalori. Sumber: Freepik/bublikhaus
Sehat29 Maret 2024, 18:58 WIB

Selain Sebabkan Asam Lambung, Ini 6 Bahaya Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Menjadi perhatian bagi semua orang yang berpuasa agar tidak langsung tidur setelah makan sahur. Hal ini bisa memicu penyakit yang membahayakan bagi kesehatan tubuh
Ilustrasi. Bahaya buruk bagi orang yang langsung tidur setelah makan sahur. (Sumber foto : Pexels/Ron Lach Pexels)
Sukabumi29 Maret 2024, 18:21 WIB

Hati-hati! Ruas Jalan Nasional di Cikadu Palabuhanratu Terendam Banjir Campur Kerikil

Pengendara roda dua harus hati-hati, jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu Sukabumi ini terendam banjir campur kerikil.
Kondisi ruas jalan nasional di Cikadu Palabuhanratu yang tergenang banjir campur kerikil akibat hujan deras. (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 18:00 WIB

Doa Ketika Melakukan Perjalanan Jauh Untuk Anda yang Mudik Lebaran

Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran
Ilustrasi - Berikut ini doa yang bisa diamalkan ketika melakukan perjalanan jauh termasuk saat mudik lebaran (Sumber : Freepik/DC Studio)
Sehat29 Maret 2024, 17:30 WIB

Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini beberapa infused water yang bisa digunakan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol
Mudah Dibuat, 7 Infused Water yang Ampuh Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol (Sumber : Freepik/8photo)